Sukses

28 Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kobarkan Semangat Nasionalisme

Ucapan selamat hari Sumpah Pemuda bisa menunjukkan semangat kamu dalam mendukung cita-cita bangsa.

Liputan6.com, Jakarta Ucapan selamat hari Sumpah Pemuda menjadi bentuk ungkapan semangat para pemuda di masa ini. Pasalnya, hari Sumpah Pemuda yang jatuh tiap 28 Oktober ini dianggap sebagai pemersatu semangat bangsa dalam menegaskan cita-cita berdirinya Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah suatu keputusan yang diambil para pemuda pada 28 Oktober 1928, yang menegaskan cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan “bahasa Indonesia".

Ini bunyi tiga keputusan kongres pemuda, yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda:

"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia."

"Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia."

"Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."

Ucapan selamat hari Sumpah Pemuda bisa menunjukkan semangat kamu dalam mendukung cita-cita bangsa. Sebagai pemuda, sudah sepatutnya kamu selalu berjuang untuk menjaga dan mengharumkan nama bangsa. Berikut Liputan6.com rangkum dari Merdeka, Kamis (28/10/2021) tentang ucapan selamat hari Sumpah Pemuda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda

Berikut beberapa ucapan selamat hari Sumpah Pemuda yang bisa kamu maknai:

1. "Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

2. "Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

3. "Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan, ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati, dan raihlah sebuah kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

5. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021."

6. "Tegas, lugas, dan berani, itulah jiwa para pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

7. "Perbedaan yang ada bukanlah penghalang untuk bersatu. Jadikan keberagaman sebagai alasan untuk menyatukan semuanya. Semangat menjalani nilai-nilai Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

8. "Pemuda bersatulah membangun Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga semangat juang para pemuda 93 tahun lalu tidak akan pernah lekang oleh waktu."

9. "Jangan pernah sekali-kali mengingkari Sumpah Pemuda. Di tangan generasi muda, ada harapan bangsa Indonesia yang mulia. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

10. "Selamat Hari Sumpah Pemuda. Kobarkan semangatmu para generasi muda untuk kemajuan Indonesia."

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda

Berikut beberapa ucapan selamat hari Sumpah Pemuda yang bisa kamu maknai:

1. "Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang demi kemajuan bangsa Indonesia."

2. "Kita harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021."

3. "Wahai pemuda, berhenti menyalahkan, berhenti berkeluh kesah, berhenti merengek dan mengemis kepada bangsa lain. Singsingkan lengan bajumu dan cintailah bangsa ini setulus jiwa. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

4. "Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, tapi berpikir tanpa belajar sangat berbahaya. Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan. Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 Tahun."

5. "Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mari terus menjaga sejarah para pendahulu kita sebagai elemen bangsa yang selalu turun tangan dalam menjawab segala permasalahan bangsa ini."

6. "Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari hati, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

7. "Untuk semua pemuda-pemudi Indonesia, Selamat Hari Sumpah Pemuda. Seperti sumpah yang telah diucapkan. Semoga kita semua akan menjalankan sumpah tersebut dengan baik. Bisa menjadi pendorong perubahan untuk negara."

8. "Bangkitlah pemuda, jangan terlena akan keadaan. Ingat, kita masih dalam masa perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki."

9. "Selamat Hari Sumpah Pemuda. Pada Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita ingat kembali bahwa setiap perempuan juga bisa melakukan apa pun yang ia inginkan dan berhak menyuarakan aksi dan aspirasinya."

10. "Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi, dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda

Berikut beberapa ucapan selamat hari Sumpah Pemuda yang bisa kamu maknai:

1. "Sumpah Pemuda bukan sekadar teks sejarah, tetapi seperti kepalan tangan berlumuran darah. Meski merasa sakit, tetap banggalah mengatakan 'saya Indonesia'. Selamat hari Sumpah Pemuda."

2. "Tuhan hanya akan mengubah nasib sebuah bangsa jika bangsa itu sendiri yang mengubahnya. Bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

3. "Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021. Ingat, 93 tahun lalu pemuda Indonesia sudah bertekad dan sepakat untuk bersatu. Maka dari itu jangan mau dipecah belah oleh siapa pun juga."

4. "Wahai anak muda generasi harapan bangsa, mari kita senantiasa terus bersatu padu menjaga ibu pertiwi. Selamat Hari Sumpah Pemuda!"

5. "Hari ini bukan saatnya bagi kita untuk bermalas-malasan. Jiwa muda adalah jiwa yang penuh api menyala demi kemajuan bangsa. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

6. "Sumpah Pemuda adalah bukti Indonesia adalah negara yang kuat dengan generasi mudanya yang penuh semangat dan intelektual. Mari bangun Indonesia menjadi lebih baik. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

7. "Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mau untuk terus bergerak. Salah satu tumpuannya adalah dengan lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928 lalu. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

8. "Kemajuan suatu bangsa terletak dalam genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai generasi emas."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.