Sukses

14 Ciri-Ciri Seorang Wirausahawan yang Sukses, Menghargai Kegagalan

Paling khas dari ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adalah tidak takut dengan kegagalan dan selalu menghargainya.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses umumnya sangat jarang disadari oleh orang-orang sekitar bahkan dirinya sendiri. Wirausahawan adalah orang yang memiliki cara berpikir kreatif, inovatif, dan mampu mewujudkannya.

Paling khas dari ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adalah tidak takut dengan kegagalan dan selalu menghargainya.

“Wirausahawan adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru,” dijelaskan oleh ahli Stein dan John F. Burgess.

Apalagi yang menjadi ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses dan khas? Tentu saja seorang wirausahawan selalu berorientasi pada hasil, persis seperti yang dikatakan oleh Peter Drucker bahwa wirausahawan tidak mencari risiko, mereka mencari peluang.

Selain yang sudah disebutkan, masih ada banyak ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses. Berikut Liputan6.com ulas sejumlah ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses dari berbagai sumber, Senin (25/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Seorang Wirausahawan yang Sukses

1. Selalu Berpikir Positif

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adalah memiliki cara pikir yang positif, terutama dalam mengambil sebuah tindakan atau langkah yang akan dilakukan. Berpikir positif menjadikan seorang wirausahawan akan memiliki rasa optimis agar mampu berkembang dan maju. Pola pikir yang menjadi ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses ini bisa mengusir rasa takut karena gagal yang biasanya sering menghantui seorang wirausahawan untuk menjalankan usahanya.

2. Memiliki Orientasi Pada Hasil

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adlaah memiliki orientasi pada hasil. Memiliki orientasi pada hasil, setiap wirausahawan dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk membangun usahanya. Setiap wirausahawan harus dapat mengatasi beragam rintangan dari dalam diri sendiri, seperti malas dan mudah menyerah.

3. Memiliki Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri adalah ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses. Sikap percaya diri ini yang membuat seorang wirausahawan lebih yakin dengan pekerjaannya sehingga seorang wirausahawan bisa menikmati serta menghadapi pekerjaan dengan tenang.

4. Berani Menghadapi Risiko

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adalah selalu merasa berani menghadapi risiko. Berbagai risiko yang ada di depan kelak, harus dihadapi wirausahawan. Sebab akan banyak sekali risiko kerugian, kegagalan, penipuan, serta resiko lainnya yang bisa menghambat kemajuan suatu usaha.

Risiko tersebut hendaknya dihadapi dengan tenang sehingga nantinya tak mudah gegabah dalam mengambil keputusan. Semakin tinggi risiko yang dihadapi maka semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan. Pahami betul ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses ini agar bisa menirunya.

5. Kreatif dan Inovatif

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adalah memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Seorang wirausaha harus memiliki sikap kreatif, yaitu kemampuan menciptakan gagasan dan menemukan cara baru dalam melihat permasalahan dan peluang yang ada.

Pengusaha biasanya memiliki kemampuan untuk menjabarkan banyak ide dan menindaklanjutinya. Kreativitas yang menjadi ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses ini membantu dalam menghasilkan solusi baru, untuk masalah yang dihadapi dan memungkinkan seseorang untuk memikirkan solusi yang out of the box.

6. Energi Tingkat Tinggi

Memiliki energi tingkat tinggi merupakan ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses. Semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginanya demi masa depan yang lebih baik. Gairah bertindak sebagai kekuatan pendorong, yang dengannya, wirausaha muda termotivasi untuk berusaha menjadi lebih baik.

7. Bertahan di Masa-Masa Sulit

Tak dipungkiri setiap orang pasti memiliki masa-masa sulit. Tapi, yang membedakan ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses dan gagal adalah kemampuannya bertahan dan membalik keadaan menjadi lebih baik.

Mereka yang berkarakter kuat akan terus berjalan dan pantang menyerah dengan keadaan. Di samping itu, ketika melihat orang lain membutuhkan bantuan, mereka tak segan untuk menolong sesama. Rasa peduli yang besar begitu tertanam dalam diri orang berkarakter kuat.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Seorang Wirausahawan yang Sukses

8. Memiliki Jiwa Pemimpin

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adalah dia memiliki jiwa pemimpin. Sebab, wirausahawan tentu akan jadi pemimpin dalam perusahaannya. Pemimpin hendaknya berjiwa ksatria, adil, bertanggung jawab, cerdas serta memiliki sikap terpuji lainnya. Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses ini membuat pekerja di perusahaan tidak mengeluh, betah bekerja, hingga kinerjanya dapat meningkat.

9. Sifat Kemandirian

Memiliki sifat kemandirian merupakan ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses. Tidak ragu untuk selalu mengembalikan perbuatannya sebagai tanggung jawab pribadi. Keberhasilan dan kegagalan merupakan konsekuensi pribadi wirausaha. Dalam hal ini, seorang wirausaha bertindak dapat mengambil keputusan dan memiliki berbagai kegiatan dalam mencapai tujuan.

10. Bisa Dipercaya

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adalah mampu memegang kepercayaan yang diberikan orang lain. Orang berkarakter kuat akan membalas kepercayaan itu dengan perlakuan maksimal. Ia tak akan menodai kepercayaan dari orang.

 11. Orientasi ke Depan

Memiliki orientasi ke depan dengan penuh keyakinan adalah ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses. Hal ini tak lain karena wirausahawan adalah suatu profesi yang memiliki orientasi masa depan dan perlu perencanaan yang baik untuk membangun usaha. Maka tidak heran, apabila seorang pengusaha perlu memiliki kehidupan wawasan yang luas untuk menghadapi rintangan di masa yang akan datang.

12. Keahlian dalam Berorganisasi

Keahlian dalam berorganisasi yaitu memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah. Ini ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses. Keahlian organisasi adalah senjata yang digunakan seorang wirausahawan untuk menjalankan bisnisnya. Keterampilan sosial juga diperlukan untuk menjadi wirausahawan yang baik. Secara keseluruhan, ini membentuk kualitas yang diperlukan agar wirausahawan berfungsi.

13. Memanfaatkan Kegagalan

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses adalah tak pernah menyerah pada kegagalan. Baginya, kegagalan merupakan salah satu pembelajaran untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. Kegagalan menjadi sebuah evaluasi untuk tak mengulangi kesalahan yang sama.

Orang sukses tak pernah menyalahkan kegagalan yang dialaminya pada orang lain. Meskipun sebenarnya ada andil dari orang lain yang berdampak pada kegagalan, ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses akan tetap menghormati orang tersebut. Mereka paham bahwa tak ada yang sempurna dalam mengambil keputusan. Menjaga sikap untuk tetap sopan adalah pilihan tepat dari orang sukses.

14. Berpendirian Kuat

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses selalu punya pendirian yang kuat dalam situasi apa pun. Mereka tak akan mudah goyah dalam keadaan terimpit sekalipun. Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses pun menyadari bahwa dirinya adalah warga negara yang baik.

Ia tak pernah melanggar aturan dan selalu menghormati peraturan yang berlaku. Ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses percaya dan menghormati peraturan yang ada adalah penuntun kesuksesannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.