Sukses

14 Wisata Sleman yang Sudah Buka Selama PPKM Level 2, Terapkan Prokes

Yogyakarta kembali membuka destinasi wisatanya.

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta kembali membuka destinasi wisatanya. Kali ini, giliran Kabupaten Sleman yang membuka 14 destinasi wisata. Hal ini disampaikan oleh akun Instagram resmi Humas Pemerintah Daerah Yogyakarta @humasjogja.

Pembukaan wisata ini dilakukan susuai dengan nstruksi Bupati Sleman Nomor 33/INSTR/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Sleman. 

Mulai 21 Oktober 2021, masyarakat sudah bisa mengunjungi destinasi wisata di Sleman dengan protokol kesehatan ketat. Di 14 destinasi wisata Sleman ini sudah tersedia QR-Code aplikasi PeduliLindungi. Destinasi wisata ini mulai dibuka dengan menerapkan kapasitas maksimal 25% dan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Berikut 14 destinasi wisata Sleman yang sudah Buka, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(01/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Destinasi wisata Sleman yang sudah buka

Tebing Breksi

Tebing Breksi termasuk destinasi wisata Sleman yang sudah lama buka. Tebing Breksi dulunya merupakan tempat penambangan batuan alam. Bekas tambang ini kemudian meninggalkan bekas tebing kapur yang indah dan kemudian dijadikan tempat wisata. Tebing Breksi kini sudah dipahat secara artistik. Tebing Breksi berlokasi di Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kraton Ratu Boko

Kraton Ratu Boko, Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman kuno. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Kraton Ratu Boko berlokasi di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

3 dari 8 halaman

Destinasi wisata Sleman yang sudah buka

Merapi Park World Landmark

Merapi Park World Landmark berada di Jalan Kaliurang KM 23, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Wisata Merapi satu ini menghadirkan 12 landmark dunia seperti menara Eiffel, Menara Pisa, Big Ben, Kincir angin khas Belanda dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke destinasi ini cukup Rp 20 ribu pada weekday dan Rp 22 ribu pada weekend.

Candi Banyunibo

Candi Banyunibo merupakan candi bercorak Budha. Lokasi candi ini berada tak jauh dari Kraton Ratu Boko. Candi Banyunibo secara berlokasi di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi Banyunibo sudah mulai bisa dikunjungi selama PPKM level 2 di Yogyakarta.

4 dari 8 halaman

Destinasi wisata Sleman yang sudah buka

Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong termasuk destinasi Yogyakarta yang kini mulai populer. Studio Alam Gamplong sebelumnya merupakan lokasi syuting film dengan setting abad ke-16 dan 17. Di dalam, Gamplong Studi Alam terdapat sebuah kereta kuda, gerbang replika benteng Batavia, replika bangunan di kampung Pecinan dan bangunan lainnya. Kini, Studio Alam Gamplong makin dikembangkan sebagai destinasi wisata kekinian di Yogyakarta.

Taman Kaliurang

Taman Kaliurang merupakan taman wisata yang berada di kaki gunung merapi sisi selatan pada ketinggian 900 m dari permukaan laut. Di sini terdapat pemandangan hijau, tempat rekreasi keluarga dengan taman bermain, serta area piknik dan jalan santai. Wisata Sleman yang sudah buka ini berada di Jl. Astomulyo No.59, Area Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

5 dari 8 halaman

Destinasi wisata Sleman yang sudah buka

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu kini menjadi tempat wisata Jogja yang kekinian. Museum ini terletak di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

Museum Gunung Api Merapi

Museum Gunung Merapi cocok menjadi destinasi wisata di Jogja bagi kamu yang ingin mengetahui seluk beluk dan pengetahuan geologi Gunung Merapi. Di sini terdapat miniatur guning merapi yang menampilkan kenampakan Gunung Berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniaturnya, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari museum ini.

6 dari 8 halaman

Destinasi wisata Sleman yang sudah buka

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali merupakan museum yang memiliki monumen berbentuk kerucut yang unik. Monumen Jogja Kembali dibangun untuk mengenang peristiwa ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibu kota RI di Yogyakarta pada 1949. Monumen Jogja Kembali sering dijadikan tujuan wisata untuk para pelajar dan keluarga. Monumen Jogja Kembali berada di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan wisata Sleman yang sudah mulai dibuka. Wisata ini berada di Jl. Kaliurang, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Agrowisata Bhumi Merapi merupakan taman agrowisata di mana pengunjung bisa memerah susu kambing, memberi makan kelinci dan berfoto selfie di Santorini mini.

7 dari 8 halaman

Destinasi wisata Sleman yang sudah buka

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark merupakan destinasi wisata air di Yogyakarta. Wisata Sleman ini bahkan menjadi taman wisata air terbesar di Asia Tenggara. Jogja Bay Waterpark berada di Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kali Kuning Park

Kali Kuning Park termasuk wisata Sleman yang sudah mulai dibuka. Daya tarik dari destinasi ini adalah panorama pengunungannya yang masih sangat sejuk dan asri. Dari Kali Kuning Park, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan hutan pinus dan air terjun yang segar. Kali Kuning Park berada di Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

8 dari 8 halaman

Destinasi wisata Sleman yang sudah buka

Desa Wisata Grogol

Desa Wisata Grogol termasuk desa wisata andalan Kabupaten Sleman. Desa ini terkenal sebagai sentra pembuatan wayang kulit dan gamelan. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan pembuatan wayang kulir sekaligus pertunjukannya yang diiringi dengan gamelan.

Desa Wisata Karang Tanjung

Karang Tanjung merupakan sebuah padukuhan yang berada di wilayah Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata ini dibangung dengan konsep Kampung Iklim. Desa Wisata Karang Tanjung memang mengedepankan wisata berbasis ramah lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.