Sukses

Interaksi adalah Saling Bertindak, Kenali Pengertian di Tiap Bidang

Interaksi adalah istilah yang digunakan dalam berbagai bidang ilmu.

Liputan6.com, Jakarta Interaksi adalah salah satu proses yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Interaksi adalah istilah yang digunakan dalam berbagai bidang ilmu. Salah satu bidang ilmu yang menggunakan interaksi adalah sosiologi.

Bidang ilmu lain yang menggunakan istilah interaksi adalah fisika, kimia, biologi, komunikasi, statistik, dan komputer. Interaksi memiliki arti khusus yang berbeda dalam berbagai ilmu.

Dalam sosiologi, interaksi adalah rangkaian tindakan sosial yang dinamis. Contoh interaksi adalah berbicara atau saling bertukar simbol. Memahami arti interaksi adalah bagian penting dalam kehidupan. Berikut pengertian interaksi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (8/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Pengertian interaksi

Interaksi berasal dari bahasa Latin inter yang berarti "antara", dan ago yang berarti "melakukan" atau "bertindak". setiap "tindakan antara" dianggap sebagai interaksi, seperti interaksi antara guru dan siswa, dua negara, atau bahkan tiap reaksi kimia.

Interaksi adalah jenis tindakan yang terjadi karena dua atau lebih objek memiliki efek satu sama lain. Gagasan efek dua arah sangat penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari efek kausal satu arah.

3 dari 9 halaman

Interaksi dalam sosiologi

Interaksi sosial didefinisikan sebagai proses di mana individu memilih untuk bertindak dan bereaksi terhadap anggota lain dalam suatu kelompok sosial. Dalam ilmu sosial, interaksi adalah pertukaran antara dua atau lebih individu dan merupakan blok bangunan masyarakat. Interaksi sosial adalah pertukaran sosial antara dua individu atau lebih.

Interaksi ini membentuk dasar untuk struktur sosial dan oleh karena itu merupakan objek kunci dari penyelidikan dan analisis sosial dasar. Interaksi sosial dapat dibedakan menjadi tidak disengaja, berulang, teratur dan diatur. Interaksi sosial dapat dipelajari antara kelompok dua (diad), tiga (triad) atau kelompok sosial yang lebih besar.

4 dari 9 halaman

Interaksi dalam komunikasi

Interaksi dalam komunikasi disebut dengan interaktivitas. Interaktivitas bagaimanapun juga dapat merujuk pada interaksi antara orang-orang. Namun demikian biasanya mengacu pada interaksi antara orang dan komputer - dan kadang-kadang interaksi antara komputer - melalui perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan.

Interaksi adalah contoh dasar dari komunikasi interaktif yang melibatkan dua proses yang berbeda. Kata interaktivitas berkaitan dengan dan berasal dari istilah interaksi yang digunakan oleh para sosiolog, yaitu tindakan setidaknya dua individu yang saling bertukar atau berinteraksi. Ini membutuhkan tingkat pesan yang menanggapi pesan sebelumnya. Interaktivitas juga mengacu pada kemampuan sistem komunikasi untuk "berbicara kembali".

5 dari 9 halaman

Interaksi dalam kimia

Dalam kimia, interaksi adalah interaksi yang dipaksakan oleh gaya elektrostatik yang dapat terjadi baik secara in vitro maupun in vivo. Dalam biologi molekuler, pengetahuan tentang interaksi gen / protein di antara mereka sendiri dan dengan metabolitnya disebut sebagai jalur molekuler.

Dalam pengobatan, ada istilah interaksi obat. Sebuah interaksi obat adalah perubahan dalam tindakan atau efek samping dari obat yang disebabkan oleh bersamaan administrasi dengan makanan, minuman, suplemen, atau obat lain.

6 dari 9 halaman

Interaksi dalam fisika

Dalam fisika, interaksi adalah proses di mana partikel elementer berinteraksi satu sama lain. Interaksi sering digambarkan sebagai medan fisik dan dimediasi oleh pertukaran boson pengukur antar partikel.

Suatu interaksi bersifat fundamental ketika tidak dapat dijelaskan dalam istilah interaksi lainnya. Ada empat interaksi mendasar yang diketahui di alam: Interaksi elektromagnetik, kuat, lemah, dan gravitasi.

7 dari 9 halaman

Interaksi dalam biologi

Ahli genetika bekerja dengan sejumlah mode interaksi genetik yang berbeda untuk mengkarakterisasi bagaimana kombinasi dua mutasi berpengaruh. Karakterisasi selanjutnya adalah interaksi peningkatan dan interaksi nonaditif. Ahli biosemiotik menyelidiki interaksi yang dimediasi tanda di dalam dan di antara organisme yang mendasari aturan sintaksis, pragmatis, dan semantik.

Dalam ekologi, interaksi biologis adalah efek yang dimiliki sepasang organisme yang hidup bersama dalam suatu komunitas. Mereka dapat berupa spesies yang sama, atau spesies yang berbeda. Efek ini mungkin bersifat jangka pendek, seperti penyerbukan dan pemangsaan. Atau jangka panjang seperti simbiosis.

8 dari 9 halaman

Interaksi dalam statistik

Dalam statistik, interaksi mungkin muncul ketika mempertimbangkan hubungan antara tiga variabel atau lebih, dan menggambarkan situasi di mana efek dari satu variabel kausal pada hasil tergantung pada keadaan variabel kausal kedua.

Kehadiran interaksi dapat memiliki implikasi penting untuk interpretasi model statistik. Jika dua variabel kepentingan berinteraksi, hubungan antara masing-masing variabel yang berinteraksi dan "variabel terikat" ketiga tergantung pada nilai variabel lain yang berinteraksi. Dalam praktiknya, hal ini membuat lebih sulit untuk memprediksi konsekuensi dari perubahan nilai suatu variabel, terutama jika variabel yang berinteraksi dengannya sulit diukur atau sulit dikendalikan.

9 dari 9 halaman

Interaksi dalam komputer

Interaksi manusia-komputer adalah penelitian dalam desain dan penggunaan teknologi komputer, yang berfokus pada antarmuka antara orang (pengguna) dan komputer. Sebagai bidang penelitian, interaksi manusia-komputer terletak di persimpangan ilmu komputer, ilmu perilaku, desain, studi media, dan beberapa bidang studi lainnya.

Manusia berinteraksi dengan komputer dalam banyak cara, dan antarmuka antara keduanya sangat penting untuk memfasilitasi interaksi ini. Peneliti mengamati cara manusia berinteraksi dengan komputer dan merancang teknologi yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer dengan cara baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.