Sukses

7 Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas yang Unik dan Mudah Dibuat

Cara membuat kerajinan tangan yang unik bisa dibuat dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kerajinan tangan dari kardus bekas tidak begitu sulit. Selain itu, kamu bisa membuat berbagai macam kerajinan tangan dengan beragam fungsi dan tentunya indah. Walaupun sederhana, membuatnya tentu mengasyikkan.

Langkah-langkah pembuatan berbagai macam kerajinan tangan ini juga tidak sulit. Selain kardus bekas, kamu hanya membutuhkan beberapa peralatan dan bahan yang tak kalah sederhana. Jadi, tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang.

Cara membuat kerajinan tangan yang unik bisa dibuat dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan hasil dari kerajinan tangan ini sebagai hiasan rumah yang anti-mainstream. Langkah-langkahnya mudah dan seru untuk diikuti, ditambah lagi kamu tidak perlu repot-repot membeli bahan-bahannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/11/2021) tentang cara membuat kerajinan tangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Bingkai Foto

Cara membuat kerajinan tangan dari kardus bekas yang pertama adalah membuat bingkai foto. Berikut cara membuat kerajinan tangan bingkai foto dari kardus:

1. Caranya adalah dengan menyiapkan kardus bekas untuk dibuat berlapis-lapis seperti pada gambar.

2. Buat juga tatakan untuk menyangga bingkai foto dari kardus bekas.

3. Jangan lupa untuk membuat pola untuk menghias tampilan bingkai atau bisa juga dengan mengecatnya.

 

Miniatur dari Kardus Bekas

Macam kerajinan tangan dari kardus bekas yang selanjutnya adalah miniatur. Kerajinan tangan yang satu ini sangat unik. Bahkan hasil kerajinan ini sangat banyak diminati oleh masyarakat. Miniatur di dalam kardus ini bisa digunakan sebagai hiasan, ataupun digunakan sebagai kado untuk hadiah pernikahan dan juga ulang tahun.

Cara membuat kerajinan tangan minatur dari kardus bekas ini juga tidak sulit, yaitu sebagai berikut:

1. Buat pola untuk model rumah yang akan kamu bangun. Pola ini juga termasuk pintu, jendela, cerobong asap dan detail lainnya yang harus dipotong ke dalam kardus. Jika kamu memerlukan referensi atau contekan pola, kamu dapat mencarinya di internet.

2. Kamu dapat menentukan sendiri seberapa besar dan seberapa kecil ukuran miniatur rumahmu. Gunakan penggaris untuk mengukur detail polamu.

3. Setelah menerapkan pola pada kardus, gunakan penggaris dan pisau pemotong untuk mulai memotong potongan-potongan rumah dari kardus. Penggaris digunakan agar hasil potongan terlihat rapi.

4. Kemudian, mulai merakit potongan-potongan rumah kardus tersebut. Rekatkan sisi dan atap rumah bersama-sama menggunakan lem yang sudah disiapkan sebelumnya. Lapisi setiap tepi sambungan kardus dengan lem, lalu pegang sambungan menggunakan tangan dan tahan selama satu menit agar lem merekat sempurna.

5. Lapisi miniatur rumah kardus dengan sealant atau cat putih, biarkan kering sempurna. Setelah kering, mulailah untuk mengecat sisi-sisi miniatur rumah kardus.

6. Potong detail dari pola pintu dan jendela yang sudah dibuat dan rekatkan ke struktur miniatur rumah kardus tersebut.

7. Kamu juga bisa melukis potongan-potongan dengan ornamen tertentu untuk menciptakan kesan kesederhanaan ataupun elegan. Rekatkan dengan lem sedemikian rupa hingga membentuk pintu dan jendela yang dapat fleksibel di buka tutup.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Tempat Lampu dari Kardus Bekas

Macam kerajinan tangan dari kardus bekas selanjutnya adalah tempat lampu. Kerajinan tangan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi sebab harus memperhatikan detail desainnya. Untuk membuat tempat lampu dari kardus bekas kamu perlu menyiapkan kardus bekas, gunting, lem perekat, pisau, dan lampu gelap.

Berikut cara membuat kerajinan tangan tempat lampu dari kardus bekas:

1. Tetapkan terlebih dulu tempat lamu yang seperti apa yang akan di buat.

2. Kali ini tempat lampu yang di buat berbentuk balok seperti pada gambar sebelah kiri.

3. Potong kardus berbentuk seperti salib.

4. Gabungkan sampai membentuk seperti balok.

5. Potong membentuk sesuatu supaya cahaya lampu dapat keluar serta telihat indah dikegelapan (lihat pada gambar).

6. Pasang lampunya.

7. Kerajinan tangan dari kardus bekas berbentuk tempat lampu pun siap untuk dipakai.

 

Rak Buku

Selain kardus bekas besar yang biasa kamu temukan, kamu juga bisa memanfaatkan kardus bekas bungkus susu bubuk yang kamu konsumsi. Misalnya adalah untuk membuat rak buku maupun laci ala-ala.

Caranya juga mudah saja, kamu tinggal menumpuk kardus-kardus tersebut hingga membentuk rak buku ataupun laci, seperti gambar di atas.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Tatakan atau Alas Laptop

Bagi seorang mahasiswa atau murid sekolah, laptop mungkin menjadi barang penting untuk menunjang pendidikan. Biasanya, mereka akan membutuhkan tatakan laptop agar tidak asal taruh.

Selain itu, tatakan laptop juga berfungsi untuk menghindari panas berlebih yang diakibatkan sentuhan meja dengan laptop. Maka, kamu bisa memanfaatkan kardus bekas berukuran tebal untuk dijadikan tatakan meja seperti pada gambar. Cara membuat kerajinan tangan tatakan laptop ini juga tidak sulit.

Kotak Penyimpanan dari Kardus

Kotak penyimpnan dari kardus juga bisa kamu terapkan sebagai cara membuat kerajinan tangan kotak penyimpanan dari kardus. Memanfaatkan kardus bekas untuk membuat kotak penyimpanan juga bisa dicontoh. Kamu bisa membentuk kardus sesuai dengan ukuran yang diinginkan kemudian lapisi dengan kertas warna atau kertas kado untuk membuat tampilan yang lebih menarik.

Lampu Geometric dari Kardus Bekas

Macam kerajinan tangan dari kardus bekas yang selanjutnya adalah lampu geometric dari kardus bekas. Hanya berbekal bahan kardus bekas bisa disulap menjadi lampu yang unik dan menarik. Kamu bisa membentuk pola tertentu dan memilih warna lampu sesuai favorit. Dengan lampu geometri ini akan menambah suasana tenang di ruangan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.