Sukses

Wanita Ini Hidup Hemat Ekstrem, Hanya Pakai 10 Persen Gaji Bulanan

Hidup dengan hemat yang berlebihan, wanita ini jadi sorotan publik.

Liputan6.com, Jakarta Menghemat adalah sikap yang memang kerap ditanamkan oleh orang tua sejak kita masih kecil. Menyisihkan sebagian penghasilan pun merupakan salah satu cara belajar gaya hidup hemat.

Gaya hidup ini bukan berarti seseorang akan hidup serba kekurangan serta pelit. Hidup hemat yang dimaksud adalah gaya hidup yang tidak berlebihan dalam segala hal. Namun ternyata ada orang yang hidup hemat namun terlalu ekstrem dan justru jadi perhatian banyak orang.

Seperti yang dilakukan oleh wanita ini. Seorang wanita Wang Shenai asal China, diketahui hidup hemat yang berlebihan bahkan disebut ekstrem. Ia menyisihkan dan menyimpan uang gaji bulanannya sebanyak 90 persen.

Untuk berhemat itu, Wang bahkan rela tak membeli barang-barang yang ia inginkan meski untuk menyenangkan diri sendiri. Alasan ia hidup dengan cara hemat ini rupanya ada kisah dibaliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Hidup Susah

Dikutip dari Oddity Central oleh Liputan6.com, Rabu (3/11/2021) Wang Shenai diundang di sebuah program "Talking to Strangers". Lewat acara itu ia menceritakan bagaimana gaya hidup berhematnya.

Wanita berusia 32 tahun itu mengatakan bahwa dirinya tumbuh miskin bersama keluarganya. Mereka selalu berusaha untuk menabung sebanyak mungkin.

Ibunya akan selalu menyimpan uang yang ia simpan di lemari es. Setiap kali sang ibu memberikan sedikit uang receh, ia akan melempar koin ke tanah untuk mengajarinya bahwa uang itu sulit didapat. Kebiasaan itulah yang melekat pada dirinya hingga dewasa.

3 dari 4 halaman

Uang Gaji Bulanan Disimpan 90 Persen

Setelah mendapatkan pekerjaan, Wang pun mulai menabung dengan caranya sendiri. Jika kebanyakan orang yang sudah bekerja akan menghabiskan uang dengan membeli barang yang diinginkan, berbeda dengannya. Ia justru merasa cemas jika banyak menghabiskan uang.

Maka dari itu, Wang dan sang suami sepakat untuk menyimpan 90 persen dari gaji bulanan mereka. Meski pasangan harus menghidupi kedua anak mereka.

Wang tidak segan-segan menggunakan barang-barang bekas. Ia hanya menghabiskan 100 yuan atau Rp 222 ribu untuk pakaian dalam setiap tahun. Kebanyakan pakaian lainnya adalah sumbangan dari teman-teman yang tidak mau memakainya lagi.

4 dari 4 halaman

Bisa Membeli Dua Rumah

Selama 9 tahun hidup berhemat yang ekstrem itu, ia dan suami bisa membeli dua rumah. Meski itu pencapaian yang bagus, tak sedikit kritikan diterima Wang. Banyak yang menonton acara itu menyebut dirinya pelit dan dianggap memiliki gangguan mental.

Gaya hidup hemat Wang menciptakan kontroversi di media sosial China. Meskipun mendapat banyak kritik, wanita berusia 32 tahun ini dianggap sebagai mentor oleh banyak anggota grup untuk berbagi tips minimalis pribadinya.

Wang Shenai menyebut jika ia tak mengajak orang-orang untuk hidup seperti caranya. Baginya setiap orang berhak hidup dengan cara mereka masing-masing dan bebas untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.