Sukses

Denah adalah Menunjukkan Lokasi dan Detail Lokasi, Lengkap Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Nama lain denah adalah peta seperti yang dijelaskan dalam KBBI.

Liputan6.com, Jakarta Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menerjemahkan denah adalah gambar yang bisa menunjukkan letak kota, jalan, dan lain sebagainya. Nama lain denah adalah peta seperti yang dijelaskan dalam KBBI. Denah adalah versi peta lebih menggambarkan permukaan bumi pada bidang datar yang dibuat dalam skala tertentu.

Selain dapat menunjukkan lokasi, denah adalah dalam KBBI dijelaskan sebagai gambar rancangan berupa rumah, bangunan, dan lain sebagainya. Pengertian denah adalah berupa rancangan, lebih menggambarkan detail lokasi dari suatu tempat. Bila denah dalam versi peta menunjukkan lokasi, denah adalah dalam versi rancangan menunjukkan detail lokasi.

Proses membaca denah adalah dimulai dengan memahami judul yang posisinya ada di tengah. Kemudian membaca denah adalah dilanjutkan dengan memperhatikan keterangan atau simbol. Perhatikan hubungan antar simbol dalam denah, ajukan pertanyaan mengenai denah, dan cari tahu tentang jawaban dalam denah.

Berikut Liputan6.com ulas tentang denah lebih dalam dari berbagai sumber, Minggu (24/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memahami Fungsi Denah

Fungsi Denah adalah Versi Peta

1. Fungsi denah adalah versi peta digunakan untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi.

2. Fungsi denah adalah versi peta digunakan untuk memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu tempat di permukaan bumi.

3. Fungsi denah adalah versi peta digunakan untuk menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, seperti benua, negara, gunung, sungai dan bentuk-bentuk lainnya

4. Fungsi denah adalah versi peta digunakan untuk membantu peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti.

5. Fungsi denah adalah versi peta digunakan untuk Menyajikan data tentang potensi suatu wilayah.

6. Fungsi denah adalah versi peta digunakan untuk menjelaskan rencana-rencana yang diajukan.

7. Fungsi denah adalah versi peta digunakan untuk mempelajari hubungan timbal-balik antara fenomena-fenomena (gejala-gejala) geografi di permukaan bumi.

Fungsi Denah adalah Versi Rancangan

1. Fungsi denah adalah versi rancangan digunakan untuk penataan ruangan.

2. Fungsi denah adalah versi rancangan digunakan untuk menentukan pemilik atau pengguna ruangan yang ada di suatu bangunan atau gedung.

3. Fungsi denah adalah versi rancangan digunakan untuk memudahkan pengguna denah untuk menemukan pintu atau ventilasi yang dapat mereka simpan.

4. Fungsi denah adalah versi rancangan digunakan untuk menunjukkan dimensi ukuran dalam bangunan atau ruangan.

5. Fungsi denah adalah versi rancangan digunakan untuk memudahkan mengetahui di mana tata letak ruangan dalam sebuah bangunan.

6. Fungsi denah adalah versi rancangan digunakan untuk memudahkan pengguna untuk bergerak di sekitar gedung atau bangunan.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Denah

Jenis-Jenis Denah adalah Versi Peta

1. Peta Umum

Peta umum menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua penampakan yang terdapat dalam suatu daerah, baik kenampakan alam maupun kenampakan sosial budaya.

Peta umum dikelompokan lagi menjadi 3, diantaranya adalah: Peta Topografi, Peta Chorografi, dan Peta Geografi.

- Peta Topografi.

Peta topografi adalah peta yang menggambarkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian sama.

- Peta Chorografi

Peta chorografi adalah peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan skala lebih kecil antara 1:250.000 sampai 1:1000.000. Contoh peta ini adalah Atlas, yang biasanya sering kita temui di sekolah.

Fungsi peta ini adalah untuk menggambarkan daerah yang luas, misalnya propinsi, Negara bahkan dunia. Dalam peta chorografi juga digambarkan semua kenampakan yang ada pada suatu wilayah diantaranya gunung, sungai, danau, jalan batas wilayah, kota dll.

- Peta geografi, atau peta dunia.

Peta ini merupakan peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

2. Peta Tematik (Khusus)

Peta tematik ini merupakan peta yang dibuat untuk menggambarkan informasi khusus dengan tema tertentu. Contohnya seperti peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, peta persebaran flora dan fauna, peta politik, dan lain sebagainya.

Sekarang juga sudah muncul peta digital yang bahkan dipakai orang setiap hari, yaitu Google Maps. Setiap harinya berbagai aktivitas kamu telah dimudahkan oleh peta digital ini untuk menemukan lokasi yang ingin kamu cari, dengan hanya menggunakan smartphone.

Jenis-Jenis Denah adalah Versi Rancangan

Umumnya jenis denah adalah versi rancangan memiliki unsur berupa judul, petunjuk arah mata angin ke utara, lokasi atau tempat, tempat yang mudah dikenali, nama jalan, arah menuju lokasi, dan ada nama di setiap tempat di gambar denah.

Berikut jenis-jenis denah adalah versi rancangan:

1. Denah Sederhana

Jenis denah sederhana ini memiliki definisi denah yang telah dibuat dalam bentuk praktis dan belum dipublikasikan secara resmi. Contoh: denah kelas dan tempat duduk siswa.

2. Denah Desain Kompleks

Jenis denah desain kompleks bertujuan menciptakan bangunan atau lokasi dengan struktur kompleks. Satu di antara contohnya adalah peta kawasan wisata Baturaden yang dibuat oleh Kantor Pariwisata Banyumas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.