Sukses

Jastip adalah Jasa Titip Tanpa Modal Besar, Ketahui Cara Memulai dan Keuntungannya

Jastip adalah kependekan dari jasa titip yang ditawarkan oleh seseorang pada mereka yang ingin membeli suatu produk namun tidak bisa pergi ketempat yang diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta Jastip adalah kependekan dari jasa titip yang ditawarkan oleh seseorang pada mereka yang ingin membeli suatu produk namun tidak bisa pergi ketempat yang diinginkan karena berbagai alasan tertentu.

Jastip adalah salah satu bentuk bisnis kekinian yang mana para pebisnis di dalamnya akan menawarkan bantuan pada mereka yang ingin membeli sesuatu saat dirinya sedang berada diluar negeri atau sedang berada di luar kota. Umumnya, jastip dilakukan dengan promosi di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp. 

Banyak yang bilang usaha jastip adalah salah satu usaha yang menjanjikan bukan saja karena saat ini sedang hits di tengah masyarakat. Namun untuk memulai usaha tersebut juga tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan memiliki smartphone dan internet sudah dipastikan Anda bisa memulai usaha jastip. 

Berikut ini ulasan mengenai definisi jastip, cara memulai, dan keutungannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Definisi Jastip

Jastip adalah singkatan dari jasa titip atau layanan informal yang menawarkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan atau ingin membeli sesuatu tetapi tidak dapat pergi ke tempat yang diinginkan untuk membeli sendiri karena berbagai alasan.

Bentuk jastip adalah usaha tanpa modal, sebab Anda akan membeli barang titipan setelah terdapat pesanan, kemudian Anda bisa menjual kembali dengan harga lebih tinggi. Biasanya orang cenderung menggunakan jastip karena bisa mendapatkan barang yang diinginkan dari suatu tempat tanpa ia harus pergi ke sana atau membeli secara online dengan beban ongkos kirim. Untuk memulai bisnis jastip, Anda hanya perlu mempromosikan jasa titip di sosial media dan menunggu pesanan dari konsumen. 

3 dari 4 halaman

Cara Memulai Usaha Jastip

Berikut ini beberapa cara memulai bisnis jastip dari awal sampai akhir, berikut langkah-langkahnya:

1. Punya Akses Komunikasi ke Penyedia Produk

Pertama, cara memulai bisnis jastip adalah memiliki kemampuan atau akses berkomunikasi dengan penyedia produk di kota atau negara asal. Akses komunikasi yang dimaksud di sini dapat berupa koneksi atau kemampuan bahasa sesuai negara asal penyedia produk. Misalnya, Anda ingin memulai bisnis jastip produk-produk Korea Selatan. Selain punya koneksi produsen asli Korsel, Anda perlu menguasai Bahasa Inggris atau Korea agar bisa berkomunikasi lancar dengannya.

2. Riset Target Pasar di Indonesia

Selanjutnya, cara memulai bisnis jastip adalah melakukan riset target pasar di Indonesia. Tidak semua orang tertarik melakukan pembelian produk melalui jastip. Hanya orang-orang dengan minat tertentu saja tertarik titip produk dari kota atau negara lain. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis jasa titip, pastikan tahu apakah produk jastip Anda benar-benar dibutuhkan.

3. Siapkan Foto Produk yang Menarik

Sebab barang jastip dipasarkan melalui media online, maka Anda harus menyiapkan foto produk yang menarik, namun tetap tampak orisinil. Apabila kesulitan membuat sendiri, Anda bisa meminta foto produk dari produsen aslinya langsung. Umumnya, produk jastip luar negeri akan lebih laris apabila yang digunakan foto asli dari negara asal.

4. Tetapkan Tarif Jastip Masuk Akal

Berikutnya, cara memulai bisnis jastip adalah menentukan tarif jastip dengan masuk akal, terutama jika produk jastip Anda berasal dari luar negeri. Memang, pengguna jastip adalah orang dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Akan tetapi, mereka umumnya juga sudah tahu harga asli produk. Jika Anda terlalu tinggi menetapkan tarif jastip, bisa-bisa pelanggan Anda lari ke jasa lain yang lebih murah.

5. Pastikan Produk Sesuai Ekspektasi

Terakhir, cara memulai bisnis jastip adalah memastikan produk sesuai ekspektasi. Agar pelanggan tidak kecewa, maka Anda harus memberikan produk sesuai keinginan mereka. Selain itu, pastikan juga kualitas produk tetap terjaga di perjalanan. Apabila pengiriman dari luar negeri, minta pengirim mengemas barang sebaik-baiknya agar tidak terjadi kerusakan di perjalanan.

6. Profesional dalam Menghadapi Konsumen

Umumnya, bisnis jasa akan mengandalkan komunikasi yang baik dengan konsumen, tidak terkecuali dengan bisnis jastip. Terdapat banyak sekali jenis pembeli yang harus Anda hadapi nantinya. Bagaimanapun sikap konsumen terhadap Anda, Anda harus bisa tampil secara profesional.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu menghadapi seluruh pelanggan dengan sopan, ramah, dan baik agar mereka senang ketika memesan produk dari Anda. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati ketika membelanjakan uang. Jangan sampai ada satupun barang yang terlewatkan atau salah membeli.

4 dari 4 halaman

Keuntungan dari Usaha Jasa Titip

Telah banyak yang membuktikan bahwa bisnis jasa titip beli ini menjanjikan untung yang lumayan. Terlebih lagi, merintis usaha sebagai personal shopper tidak membutuhkan modal besar. Hanya perlu bermodal smartphone, internet dan media sosial.

Namun, perlu diketahui bahwa menjalankan bisnis jastip harus mengetahui cara untuk menghitung keuntungan dengan benar. Pada saat membuka jastip, seorang pebisnis harus dapat memperhitungkan keuntungan yang akan diambil dan membandingkannya dengan pesaing.

Jumlah keuntungan yang diambil harus disesuaikan dengan rata-rata pasar dan tidak terlalu tinggi. Besarnya keuntungan yang biasa diambil untuk bisnis jastip adalah sebesar 20% harga setiap barangnya.

Keuntungan yang didapatkan oleh penerima jasa titip ini akan semakin besar seiring dengan mahalnya harga serta banyaknya barang pesanan. Persentase keuntungan dari jasa titip dapat ditingkatkan apabila yang dipesan oleh pelanggan merupakan barang branded atau import. Hal ini wajar untuk dilakukan karena sebanding dengan tingkat kesulitan yang harus dihadapi oleh pebisnis jasa titip dalam mendapatkan barang pesanan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.