Sukses

Flyer adalah Media Promosi yang Isinya Ringkas, Simak Tips Membuatnya

Mengenal flayer adalah umumnya berukuran kertas A4 tanpa lipatan sama sekali.

Liputan6.com, Jakarta Mengenal flyer adalah media promosi yang mirip dengan brosur dan pamflet. Bila brosur memiliki ukuran yang besar, flyer adalah rata-rata hanya seukuran kertas A4 tanpa lipatan sama sekali. Isi dari flyer adalah lebih singkat dan ringkas daripada media promosi lainnya.

Informasi yang dimuat dalam flyer adalah segala yang mudah diingat. Selain itu, dalam flyer adalah akan selalu memuat slogan “catchy” yang memiliki tujuan memengaruhi pembaca. Bila digunakan untuk promosi produk, flyer adalah ditujukan untuk memengaruhi pembaca agar membelinya.

Flyer adalah salah satu cara melakukan promosi barang dan jasa yang biasa dibagikan di tempat umum. Misalnya di pusat perbelanjaan, taman, jalan raya, dan lain sebagainya. Sampai sekarang, flyer adalah masih diandalkan sebagai media promosi yang efektif.

Menyesuaikan perkembangan zaman, flyer adalah sudah berkembang menjadi media promosi digital yang tersebar luas di media sosial, mesin pencarian, dan portal website berbasis internet lainnya. Flyer model digital dapat menjangkau audiens lebih luas. Proses pembuatannya pun bisa lebih cepat dan menghemat biaya operasional.

Berikut Liputan6.com ulas tentang flyer lebih dalam dari berbagai sumber, Jumat (29/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Membuat Flyer untuk Promosi

1. Dalam pembuatan flyer, pastikan judul, tagline atau kalimat utama dapat terlihat dengan jelas dan mudah terbaca dalam sekali lihat.

2. Dalam pembuatan flyer, pilihlah judul, tagline, atau kalimat utama yang benar-benar menarik bagi pembaca untuk memunculkan pertanyaan baru di benaknya.

3. Dalam pembuatan flyer disarankan untuk menampilkan desain menarik dan bikin penasaran di pandangan pertama.

4. Dalam pembuatan flyer jangan asal membuat desain menarik, tetapi upayakan untuk selalu menyesuaikan gaya desain dengan target pembaca promosi.

5. Dalam pembuatan flyer sangat disarankan untuk menggunakan font yang sesuai dengan target pembaca.

6. Dalam pembuatan flyer sangat disarankan untuk menggunakan pilihan warna yang sesuai dengan target pembaca.

7. Dalam pembuatan flyer di bagian isinya sangat disarankan informatif, padat, dan jelas.

8. Dalam pembuatan flyer cetak sangat disarankan untuk menggunakan ukuran kertas yang tidak terlalu besar apabila tidak benar-benar diperlukan.

9. Dalam pembuatan flyer online bisa mengikuti tips yang sudah disebutkan sebelumnya.

10. Dalam pembuatan flyer usahakan langsung melakukan eksekusi, jangan hanya memikirkan desain.

3 dari 4 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Flyer

1. Kelebihan Flyer

- Kelebihan flyer adalah biaya pembuatannya relatif murah, informasi yang dimuat sudah lengkap, dan mudah dibawa.

- Kelebihan flyer adalah bagi khalayak mudah baginya mengatur tempo dalam membaca.

- Kelebihan flyer adalah mudah untuk ditinjau ulang oleh pembaca.

- Kelebihan flyer adalah memiliki pesan yang bersifat permanen dan kekuatan utamanya dapat dijadikan bukti.

- Kelebihan flyer adalah dikenal soal penyerapan informasinya menyeluruh.

2. Kekurangan Flyer

- Kekurangan flyer adalah tidak bersifat auditif dan visual.

- Kekurangan flyer adalah bagi pembaca dituntut untuk memiliki kemampuan imajinasi menikmati dan memahaminya.

- Kekurangan flyer adalah masih membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran kompleks, membutuhkan waktu lebih lama.

- Kekurangan flyer adalah untuk yang cetak mudah rusak, berisiko membuat audiens menerima informasi yang tidak lengkap.

4 dari 4 halaman

Situs Desain Flyer Online

1. Canva

Canva adalah salah satu situs desain grafis online yang paling populer. Di situs ini terdapat berbagai template yang bisa digunakan. Selain itu, fitur yang tersedia juga bisa dikatakan sangat sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Kamu bisa mencari berbagai kategori template di situs ini. Selain itu, template yang sudah dipilih juga masih mungkin untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu, baik diganti dari segi gambar, teks, warna, dan lain sebagainya.

Banyak juga stok gambar yang disediakan Canva dan bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Kamu juga bisa menyimpan hasil desainmu ke dalam berbagai format seperti PDF, JPG, dan PNG.

2. Piktochart

Biasanya, jika kamu ingin membuat desain grafis untuk poster, situs ini akan cocok digunakan. Pada situs desain grafis online ini, jika ada yang tidak sesuai dengan preferensimu, kamu bisa menyesuaikan semuanya, baik dari teks, warna, atau gambar.

Piktochart juga menawarkan berbagai gambar yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Selain itu, pada situs ini yang cukup menarik perhatian adalah skema warna. Kamu bisa mengubah skema warna keseluruhan hanya dengan satu klik. Sayangnya, situs ini juga memiliki kekurangan, di mana kamu hanya bisa menyimpan hasil desainmu secara gratis ke dalam format PNG.

3. Poster My Wall

Situs desain grafis online ini hampir sama dengan situs desain sebelumnya. Di dalam situs Poster My Wall tersedia foto stok dan di dalam situs ini juga memungkinkan kamu menambahkan foto dari Facebook, Google Drive, serta Dropbox.

Selain itu, hal yang cukup menarik adalah bahwa situs desain grafis online ini menunjukkan sub-menu dengan setiap opsi. Hal tersebut bisa membuatmu lebih mudah untuk mengoperasikannya. Menariknya lagi, kamu juga tidak perlu login agar bisa membuat desain grafis.

4. Crello

Situs desain grafis online berikutnya adalah Crello. Situs ini juga menawarkan fitur serupa dengan beberapa situs di atas. Kamu bisa mengubah gaya teks yang digunakan, font, bahkan warnanya. Bahkan di situs ini, kamu juga bisa dengan mudah mengubah gambar serta menambahkan efek pada gambar tersebut.

Crello bisa dibilang cukup mirip dengan Canva, situs web ini juga menyediakan fitur berupa konten premium yang bisa digunakan dengan berbayar. Namun tenang saja, meski begitu konten gratis yang tersedia sudah cukup banyak, seperti foto, stiker, ikon, bingkai, dan lain sebagainya.

5. Adobe Spark

Adobe Spark merupakan salah satu situs desain grafis online lainnya yang mudah digunakan mendesain poster, bahkan posting media sosial. Mungkin kamu akan mengira jika harus menginstall terlebih dahulu Adobe Spark di perangkatmu. Tidak, kamu tidak perlu melakukannya. Cukup pilih “pricing” kategori “starter plan”, dengan begitu kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur Adobe Spark dengan gratis.

6. Snappa

Snappa merupakan situs lain yang memungkinkanmu membuat desain grafis yang keren. Snappa memiliki banyak opsi untuk template, tergantung pada tema yang diambil. Kamu juga bisa mengubah ukuran template.

Kamu juga bisa membuat Sampul Facebook dan Twitter, Thumbnail YouTube serta kebutuhan story atau feed Instagram. Versi dasar Snappa gratis untuk satu pengguna dan kamu bisa mengakses hingga 5000 template berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.