Sukses

4 Cara Daftar Vaksin Covid-19 Online, Begini Cek Ketersediaannya

Cara daftar vaksin Covid-19 online bisa dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi, website PeduliLindungi, Loket.com, dan aplikasi JAKI.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan RI kini menyediakan layanan cara daftar vaksin Covid-19 online yang memudahkan masyarakat mengikuti program vaksinasi Covid-19. Cara daftar vaksin Covid-19 online bisa dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi, website PeduliLindungi, Loket.com, dan aplikasi JAKI.

Memahami cara daftar vaksin Covid-19 online ini penting untuk melancarkan program pemerintah menanggulangi wabah Covid-19 dengan menciptakan herd immunity. Anak usia 12 tahun sudah boleh mengikuti program vaksinasi dengan syarat sehat dan tidak sedang terkonfirmasi positif Covid-19.

Bukan hanya bagi anak usia 12 tahun, tetapi penyintas Covid-19 wajib memahami cara daftar vaksin Covid-19 online juga. Kemenkes telah resmi mengeluarkan aturan baru bagi penyitas Covid-19, dapat divaksin minimal 1 bulan setelah sembuh dengan gejala ringan dan minimal 3 bulan dengan gejala berat.

Masyarakat pun dapat melakukan cek ketersediaan vaksin Covid-19 melalui laman resmi Kemenkes di vaksin.kemkes.go.id. Berikut Liputan6.com ulas empat cara daftar vaksin Covid-19 online, Jumat (29/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Daftar Vaksin Covid-19 Online di Aplikasi PeduliLindungi

1. Cara daftar vaksin Covid-19 online di aplikasi PeduliLindungi pertama, harus mengunduh aplikasinya.

2. Buka aplikasi yang sudah terinstal di ponsel, lanjutkan dengan membuat akun dengan mendaftarkan diri melalui alamat e-mail dan nomor telepon.

3. Cara daftar vaksin Covid-19 online selanjutnya, isi data-data yang diperlukan. Bila sudah terdaftar, masuk atau login.

4. Pilihlah menu “Pendaftaran Vaksin” untuk memulai cara daftar vaksin Covid-19 online di aplikasi PeduliLindungi.  Lakukan validasi dengan memasukkan NIK, nama lengkap, dan klik “Periksa”.

5. Apabila datanya sudah cocok, masukkan nomor ponsel dan alamat domisili, dan klik “Selanjutnya”.

6. Pada cara daftar vaksin Covid-19 online bagian ini, akan muncul halaman konfirmasi mengenai data peserta vaksin yang didaftarkan.

7. Cek kembali dan klik “Selanjutnya” dan klik “Ya, Lanjutkan”.

8. Kode OTP akan dikirimkan ke nomor ponsel pendaftar.

9. Masukkan kode tersebut, maka cara daftar vaksin Covid-19 online di aplikasi PeduliLindungi telah berhasil dilakukan.

3 dari 5 halaman

Cara Daftar Vaksin Covid-19 Online di Website PeduliLindungi

1. Cara daftar vaksin Covid-19 online di website PeduliLindungi dimulai dengan mengakses laman https://www.pedulilindungi.id/

2. Apabila sudah berhasil masuk ke laman website, pilih menu “Login/Register” di bagian pojok kanan atas dan pilih “Buat Akun PeduliLindungi”.

3. Cara daftar vaksin Covid-19 online selanjutnya, lakukan registrasi akun pendaftar dengan memasukkan nama lengkap sesuai KTP dan alamat e-mail.

4. Apabila sudah dilengkapi, centang bagian “Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi” dan klik “Daftar”.

5. Kode OTP akan dikirim melalui e-mail atau SMS pendaftar untuk penyelesaikan registrasi.

6. Cara daftar vaksin Covid-19 online berikutnya, masukkan kode tersebut dan pilih opsi “Verifikasi”.

7. Akun akan terdaftar, cara daftar vaksin Covid-19 online paling inti adalah masuk ke “Dashboard” atau halaman utama akun PeduliLindungi.

8. Pilih menu “Pendaftaran Vaksinasi”, kemudian isi data diri seperti nama lengkap, NIK, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor ponsel, kota sesuai KTP, dan alamat

9. Klik “Selanjutnya” dan lakukan konfirmasi mengenai informasi penerima vaksin agar data yang dikirimkan bisa segera diproses.

10. Masukkan kode verifikasi, maka cara daftar vaksin Covid-19 online di website PeduliLindungi selesai dilakukan.

4 dari 5 halaman

Cara Daftar Vaksin Covid-19 Online di Loket.com

1. Cara daftar vaksin Covid-19 online di Loket.com bisa dilakukan dengan mengaksesnya melalui laman resmi https://vaksin.loket.com

2. Pada proses cara daftar vaksin Covid-19 online kali ini bisa dilakukan dengan langsung memilih lokasi vaksinasi COVID-19.

3. Apabila sudah berhasil memilih lokasi, lanjutkan cara daftar vaksin Covid-19 online dengan memilih tanggal dan jam kedatangan sesuai yang dikehendaki.

4. Langsung lakukan pengisian data secara lengkap sesuai identitas diri, maka cara daftar vaksin Covid-19 online di Loket.com selesai.

5. Pendaftar akan mendapatkan formulir dan e-voucher yang dikirim melalui e-mail yang sudah berhasil didaftarkan sebelumnya.

5 dari 5 halaman

Cara Daftar Vaksin Covid-19 Online di Aplikasi JAKI

1. Cara daftar vaksin Covid-19 online melalui aplikasi JAKI dimulai dengan mengunduhnya melalui PlayStore atau AppStore.

2. Pada halaman depan, langsung pilih banner yang bertuliskan “Pendaftaran Vaksinasi Covid-19”.

3. Cara daftar vaksin Covid-19 online selanjutnya, lengkapi data dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama lengkap sesuai KTP.

4. Bagi yang masih berusia 12-17 tahun, cara daftar vaksin Covid-19 online menggunakan NIK yang tertera pada Kartu Keluarga (KK).

5. Pilihlah kebutuhan untuk vaksinasi dosis pertama atau kedua.

6. Pendaftar akan langsung dibawa ke laman memilih jadwal dan lokasi vaksinasi terdekat dari domisili.

7. Cara daftar vaksin Covid-19 online terakhir adalah mengisi pre-screening dengan jujur dan teliti.

8. Apabila cara daftar vaksin Covid-19 online sudah diselesaikan semua tahapnya, langsung unduh dan cetak Kartu Kendali Pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan kartu vaksinasi Covid-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.