Sukses

Arti Acc dan Singkatan Bahasa Inggris Lainnya di Media Sosial, Penting Diketahui

Arti acc biasanya berhubungan dengan sebuah persetujuan.

Liputan6.com, Jakarta Arti acc mungkin masih belum diketahui oleh sebagian orang. Kata ini mungkin sudah cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah acc ini pun memiliki beberapa makna yang berbeda tergantung konteks pemakaiannya.

Arti acc biasanya berhubungan dengan sebuah persetujuan. Mungkin kamu sering kali mendengar kata ini ketika mengajukan skripsi atau cuti saat bekerja. Contohnya seperti ini, “judul skripsi yang kamu ajukan sudah di-acc oleh dosen”.

Selain memiliki makna yang dekat dengan sebuah persetujuan, istilah acc juga lekat dengan media sosial. Acc dalam hal ini juga merupakan kependekan suatu kaya yang maknanya berkisar antara akun ataupun penerimaan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/10/2021) tentang arti acc.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Acc

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti acc adalah memberikan persetujuan. Arti acc ini didapatkan dari kata accoord dalam bahasa Belanda dan accord dalam bahasa Inggris. Jadi, arti acc adalah kependekan dari kata accoord atau accord tersebut. Dari penjelasan tersebut, kamu tentunya sudah paham bahwa arti acc adalah menyetujui atau menerima.

Mungkin kamu pernah menggunakan kata acc ini dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kalimat yang biasa digunakan untuk memahami arti acc ini adalah sebagai berikut: “proses pengajuan kredit mobilnya sudah di-acc pihak bank”.

3 dari 4 halaman

Arti Acc di Media Sosial

Jika mengacu dalam bahasa Inggris, arti acc adalah kependekan dari accepted. Namun, di dunia Twitter atau di media sosial lainnya, arti acc adalah merujuk pada kata “account”. Account atau dalam bahasa indonesia disebut akun, memiliki arti catatan tentang nama pengguna, kata sandi, dan hak untuk mengakses jaringan atau sistem daring.  

Kata akun ini di media sosial juga memiliki beberapa istilah tertentu yang perlu kamu pahami. Di antaranya adalah PA atau Personal Account, yaitu akun pribadi dengan foto diri sendiri. CA atau Cyber Account, yaitu akun pribadi yang memakai foto orang lain. FA atau Fan Account, yaitu akun yang biasanya digunakan untuk kegiatan fangirling atau fanboying artis yang disukai. BA adalah Business Account, yaitu akun yang digunakan untuk usaha, yaitu online shop.

4 dari 4 halaman

Istilah Singkatan Bahasa Inggris Lainnya

Selain arti acc, kamu tentunya juga perlu memahami arti singkatan bahasa Inggris lainnya yang sering digunakan sekarang ini. Penggunaan istilah-istilah ini biasanya dipakai dalam interaksi di media sosial. Berikut istilah singkatan bahasa Inggris lainnya yang perlu kamu kenali:

- BRB: Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

- BTW: MBy The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

- CMIIW: Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

- DGMW: Don't get me wrong. Artinya jangan salah paham.

- FYI: For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

- GG atau GGWP: Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

- GWS: Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

- IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

- IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

- IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

- IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

- J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda.

- LMAO: singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

- OOT: Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.

- OOTD: Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

- OTW: On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

- PAP: Post a Picture. Digunakan untuk meminta seseorang mengirim foto terkininya.

- ROTFL: singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.

- SYS: singkatan dari See You Soon, artinya sampai ketemu lagi.

- TGIF: singkatan dari Thanks God it’s Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

- TQ/THX: Thank You. Artinya terima kasih.

- YMMD: You made my Day. Artinya kamu telah membuat hariku menjadi lebih baik.

- WTH: What the Hell / What the Heck artinya apa apaan.

- XOXO: singkatan dari Hugs and Kisses, artinya peluk dan cium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.