Sukses

Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP, Begini Tips Mudahnya

Proses cara membuat surat lamaran PDF di HP adalah dengan menyusunnya di Microsoft Word.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat surat lamaran format PDF di HP dimulai dengan menyusun kerangka formalnya terlebih dahulu. Surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah tersusun rapi, memuat informasi yang lengkap, dan sesuai. Bagaimana proses cara membuat surat lamaran PDF di HP?

Mulailah proses cara membuat surat lamaran PDF di HP dengan menyusunnya di Microsoft Word untuk memudahkan editing. Apabila cara membuat surat lamaran kerja di HP bagian penyusunan melalui Microsoft Word sudah diselesaikan, simpan filenya.

Pastikan file tersebut mudah ditemukan untuk melalui proses selanjutnya. Cara membuat surat lamaran PDF di HP bagian inti adalah mengubah file Word tersebut ke PDF secara manual. Bisa dilakukan secara online dan offline dengan mudah.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat surat lamaran PDF di HP dari berbagai sumber, Jumat (29/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP

Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP dengan Microsoft Word

1. Buka dokumen yang ingin Anda ubah, lalu klik tab "File".

2. Pilih opsi "Save As" dari daftar di sebelah kiri.

3. Pada opsi Sava As, pilih tempat Anda ingin menyimpan PDF (OneDrive, PC, folder tertentu, atau di mana pun).

4. Selanjutnya, klik panah dropdown di sisi kanan kotak "Save as type", dan pilih "PDF (* .pdf)" dari menu dropdown.

5. Jika suda selesai, klik tombol "Save".

Setelah menyimpan PDF, Anda akan dikembalikan ke dokumen Word, dan PDF baru akan terbuka secara otomatis di penampil PDF defaultmu.

Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP dengan Google Drive

1. Masuk ke drive.google.com menggunakan akun Google.

2. Upload file Word yang ingin Anda ubah menjadi PDF ke Google Drive.

3. Buka file yang sudah terupload dengan melakukan double click pada file yang ingin Anda ubah formatnya. Klik Open With, kemudian pilih Google Docs. Maka file akan terbuka di tab baru dalam halaman editor Google Docs.

4. Setelah halaman dokumen terbuka, klik pada File > Download As > pilih PDF Document (.pdf).

5. Download dan simpan file PDF di folder yang Anda inginkan.

Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP dengan PDF2DOC

1. Buka situs PDF to Doc di URL berikut pdf2doc.com.

2. Setelah masuk, pada bagian tab, Anda pilih PDF to DOC atau PDF to DOCX.

3. Klik tombol UPLOAD FILES dan pilih file PDF yang akan diconvert, Anda bisa mengupload banyak file PDF untuk diconvert sekaligus.

4. Tunggu proses convert sampai selesai.

5. Kemudian download file yang sudah diconvert tadi dengan klik tombol download atau download all jika sebelumnya Anda mengunggah banyak file.

Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP dengan Smallpdf

1. Buka situs https://smallpdf.com/word-to-pdf

2. Drag file Word-mu ke bagian unggah file.

3. Situs akan secara otomatis memulai proses konversi.

4. Tunggu konverter selesai mengubah Word ke PDF dan unduh file PDF-mu.

3 dari 5 halaman

Penyusunan Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP

1. Bagian Nama dan Alamat

Pertama, menuliskan nama penerima surat yang akan dituju dan menuliskan alamat lengkap dari perusahaan. Penyusunan surat lamaran kerja secara umum di HP melalui Microsoft Word ini, lengkapi dengan tanggal pembuatan surat lamaran kerja.

Letak dari tanggal pembutaan surat lamaran tersebut biasanya terletak di pojok kanan atas. Apabila Anda memang tidak mengetahui nama HRD dari sebuah perusahaan yang dilamar, maka cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar cukup mengosongkannya saja, kemudian bisa diganti dengan menuliskan Yth. Bapak/Ibu.

2. Bagian Salam dan Pembukaan

Buat kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja. Hal ini tentunya wajib untuk dicantumkan, terutama dari mana mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang dituju.

Baik dari surat kabar, internet, atau mungkin kerabat. Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar selanjutnya, jangan lupa untuk menyebutkan posisi jabatan pekerjaan yang dipilih dalam perusahaan.

3. Bagian Biodata Lengkap

Di tahap penyusunan surat lamaran kerja secara umum di HP melalui Microsoft Word, tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-mail.

Apabila ingin menulis latar belakang pendidikan, cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar cukup menuliskan latar belakang pendidikan tertinggi. Perhatikan baik-baik cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar bagian ini.

4. Bagian Pemaparan Pengalaman

Bagi yang masih berstatus sebagai freshgraduate dan belum memiliki pengalaman kerja, tuliskan pengalaman magang jika pernah magang di sebuah perusahaan. Bisa menuliskan organisasi yang pernah diikuti yang sekiranya bisa menunjang posisi yang lamar. Tuliskan kemampuan yang dibutuhkan dalam perusahaan.

 

4 dari 5 halaman

Penyusunan Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP Selanjutnya

5. Bagian Penutup

Penyusunan surat lamaran kerja secara umum di HP melalui Microsoft Word, tulislah keinginan besar agar diterima di perusahaan tersebut. Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar bagian ini terlihat remeh tetapi dampaknya cukup besar. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

6. Bagian Lampiran Surat Lamaran Kerja

Penyusunan surat lamaran kerja secara umum di HP melalui Microsoft Word keenam, perlu dilengkapi dengan memberi lampiran tambahan agar perusahaan semakin tertarik. Ada beberapa hal yang biasanya cukup umum diminta sebagai lampiran cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, yaitu:

- Pas foto (foto terbaru);

- Daftar riwayat hidup atau CV;

- Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah diikuti);

- Portofolio;

- Ijazah;

- Transkrip nilai.

7. Bagian Tanda Tangan

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar bagian dengan membubuhkan tanda tangan dan nama lengkap. Perhatikan, cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar ini diletakkan pada bagian pojok kanan bawah dari surat lamaran.

5 dari 5 halaman

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan Anda tidak keluar dari konteks.

2. Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

3. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.

4. Tujuan surat harus jelas. Nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.

5. Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.

6. Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang Anda pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.

7. Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan Anda dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini