Sukses

Logis adalah Berpikir dengan Nalar, Ini Pengertian dan Ciri-Cirinya

Logis adalah sesuai dengan logika, benar menurut penalaran, dan masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta Istilah Logis adalah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai pemikiran sesuai dengan logika, benar menurut penalaran, dan masuk akal. Asal usul kata logis adalah berasal dari bahasa Yunani “logos” yang menunjukkan hasil pemikiran.

“Logis adalah sebuah perkataan mengenai cara berpikir yang berpedoman pada sebuah keilmiahan. Cara berpikir logis adalah akan membentuk sebuah pemikiran yang dapat membaur dengan pemikiran orang lain,” dijelaskan oleh salah seorang filsuf Yunani, Aristoteles.

Seseorang yang berpikir secara logis adalah dalam pemecahan sebuah masalah tidak memiliki sifat merasa paling benar, mudah memperoleh kebenaran, sangat menghindari percaya pada mitos, mudah dalam memeroleh solusi, dan selalu berpikir kritis dalam segala situasi kondisi.

“Logis adalah dapat didefinisikan sebagai pengetahuan dalam menelaah sebuah permasalahan secara cermat dan tepat,” dijelaskan oleh salah seorang ahli W. Poespoprodjo.

Berikut Liputan6.com ulas tentang istilah logis lebih dalam dari berbagai sumber, Senin (1/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Logis Menurut Para Ahli

1. Poespoprodjo

Pengertian logis adalah ilmu dan kecakapan dalam menalar dan berpikir dengan tepat.

2. Jan Hendrik Rapat

Pengertian logis adalah sebuah pertimbangan akal yang diatur melalui kata dan dinyatakan dalam bahasa.

3. Poedjawijatna

Pengertian logis adalah filsafat budi (manusia) yang membahas metode berfikir untuk mengetahui tentang bagaimana cara manusia berfikir dengan semestinya.

4. William Alston

Pengertian logis adalah studi tentang menyimpulkan. Usaha untuk menetapkan ukuran untuk memisahkan penyimpulan yang sah dan tidak sah.

5. The Liang Gie

Pengertian logis adalah suatu bidang pengetahuan dalam lingkungan filsafat yang mempelajari mengenai asas dan aturan penalaran yang benar.

6. Herbert L. Searles

Pengertian logis adalah proses menalar yang memerlukan langkah-langkah tertentu, diantaranya, mengumpulkan fakta khusus dan mengumpulkan hipotesis serta melakukann verifikasi.

7. Aristoteles

Pengertian logis adalah ajaran tentang berpikir secara ilmiah, membicarakan suatu bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang menguasi pikiran.

8. Soekadijo

Pengertian logis adalah sebagai metode yang diciptakan guna meneliti ketepatan menalar.

9. W. Poespoprodjo

Pengertian logis adalah pengetahuan dalam menelaah sebuah permasalahan secara cermat dan tepat.

10. Louis O Kattsoff

Pengertian logis adalah sebuah ilmu mengenai metode untuk memperoleh kesimpulan dari sebuah perangkat bahan tertentu.

11. Mundiri

Pengertian logis adalah ilmu tentang hukum dan motode yang digunakan sebagai pembeda penalaran yang benar dan salah.

12. Cholid Narbuko

Pengertian logis adalah ilmu pengetahuan mengenai asa, aturan, hukum-hukum, dan susunan atau bentuk pikiran manusia yang bisa mengantar pikiran tersebut kepada sebuah kebenaran.

13. Irving M Copi

Pengertian logis adalah adalah suatu ilmu yang mempelajari teknik dan hukum yang digunakan untuk membedakan penalaran yang benar dan yang salah.

14. Abu Achmadi

Pengertian logis adalah studi ilmiah mengenai prinsip umum yang menentukan validitas cara menarik kesimpulan terhadap masalah yang sedang diperbincangkan.

15. Bang Fuji

Pengertian logis adalah sebuah seni berpikir sistematis dan ilmiah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi manusia.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Berpikir Logis

1. Berpikir tentang masa depan lebih dari masa lalu

Jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan tujuan dan masa depan dari peristiwa masa lalu, maka Anda seorang pemikir logis. Pemikir logis selalu berpikir target dan sasaran yang dituju. Ini ciri orang dengan pemikiran logis. Target tersebut berorientasi pada masa depan.

2. Selalu menanyakan alasan terlebih dahulu

Diminta melakukan sesuatu yang tidak baik atau bertentangan dengan apa yang Anda pikirkan, Anda harus tahu kenapa. Anda tidak akan melakukan itu tanpa alasan kuat. Ini ciri orang dengan pemikiran logis. Untuk itu, Anda menanyakan alasan terlebih dahulu sebelum melakukan hal itu. Ini bentuk Anda berpikir secara logis.

3. Melakukan sesuatu sesuai rencana

Anda menolak untuk melanjutkan sesuatu tanpa rencana yang akurat. Anda ingin tahu persis  segala sesuatu akan berjalan lancar. Ini ciri orang dengan pemikiran logis. Misalnya, selama liburan, Anda mungkin merencanakan tentang berapa lama liburan, di mana, dan apa yang akan Anda lakukan selama liburan di tempat tersebut.

4. Selalu memastikan sebab dan akibat

Ini ciri orang dengan pemikiran logis. Membuat keputusan tanpa mengetahui dampaknya membuat Anda merasa cemas. Jika Anda tidak pernah membuat keputusan tanpa tahu pasti apa yang akan didapat, itu ciri pemikir yang sangat logis.

5. Perkara mencapai target bukanlah sulit

Bagi Anda untuk mencapai target tidaklah sulit. Kuncinya adalah Anda punya metode yang tepat. Ini ciri orang dengan pemikiran logis. Anda merencanakan tujuan, metode yang tepat, lalu menjalankan metode tersebut demi mendapatkan apa yang Anda inginkan. Anda tahu, metodologi adalah kunci mencapai target apa pun, betapa pun target yang akan dicapai begitu tinggi.

6. Mudah mendapatkan informasi

Begitu pertanyaan muncul di benak atau ada pertanyaan yang ditanyakan kepada Anda, pasti sudah tahu persis menemukan jawabannya. Anda mampu mempelajari keterampilan baru apa pun hanya dengan berkomitmen untuk mempelajarinya. Ini ciri orang dengan pemikiran logis.

7. Jarang memikirkan satu hal terlalu lama

Anda tidak pernah bisa duduk dan memikirkan satu hal terlalu lama. Anda ingin bergerak maju dan maju, meraih ke depan untuk mencapai target yang sudah direncanakan. Ini ciri orang dengan pemikiran logis. Motivasi terkuat adalah menentukan rencana ke depan, dan tidak membiarkan masa lalu menahan kesempatan Anda untuk maju.

8. Menyukai permainan catur

Catur adalah permainan yang penuh strategi. Butuh banyak wawasan dan pemikiran tingkat tinggi. Hanya pemikir logis dan strategis yang dapat memainkannya secara maksimal. Jika Anda pandai bermain catur atau sangat menyukai permainan tersebut, kemungkinan Anda adalah seorang pemikir yang sangat logis.

9. Selalu menyimpan rencana

Membuat rencana harian membuat Anda tetap terorganisir dan mencegah lupa dari segala janji dengan orang lain. Ini ciri orang dengan pemikiran logis. Segala rencana sudah disusun rapi. Banyak orang kesulitan menyusun rencana yang akan dilakukan karena mereka melupakannya atau menyerah saja.

10. Tidak membiarkan emosi membutakan penilaian

Emosi dapat membuat seseorang tidak berpikir logis. Anda tidak pernah membiarkan emosi membutakan dari kebenaran yang nyata. Ini ciri orang dengan pemikiran logis. Anda adalah seorang pemikir yang sangat logis sehingga Anda dapat menyingkirkan emosi serta melakukan apa yang perlu dan benar dilakukan.

4 dari 4 halaman

Fungsi Gagasan Logis

1. Fungsi gagasan logis adalah membantu setiap orang berpikir kritis, lurus, tetap, tertib, metodis, dan koheren.

2. Fungsi gagasan logis adalah meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif.

3. Fungsi gagasan logis adalah menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.

4. Fungsi gagasan logis adalah memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas-asas sistematis

5. Fungsi gagasan logis adalah meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpikir, kekeliruan, serta kesesatan.

6. Fungsi gagasan logis adalah mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.

7. Fungsi gagasan logis adalah menghindarkan dari klenik, tahayul, atau kepercayaan turun-temurun (bahasa Jawa: gugon-tuhon)

8. Fungsi gagasan logis adalah mampu meningkatkan citra diri seseorang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.