Sukses

Pengertian Diksi dalam Kalimat, Macam dan Penggunaannya

Diksi sering digunakan dalam penulisan

Liputan6.com, Jakarta Pengertian diksi sering digunakan dalam penulisan. Diksi bisa digunakan dalam sastra, esai, atau percakapan sehari-hari. Pengertian diksi membuktikan bahwa bahasa memiliki kekuatannya sendiri.

Pengertian diksi mengacu pada pilihan linguistik untuk menyampaikan pesan. Melalui diksi, cerita dapat disampaikan secara efektif. Pengertian diksi membuat cerita lebih nyaman untuk dibaca. 

Pemilihan diksi bisa menghasilkan nada atau suasana tertentu. Memilih diksi juga memerlukan kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dengan pembaca.

Pengertian diksi berkaitan dengan cara berbicara, pengucapan, dan pemilihan kata. Pengertian diksi bisa menjadi gaya ekspresi penulis yang unik. Berikut pengertian diksi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(02/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Asal usul diksi

Diksi berasal dari bahasa Latin dicere, yang berarti berkata atau berbicara. Dalam pengertian ini, diksi sering mengacu pada aktor panggung dan orator, yang harus berbicara dengan jelas untuk dipahami.

Dalam retorika, pengertian diksi adalah pilihan dan penggunaan kata - kata dalam pidato atau tulisan. Dalam ilmu fonologi dan fonetik, diksi adalah cara bicara yang, biasanya dinilai dari segi standar yang berlaku pengucapan dan deklamasi. Dalam hal ini, diksi berarti pengucapan dan artikulasi.

3 dari 9 halaman

Pengertian diksi

Secara umum, diksi adalah pemilihan kata yang cermat untuk mengomunikasikan pesan. Diksi juga bertujuan untuk membentuk suara atau gaya penulisan tertentu. Diksi membantu penulis mengekspresikan ide dan konsep. Ungkapan ini bisa formal atau informal dan dapat membangkitkan berbagai suasana hati.

Diksi adalah pilihan kata, atau pemilihan kosa kata yang disengaja yang paling efektif, tepat, atau jelas. Pengertian diksi terkait dengan cara mengekspresikan tulisan. Diksi adalah cara berbicara. Ini meliputi cara mengucapkan atau mengungkapkan kata-kata, dan kata-kata serta frasa yang dipilih untuk digunakan.

4 dari 9 halaman

Penggunaan diksi

Diksi adalah gaya ekspresi penulis yang unik, terutama pilihan dan susunan kata-katanya. Diksi hanya akan efektif jika kata-kata yang dipilih sesuai dengan audiens dan tujuan. Diksi sering dibahas dalam kaitannya dengan sintaksis, atau cara kata-kata diatur dalam sebuah kalimat.

Diksi yang hati-hati dan penuh perhatian meningkatkan pengembangan latar, penggambaran, dan penokohan, yang menghidupkan lebih banyak kehidupan ke dalam sebuah cerita.

5 dari 9 halaman

Tujuan diksi

Melansir Masterclass, penulis memilih kata dan frasa tertentu tergantung pada hasil yang ingin mereka capai. Berikut tujuan dari penggunaan diksi:

Menciptakan nada tertentu

Tujuan sebuah tulisan akan menentukan diksinya. Misalnya, dalam penulisan fiksi, penulis sering menggunakan diksi informal dan kiasan—kata-kata yang digunakan untuk makna non-harfiah, seperti perumpamaan dan metafora. Berbeda dengan lmuwan yang menerbitkan makalah tentang penelitian mereka. Bahasanya akan teknis, ringkas, dan formal, ditulis untuk audiens tertentu.

Mendukung pengaturan

Dalam penulisan fiksi, bahasa yang digunakan pengarang mendukung unsur-unsur dasar cerita, seperti latar. Diksi membantu menentukan kapan dan di mana sebuah cerita diatur dengan menggunakan bahasa asli pada waktu dan tempat itu. Ini disebut diksi sehari - hari. Misal, cerita yang berlatar di Jakarta akan berbeda dengan cerita yang berlatar di Yogyakarta.

Menetapkan nada naratif

Sikap seorang penulis terhadap subjek cerita muncul dari kata-kata yang mereka gunakan. Ini membantu membangun nada dan memengaruhi respons emosional pembaca. Misalnya, nada novel horor akan sangat berbeda dengan novel roman.

Menghidupkan karakter

Seorang penulis dapat memberi tahu pembaca banyak tentang karakter melalui dialog mereka. Cara karakter menggunakan diksi mencerminkan detail pribadi seperti usia dan jenis kelamin, latar belakang, latar sosial, dan profesi. Misalnya, karakter yang lebih muda mungkin menggunakan bahasa gaul saat berbicara.

6 dari 9 halaman

Macam diksi

Berikut macam diksi yang memengaruhi cara pengungkapan gagasan:

Diksi formal

Diksi formal adalah penggunaan bahasa yang canggih, tanpa bahasa gaul atau bahasa sehari-hari. Diksi formal berpegang pada aturan tata bahasa dan menggunakan sintaksis yang rumit. Jenis bahasa yang ditinggikan ini sering ditemukan dalam teks profesional, dokumen bisnis, dan dokumen hukum.

Diksi informal

Diksi informal lebih bersifat percakapan dan sering digunakan dalam sastra naratif. Bahasa sehari-hari yang santai ini mewakili bagaimana orang berkomunikasi dalam kehidupan nyata, yang memberikan kebebasan kepada penulis untuk menggambarkan karakter yang lebih realistis. Kebanyakan cerita pendek dan novel menggunakan diksi informal.

7 dari 9 halaman

Macam diksi

Diksi pedantik

Diksi pedantik digunakan saat seorang penulis sangat detail atau akademis dalam tulisannya. Kata-kata dipilih secara khusus untuk menyampaikan hanya satu makna. Kadang-kadang digunakan dalam sastra ketika karakter berbicara dengan cara yang berpendidikan tinggi.

Diksi bahasa sehari-hari

Kata-kata atau ungkapan sehari-hari bersifat informal dan umumnya mewakili wilayah atau waktu tertentu. Bahasa sehari-hari menambah warna dan realisme pada tulisan.

8 dari 9 halaman

Macam diksi

Diksi bahasa gaul

Diksi bahasa gaul adalah kata-kata yang berasal dari budaya atau subkelompok tertentu tetapi mendapatkan daya tarik. Bahasa gaul dapat berupa kata baru, kata yang disingkat atau dimodifikasi, atau kata-kata yang memiliki arti baru.

Diksi abstrak

Diksi abstrak adalah saat seorang penulis menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan sesuatu yang tidak berwujud, seperti ide atau emosi. Frase abstrak sering kekurangan detail fisik dan kekhususan karena mereka adalah hal-hal yang pembaca tidak dapat alami melalui panca indera mereka.

9 dari 9 halaman

Macam diksi

Diksi konkret

Diksi konkret adalah penggunaan kata-kata untuk makna literalnya dan sering merujuk pada hal-hal yang menarik bagi indra. Maknanya tidak terbuka untuk interpretasi karena penulisnya spesifik dan rinci dalam ungkapannya.

Diksi puitis

Diksi puitis didorong oleh kata-kata liris yang berhubungan dengan tema tertentu yang tercermin dalam sebuah puisi, dan menciptakan suara yang merdu, atau harmonis. Diksi puitis biasanya melibatkan penggunaan bahasa deskriptif, kadang-kadang diatur ke irama atau sajak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.