Sukses

14 Manfaat Madu Klanceng Bagi Kesehatan, Kurangi Morning Sickness dan Cegah Kanker

Madu klanceng adalah madu yang dihasilkan oleh lebah Trigona Spp, dengan cita rasa manis, asam, dan pahit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat madu klanceng dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Madu klanceng atau lebih dikenal dengan sebutan lain madu trigona atau madu kelulut, dihasilkan oleh lebah kecil, ramping dan hitam yang disebut lebah Trigona Spp. Lebah ini merupakan spesies primitif yang hanya menghasilkan madu dalam jumlah sedikit.

Lebah trigona termasuk hewan liar dan tidak membuat madunya dengan cara tradisional dalam sisir madu heksagonal. Namun mereka menyimpan madunya dalam struktur hitam dan coklat kecil yang tidak beraturan, tercakup dalam propolis.

Cita rasa dari madu klanceng ini terbilang unik dan berbeda dari madu biasanya. Madu klanceng berwarna agak gelap, tidak bening, serta perpaduan rasa agak manis, asam dan pahit. Dikatakan memiliki kisaran nutrisi dan nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan lebah madu biasanya. Madu klanceng terkenal mengandung senyawa seperti protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid dan cerumen yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan proliferasi sel dalam proses penyembuhan luka.

Tak hanya itu, masih banyak manfaat madu klanceng yang dapat Anda rasakan bila mengonsumsinya secara rutin. Berikut ini ulasan mengenai manfaat madu klenceng yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (2/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Madu Klenceng Bagi Kesehatan

1. Kaya Antioksidan

Manfaat madu klanceng yang pertama adalah kaya akan antioksidan, yang selama ini kita tahu sebagai zat penangkal terhadap risiko terkena berbagai macam penyakit. Madu klanceng memiliki senyawa antioksidan bernama protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan serumen. PCA merupakan antioksidan kuat yang terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka.

2. Antibakteri

Manfaat madu klanceng ini datang dari kandungan hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibakterial. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi madu klanceng dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri E. coli, B. subtilis, P. syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. brevis. Hidrogen perokside juga merangsang produksi sitokin yang merupakan respon tubuh untuk membunuh bakteri jahat. Hidrogen peroksida dapat menarik leukosit ke daerah luka serta dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri.

3. Mengatasi Radang

Manfaat madu klanceng yang selanjutnya yaitu mampu mengatasi radang. Madu klanceng telah terbukti menunjukkan aktivitas antioksidan yang khas dan menunjukkan kemampuan luar biasa dalam mengatasi peradangan. Hal ini karena didukung oleh kandungan polifenol. Serta mekanisme potensinya dalam mengobati berbagai penyakit. Ditambah lagi kandungan berbagai senyawa fenolik seperti asam galat, asam caffeic, katekin, dan apigenin.

3 dari 6 halaman

Manfaat Madu Klenceng Bagi Kesehatan

4. Aktivitas Anti-inflamasi

Dalam sebuah penelitian, madu klanceng yang diperoleh dari ekstraknya menunjukkan efek antiinflamasi saat dioleskan pada kulit. Secara khusus, salah satu komponen utama madu klanceng ialah protein dengan berat molekul sekitar 5,8 kDa. Dilaporkan bertanggung jawab atas stimulasi tersebut.

5. Mengatasi Gangguan Kesuburan

Penggunaan tradisional dan aplikasi klinis madu klanceng karena sifat antimikroba, antioksidan, anti-inflamasi, antihiperlipidemik, dan kardioprotektif. Selain itu, madu klanceng menunjukkan kemampaun dalam pengobatan gangguan mata, penyakit saluran pencernaan, gangguan neurologis, dan gangguan kesuburan.

6. Melancarkan Menstruasi

Gangguan menstruasi adalah gejala atau emosional yang mengganggu sebelum dan selama menstruasi. Biasanya gangguan menstruasi dibarengi dengan keluarnya darah yang kurang lancar. Jika Anda mengalami hal ini, dapat diatasi dengan madu klenceng. Caranya yaitu mencampurkan madu klanceng dengan air kunyit untuk melancarkan menstruasi setiap bulan. Konsumsi ramuan alami ini secara rutin agar menstruasi menjadi lancar setiap bulannya.

4 dari 6 halaman

Manfaat Madu Klenceng Bagi Kesehatan

7. Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil atau Morning Sickness

Madu klanceng juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Rasanya yang sedikit masam dan cenderung pahit dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin C pada madu klanceng juga dapat menjaga daya tahan tubuh bagi ibu hamil.

8. Mengatasi Keputihan

Kandungan antimikroba dalam madu klanceng juga dapat membantu mengatasi keputihan. Keputihan merupakan suatu hal yang normal bagi wanita, tetapi masalah ini juga bisa menjadi indikasi suatu infeksi yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita.

9. Melembapkan Kulit

Manfaat madu klanceng yang selanjutnya yaitu dapat melembapkan kulit. Menurut beberapa penelitian, madu klanceng memiliki kandungan yang dapat dijadikan pelembap alami bagi kulit. Selain itu, kandungan anti inflamasi dan anti mikroba juga dapat mengurangi radang kulit dan menyembuhkan bintik merah. Cara mengamplikasikannya juga terbilang mudah. Campurkan madu klanceng dengan pelembap, kemudian oleskan ke bagian wajah dan leher. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang optimal.

5 dari 6 halaman

Manfaat Madu Klenceng Bagi Kesehatan

10. Mencegah Penuaan Dini

Selain dikonsumsi, madu klanceng juga dapat digunakan sebagai toner untuk wajah. Caranya cukup mencampurkan madu klanceng dengan air lemon, aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan ke wajah. Ramuan ini dipercaya dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

11. Mengatasi Penyakit Diabetes

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa madu klanceng dapat menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Manfaat madu klanceng mengandung senyawa bioaktif polifenol yang sudah sejak lama dan secara tradisional digunakan untuk mengobati diabetes.

12. Menyembuhkan Luka

Madu klanceng juga dipercaya memiliki sifat antiseptik yang baik untuk penyembuhan luka. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa, madu klanceng digunakan sebagai salep untuk luka bekas operasi atau luka lainnya. Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa sangat ampuh pengobatan luka.

6 dari 6 halaman

Manfaat Madu Klenceng Bagi Kesehatan

13. Anti Kanker

Beberapa bukti ilmiah menunjukan bahwa madu klanceng merupakan agen antikanker yang sangat baik. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa sifat antioksidan yang ada di dalam madu klenceng dapat mencegah pembentuan sel kanker dalam tubuh. Madu klenceng mengandung senyawa polifenol dengan efek antikanker. Polifenol, yang juga dikenal dengan sifat antioksidannya, sangat membantu dalam mencegah perkembangbiakan sel kanker di dalam tubuh.

14. Menyembuhkan Penyakit Katarak

Manfaat madu klanceng yang berikutnya yaitu untuk mengobati penyakit mata katarak. Kandungan senyawa polifenol yang terdiri dari flavonoid, asam fenolik, karotenoid, dan vitamin memiliki sifat anti katarak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Konsumsi madu klanceng dengan rutin bisa terhindar dari penyakit katarak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.