Sukses

Apa Itu Dinamika Kelompok? Lengkap Pengertian Menurut Para Ahli

Dinamika kelompok adalah sebagai tingkah laku warga yang secara langsung dapat memengaruhi warga yang lain secara timbal balik.

Liputan6.com, Jakarta Memahami pengertian apa itu dinamika secara etimologi adalah berasal bahasa Yunani dari kata “dynamics” yang bermakna kekuatan, melansir dari jurnal yang diterbitkan Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu dinamika adalah gerak dari dalam, tenaga yang menggerakkan, dan semangat.

Lalu apa itu dinamika kelompok? Ahli dalam bidang ini, Slamet Santoso mengungkap apa itu dinamika kelompok adalah sebagai tingkah laku warga yang secara langsung dapat memengaruhi warga yang lain secara timbal balik. Bila disederhanakan, apa itu dinamika adalah wujud kedinamisan atau keteraturan yang jelas dalam hubungan secara psikologis.

Apa itu dinamika kelompok dipaparkan oleh Floyd D.Ruch dalam Gunarsa (2008), sebagai analisa dari relasi-relasi kelompok sosial, berdasarkan  prinsip bahwa tingkah laku dalam kelompok itu adalah hasil dari interaksi yang dinamis antara individu-individu dalam situasi sosial. Berikut Liputan6.com ulas tentang apa itu dinamika kelompok lebih dalam dari berbagai sumber, Sabtu (6/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Para Ahli

1. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Benyamin B. Wolman, Dictionary of Behavioral Science

Apa itu dinamika kelompok adalah studi tentang hubungan sebab akibat yang ada di dalam kelompok, tentang perkembangan hubungan sebab akibat yang terjadi di dalam kelompok, tentang teknik-teknik untuk mengubah hubungan interpersonal dan attitude di dalam kelompok.

2. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Hornby, A.S (1973: 441)

Apa itu dinamika kelompok adalah sejumlah orang atau benda yang berkumpul atau ditempatkan secara bersama-sama atau secara alamiah berkumpul.

3. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Shertzer dan Stone (1981)

Apa itu dinamika kelompok adalah kekuatan-kekuatan yang berinteraksi dalam kelompok  pada waktu kelompok melakukan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuannya.

4. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Webster (1989: 425)

Apa itu dinamika kelompok adalah sejumlah orang atau benda yang bergabung secara erat dan menganggap dirinya sebagai suatu kesatuan.

5. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Floyd D.Ruch (dalam Gunarsa, 2008) 

Apa itu dinamika kelompok adalah analisa dari relasi-relasi kelompok sosial, berdasarkan  prinsip bahwa tingkah laku dalam kelompok itu adalah hasil dari interaksi yang dinamis antara individu-individu dalam situasi sosial. 

6. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Santoso (2009)

Apa itu dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan yang lain. 

3 dari 3 halaman

Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Para Ahli Selanjutnya

7. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Jacobs, Harvill, dan Manson (1994)

Apa itu dinamika kelompok adalah kekuatan yang saling mempengaruhi hubungan timbal balik kelompok dengan interaksi yang terjadi antara anggota kelompok dengan pemimpin yang diberi pengaruh kuat pada perkembangan kelompok.

8. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Benyamin B. Wolman (dalam Rusmana)

Apa itu dinamika kelompok adalah studi tentang hubungan sebab akibat yang ada di dalam kelompok, tentang perkembangan hubungan sebab akibat yang terjadi di dalam kelompok, tentang teknik-teknik untuk mengubah hubungan interpersonal dan attitude di dalam kelompok. 

9. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Jacobs, Harvill, dan Manson (dalam Rusmana) 

Apa itu dinamika kelompok adalah kekuatan yang saling mempengaruhi hubungan timbal  balik kelompok dengan interaksi yang terjadi antara anggota kelompok dengan  pemimpin yang diberi pengaruh kuat pada perkembangan kelompok. 

10. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Johnson (2012)

Apa itu dinamika kelompok adalah suatu lingkup pengetahuan sosial yang lebih berkosentrasi pada pengetahuan tentang hakekat kehidupan berkelompok. 

11. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Slamet Santosa (2004: 5)

Apa itu dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan yang lain; antar anggota kelompok mempunyai hubungan psikologis yang berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama-sama.

12. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Sherif (1962)

Apa itu dinamika kelompok adalah unit sosial yang terdiri dari sejumlah individu yang mempunyai hubungan saling ketergantungan satu sama lain sesuai dengan status dan perannya secara tertulis atau tidak mereka telah mengadakan norma yang mengatur tingkah laku anggota kelompoknya.

13. Pengertian Dinamika Kelompok Menurut Suardi (1998)

Apa itu dinamika kelompok adalah suatu Istilah yang digunakan untuk menghubungkan kekuatan-kekuatan aspek pekerjaan kelompok. Pada dasarnya, Dinamika Kelompok mengacu pada kekuatan Interaksional dalam kelompok yang ditata dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan para anggota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.