Sukses

8 Artis Korea Ini Terkena Skandal Tahun 2021, Karier Redup di Tengah Popularitas

Liputan6.com, Jakarta Dunia hiburan Korea Selatan saat ini masih menjadi topik panas yang diperbincangkan. Apalagi semenjak terkuaknya masa lalu aktor Kim Seon Ho. Di tengah popularitasnya yang sedang naik daun, skandal di masa lalu dibongkar oleh seseorang yang mengaku sebagai mantan pacar dari bintang drama Hometown Cha Cha Cha itu.

Di tahun 2021 saja, dunia hiburan Korea sudah diberi kejutan skandal yang menimpa beberapa artisnya. Terbongkarnya kesalahan di masa lalu menjadi penyebab dari skandal tersebut. Akibatnya, mereka mengalami kepercayaan dari masyarakat dan sampai saat ini belum muncul kembali ke layar kaca.

Meski beberapa ada yang sudah memberi klarifikasi dan menyesali perbuatan mereka dengan minta maaf, hal itu tidak membuat mereka bisa kembali aktif menjadi selebriti. Ketika pesohor di Negeri Ginseng itu tersandung skandal, akan selalu ada K-netz (sebutan netizen Korea) yang menghujani dengan cercaan hingga boikot. Inilah yang disebut cancel culture.

Selain Kim Seon Ho, beberapa seleb Korea juga pernah mengalami cancel culture atau sasaran budaya pengenyahan. Mulai dari awal tahun 2021 hingga sekarang, sudah terhitung beberapa skandal yang diduga dilakukan oleh kalangan selebriti ternama Korea. Skandal yang mencuat di tengah popularitas membuat mereka kehilangan job seperti iklan dan project lainnya.

Siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 8 artis Korea yang terkena skandal di tahun 2021 pada Selasa (26/10/2021).

2 dari 9 halaman

1. Aktor Jisoo, diterpa kasus bullying yang pernah ia lakukan di bangku sekolah.

Berita skandal tahun 2021 dibuka oleh aktor Jisoo. Popularitasnya yang tengah meroket dengan membintangi drama ‘River Where the Moon Rises’ sebagai peran utama harus merosot karena tersandung kasus pembullyan atau perundungan. Kasus berawal dari unggahan anonim yang mengaku sebagai teman SMP Ji Soo.

Penulis anonim menyebut bahwa Jisoo tak lebih dari pelaku kekerasan. Setelah skandal itu naik ke permukaan, Jisoo pun mengakui perbuatannya dan meminta maaf. Akibatnya, ia didepak dari drama tersebut dan perannya digantikan oleh aktor lain. Selain perundungan, Jisoo juga diterpa rumor pelecehan seksual, namun hal ini telah dibantahnya.

3 dari 9 halaman

2. Naeun APRIL, diterpa kasus bullying pada Hyunjoo mantan rekan member APRIL.

Kasus perundungan juga menimpa member girlgrup APRIL. Para member diduga menjadi pelaku bullying mantan member grupnya, Hyunjoo. Salah satu member yang tengah naik daun yakni Naeun, turut terkena imbas. Berbagai brand iklan yang menjadikannya model telah menghapus semua konten sang artis dari media sosial.

Selain itu, idol kelahiran 1999 itu juga didepak dari drama Taxi Driver dan digantikan oleh aktris lain. Hingga kini, proses hukum antara DSP Media selaku agensi, para member APRIL, dan Hyunjoo pun masih berlanjut. Naeun sendiri membantah bahwa dirinya pernah membully Hyunjoo.

4 dari 9 halaman

3. Aktris Park Hye Soo, diterpa kasus bullying yang pernah ia lakukan semasa SMP.

Kasus bullying juga menerpa aktris Park Hye Soo. Seorang OP mengaku telah dirundung oleh Park Hye Soo dan gengnya semasa SMP. Rumor ini kemudian dibantah agensi dan sang aktris. Park Hye Soo juga menyebut bahwa dirinya lah yang pernah menjadi korban perundungan oleh si penulis yang mengaku sebagai korban.

Kasus ini juga turut membawa media Korea Dispatch turun tangan dengan mengungkap bukti percakapan dan wawancara ‘korban’. Akibat rumor ini, drama Dear M yang dibintangi Park Hye Soo dan Jaehyun NCT ditunda penayangannya hingga kini.

