Sukses

12 Manfaat Aloe Vera Untuk Wajah, Atasi Jerawat dan Mencerahkan Kulit

Sejak dahulu, tanaman aloe vera dikenal sebagai tanaman herbal yang digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan pada kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat aloe vera untuk wajah sudah tidak diragukan lagi. Sejak dahulu, tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan pada kulit wajah maupun rambut.

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi, vitamin A, C, E, B12, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Tanaman ini berasal dari daerah Mediterania, namun kini lidah buaya sudah banyak dikembangbiakkan di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan.

Saat ini banyak produk kecantikan maupun kesehatan yang berbahan dasar aloe vera untuk perawatan kulit maupun rambut. Namun, manfaat aloe vera untuk wajah akan lebih maksimal jika menggunakan gel asli yang langsung diambil dari tanamannya.

Berikut ini manfaat aloe vera untuk wajah yang dapat Anda peroleh jika menggunakannya secara rutin, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (10/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengatasi Jerawat dan Mencerahkan Kulit

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat aloe vera untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Selain menyerap kelebihan minyak yang jadi penyebab jerawat, aloe vera juga punya sifat anti-inflamasi. Lidah buaya dikenal karena sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptiknya. Ini dapat mengobati bentuk jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Aloe vera juga membantu mencegah timbulnya bekas jerawat. Aloe vera mempercepat waktu penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut. Cukup oleskan aloe vera ke area berjerawat tiga kali sehari.

2. Mencerahkan Kulit

Wajah kerap mengalami kondisi munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja terlalau banyak terpapar sinar matahari, stres, genetika, atau kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu. Anda bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah.

Bagi Anda yang sedang hamil, bintik atau bercak hitam adalah sesuatu yang umum dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memanfaatkan lidah buaya ini untuk menyamarkannya. Manfaat aloe vera juga dapat menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang dan lebih cerah. Selain itu, lidah buaya juga bisa bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih.

 

 

 

 

3 dari 7 halaman

Mengatasi Kulit Kering dan Mencegah Penuaan Dini

3. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat aloe vera untuk wajah yang lainnya yaitu mampu mengatasi kulit kering. Gel serbaguna ini mengandung 98% air yang membantu menenangkan, dan melembapkan kulit. Aloe vera dapat terserap dengan mudah di kulit. Ini membuat aloe vera bisa dijadikan pelembap alami kulit. Selain itu, aloe vera juga bisa menyerap kelebihan minyak di kulit. Jika dioleskan ke kulit, getah dari aloe vera bisa menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Hal ini karena aloe vera banyak mengandung beberapa nutrisi yang dapat menjaga kelembapan kulit, seperti antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kerutan dan penuaan dini juga bisa dicegah dengan manfaat aloe vera untuk wajah ini. Sifat antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Aloe vera juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan gel ini membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah salah satu manfaat aloe vera untuk wajah yang paling menarik, karena mampu mencegah dan bahkan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

4 dari 7 halaman

Mengobati Luka Bakar dan Mengatasi Mata Panda

5. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar juga bisa diobati dengan manfaat aloe vera untuk wajah ini. Getah dari tanaman aloe vera sering digunakan sebagai salep alami untuk mengobati luka bakar. