Sukses

10 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli, Ketahui Tujuan, Bentuk, dan Strateginya

Pengertian promosi pemasaran mengarah pada perkenalan.

Liputan6.com, Jakarta Memahami pengertian promosi secara umum adalah berasal dari bahasa Latin 'Promovere' yang artinya "bergerak maju" atau mendorong maju atau memajukan suatu gagasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian promosi pemasaran mengarah pada perkenalan dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya.

“Pengertian promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan,” dijelaskan oleh salah seorang ahli dalam bidang ini, Zimmerer.

Apabila sudah memahami pengertian promosi, akan diketahui tujuan promosi yang sebenarnya. Bukan sekadar komunikasi untuk menarik minat atau perkenalan. Tujuan promosi adalah menangkap pasar, meningkatkan volume penjualan, meningkatkan kesadaran, menciptakan minat, menghasilkan penjualan, atau menciptakan loyalitas merek.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih dalam tentang pengertian promosi menurut para ahli dari berbagai sumber, Jumat (5/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Promosi Menurut Fandy Tjiptono

Pengertian promosi adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

2. Pengertian Promosi Menurut Philip Kotler

Pengertian promosi adalah proses strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar melalui komposisi marketing mix.

3. Pengertian Promosi Menurut Indriyo Gitosudarmo

Pengertian promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempengaruhi calon konsumen agar mereka bisa mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan pada mereka dan lalu mereka senang dan mau membeli produk tersebut.

4. Pengertian Promosi Menurut Basu Swastha Dharmmesta

Pengertian promosi adalah promosi yang dilakukan secara satu arah yang dibuat guna mempengaruhi pihak lain agar bisa menciptakan pertukaran di dalam pemasaran.

5. Pengertian Promosi Menurut Louis E. Boone & David L. Kurtz

Pengertian promosi adalah upaya untuk membujuk, memberikan informasi, dan mempengaruhi keputusan pembelian.

6. Pengertian Promosi Menurut Harper Boyd

Pengertian promosi adalah upaya dalam membujuk orang untuk menerima produk, konsep ataupun gagasan.

7. Pengertian Promosi Menurut Zimmerer

Pengertian promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan.

8. Pengertian Promosi Menurut Saladin

Pengertian promosi adalah unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.

9. Pengertian Promosi Menurut Rambat Lupiyoadi

Pengertian promosi adalah salah satu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi adalah bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinganan dan kebutuhannya.

10. Pengertian Promosi Menurut Stanton

Pengertian promosi adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai.

3 dari 4 halaman

Tujuan Promosi dalam Pemasaran

1. Menaikan Penjualan

Tujuan promosi yang paling utama adalah menaikkan penjualan. Beberapa strategi berkonsentrasi pada merangsang permintaan primer walaupun sebagian menstabilkan penjualan.

2. Menstabilkan Penjualan

Tujuan promosi adalah stabilitasi penjualan, perusahaan biasanya mempromosikan konten penjualan selama periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan dengan menawarkan hadiah- hadiah seperti liburan, televis, dan beasiswa kepada mereka yang meraih target tertentu.

3. Menonjolkan Nilai Produk

Tujuan promosi adalah untuk menonjolkan nilai produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari produk yang kurang dikenal pembeli.

4. Mengingatkan

Tujuan promosi adalah mengingatkan calon konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat. Promosi sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan. Promosi juga membantu konsumen untuk tetap mengingat produk tersebut. Promosi menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan tersebut.

5. Membedakan Sebuah Produk

Tujuan promosi adalah mendiferensiasikan produk atau tujuan jasa perusahaan dengan produk atau jasa pesaing. Dengan promosi, perusahaan akan melatih konsumen untuk bisa membedakan sebuah produk.

Pemasar berupaya meraih tempat didalam benak konsumen. Ini dilakukan dengan mengkomunikasikan perbedaan-perbedaan signifikan mengenai atribut, harga, kualitas, atau manfaat dari produk atau jasa konsumen.

6. Menginformasikan

Tujuan promosi adalah menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru. Tujuan promosi ini juga meliputi informasi cara pemakaian yang baru dari suatu produk, perubahan harga, jasa yang disediakan, meluruskan kesan yang keliru, dan mengurangi ketakutan atau kekhawatiran konsumen. Tujuan ini juga dapat membangun citra sebuah produk atau perusahaan.

7. Membujuk

Tujuan promosi adalah membujuk. Promosi membantu pembentukan pilihan merek, mengalihkan pilihan ke merk tertentu, mengubah persepsi, dan mendorong calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Bentuk dan Strategi Promosi

Bentuk Promosi

1. Periklanan (Advertising)

Periklanan merupakan bentuk presentasi dan promosi tentang ide barang dan jasa. Tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan.

2. Penjualan Perorangan (Personal Selling)

Personal Selling, merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan merupakan kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektivitas pembelian konsumen dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya, juga potongan harga seperti diskon pembelian produk.

4. Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Hubungan masyarakat merupakan kegiatan membangun hubungan baik dengan publik terkait untuk memperolehdukungan, membangun “citra perusahaan” yang baik dan menangani atau menyingkirkan gossip, cerita dan peristiwa yang dapat merugikan.

5. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Direct marketing adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung.

Maka demikian maka promosi merupakan kegiatan perusahaan yang dilakukan dalam rangka memperkenalkan produk kepada konsumen sehingga dengan kegiatan tersebut konsumen tertarik untuk melakukan pembelian.

Strategi Promosi

1. Strategi Defensif

Strategi defensif atau strategi bertahan merupakan strategi promosi yang sifatnya hanya sekedar agar konsumen tidak lupa akan merek suatu produk atau berpaling ke merek lain.

2. Strategi Serangan

Strategi serangan atau ekspansi merupakan strategi yang dilakukan guna memperoleh atau merebut pangsa pasar yang lebih besar lagi.

3. Strategi Perkembangan

Strategi perkembangan umumnya digunakan oleh produk yang telah memiliki pangsa pasar yang lebih relatif tinggi namun dengan tingkat pertumbuhan yang sangat lambat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.