Sukses

SBY Idap Kanker Prostat dan Akan Jalani Pengobatan di Luar Negeri, Ini 6 Faktanya

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono divonis idap kanker prostat.

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, didiagnosa mengidap kanker prostat. Kabar tersebut disampaikan oleh Ossy Dermawan, staf pribadi SBY.

"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan dikutip dari keterangan resmi yang diterima Liputan6.com pada Selasa, 2 November 2021. 

Setelah melakukan sejumlah pemeriksaan dan konsultasi, Ossy Dermawan juga menyampaikan lebih lanjut bahwa SBY akan menjalani pengobatan di luar negeri. Bahkan SBY juga sudah menghubungi presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri.

Atas nama keluarga besar Yudhoyono, melalui laman Instagram Agus Yudhoyono, putra sulung SBY ini juga menyampaikan ucapan terima kasih atas doa dari masyarakat Indonesia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta SBY idap kanker prostat dan akan jalani pengobatan di luar negeri, Selasa (2/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. SBY Idap Kanker Prostat Stadium Awal

Kabar perihal penyakit yang diidap oleh presiden ke-6 RI yakni Susilo Bambang Yudhoyono membuat publik terkejut. Staf pribadi SBY, Ossy Dermawan menyampaikan perihal penyakit yang diidap SBY merupakan kanker prostat stadium awal.

Ossy menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scann, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan atau stadium awal.

"Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY. Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ucap dia.

Dia mengatakan, Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan SBY via telemedicine, dan telah menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita SBY.

3 dari 7 halaman

2. Akan Jalani Pengobatan di Luar Negeri

Usai jalani sejumlah pemeriksaan, SBY akan menjalani pengobatan di luar negeri. Lebih lanjut Ossy menyampaikan, diputuskan pengobatan kanker prostat dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju guna menangani penyakit tersebut.

"Komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY," Katanya.

4 dari 7 halaman

3. Komunikasi Langsung dengan Tim Dokter Luar Negeri

Ketua Tim Dokter luar negeri juga sudah menghubungi langsung SBY dan mempelajari perihal data kesehatan Susilo Bambang Yudhoyono. Ossy menjelaskan bahwa tim dokter luar negeri yakin dan optimis bisa mengatasi penyakit yang diidap oleh SBY.

"Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," Ossy menambahkan.

5 dari 7 halaman

4. SBY Sudah Menghubungi Jokowi

Perihal rencananya yang akan menjalani pengobatan di luar negeri, Susilo Bambang Yudhoyono sudah menghubungi Jokowi. Jokowi menyampaikan bahwa akan ada anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut.

“Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri. Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut,” kata Ossy Dermawan.

6 dari 7 halaman

5. Minta Doa Masyarakat Indonesia

Staf pribadi SBY, Ossy Dermawan juga menyampaikan bahwa SBY memohon doa kepada masyarakat Indonesia agar niat dan rencana menjalani pengobatan di luar negeri berjalan dengan baik dan lancar.

"Melalui press release ini, Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," tutur Ossy.

Melalui laman Instagram Agus Yudhoyono, putra SBY ini juga meminta doa kelancaran dan kesembuhan SBY. AHY juga menuliskan ucapan terima kasih atas doa untuk SBY.

“Atas nama keluarga besar Yudhoyono, saya mengucapkan terima kasih atas doa dan simpati atas kondisi kesehatan ayahanda kami tercinta, Bapak SBY.” Tulis AHY di laman Instagramnya (2/11/2021).

7 dari 7 halaman

6. Masih Aktif Berkegiatan

Meski mengalami sakit kanker, SBY disebut tetap menjalankan kegiatan sehari-hari seperti menunggui klub bola voli Lavani, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain.

"Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bolavoli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain," ujar Ossy.

Agus Yudhoyono juga berharap semoga pengobatan yang dijalani sang ayah berjalan lancar, sehingga SBY bisa kembali berkegiatan seperti biasanya.

“…Semoga ikhtiar pengobatan beliau berjalan lancar, sehingga bisa kembali pulih seperti sedia kala, dan melanjutkan hobi dan passionnya dalam melukis, membaca, menulis, berolahraga, membina klub bola voli Lavani, serta kegiatan lainnya.” Tambah AHY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.