5 dari 9 halaman

4. Soojin (G)I-DLE, diterpa kasus bullying yang pernah ia lakukan di bangku sekolah.

Kasus bullying tak berhenti sampai di situ. Muncul nama Soojin (G)I-DLE yang juga terkena skandal perundungan kepada temannya kala masih duduk di sekolah menengah. Soojin telah menampik kabar tersebut, ia mengakui berselisih dengan temannya tapi tidak pernah menyakiti secara fisik.

Akibat skandal tersebut, pada bulan Agustus lalu, wanita berusia 23 tahun itu memutuskan keluar dari girlgrup (G)I-DLE yang telah membawanya ke puncak popularitas.

6 dari 9 halaman

5. Kim Jung Hyun, terlibat isu kencan hingga terkuak perlakuan buruk di masa lalu.

Isu bermula ketika Kim Jung Hyun dirumorkan berkencan dengan Seo Ji Hye, lawan mainnya di drama Crash Landing on You. Namun, isu ini ditepis oleh kedua belah pihak. Agensi Seo Ji Hye menyebut pihaknya sedang mendiskusikan kontrak eksklusif dengan Kim Jung Hyun.

Isu berlanjut ketika Kim Jung Hyun digugat mantan agensinya O& Entertainment, karena masalah kontrak. Pemberitaan pun meluas dengan munculnya kembali perhatian warganet saat sang aktor mundur dari drama Time tahun 2018 lalu. Sikap kasar Kim Jung Hyun terhadap Seohyun SNSD, pada saat konferensi pers drama Time kembali mencuat.

Ternyata, sikap dingin sang aktor tersebut merupakan permintaan dari mantan pacar, Seo Ye Ji. Diketahui, keduanya pernah berpacaran pada 2018. Pria berusia 31 tahun itu meminta maaf atas sikapnya saat membintangi drama Time dan kini telah bernaung di agensi Story J Company.

7 dari 9 halaman

6. Seo Ye Ji, terseret skandal Kim Jung Hyun dan diduga jadi pacar yang posesif.

Seo Ye Ji terlibat kontroversi karena diduga posesif dengan mantan pacarnya, Kim Jung Hyun. Hal ini diungkap Dispatch dengan merilis percakapan antara kedua artis tersebut. Tak hanya itu, kehidupan pribadi di masa lalu bintang It's Okay To Not Be Okay pun juga menjadi perhatian warganet. 

Akibat rumor tersebut, Seo Ye Ji tak hadir dalam jumpa pers film terbarunya, Recalled. Ia juga mundur dari jajaran pemain drama Island. Meski begitu, aktris 31 tahun itu kembali aktif menyapa fans melalui fancafe dan juga dikabarkan tengah mempertimbangkan comeback drama terbaru berjudul Eve's Scandal.

8 dari 9 halaman

7. Kim Min Gwi, dituduh selingkuh dan melanggar protokol kesehatan.

Bintang Nevertheless, Kim Min Gwi menjadi perbincangan usai sebuah unggahan anonim mengungkap tudingan aktor tersebut telah berselingkuh, bersikap kasar, dan melanggar protokol kesehatan. Akhirnya, sang aktor pun membuat surat permohonan maaf dan mengakui kesalahannya terkait selingkuh.

Namun, ia membantah tuduhan melanggar pembatasan karantina saat dinyatakan positif COVID-19 pada bulan Mei. Kontroversi tersebut membuat aktor kelahiran 1994 itu dikurangi durasi penampilannya dalam drama Nevertheless.

9 dari 9 halaman

8. Kim Seon Ho, terlibat skandal memaksa mantan pacar untuk aborsi.

Sedang berada di puncak popularitas, Kim Seon Ho bagai diterjang badai. Aktor K yang selama ini diceritakan oleh OP A ternyata benar aktor Kim Seon Ho. Sosok A menyebut bahwa aktor K pernah berpacaran dengannya hingga hamil. Namun, lantaran alasan popularitas, aktor K memaksanya melakukan aborsi hingga membuat A mengalami trauma fisik dan psikologis.

Usai dua hari menghilang, Kim Seon Ho merilis permintaan maaf dan mengakui perbuatannya kepada publik. Imbasnya, sang aktor mundur dari variety show 2 Days 1 Night dan sejumlah proyek film lainnya. Selain itu, produk iklan yang mendapuknya sebagai brand ambassador juga menghapus konten Kim Seon Ho dari laman sosial media resmi mereka.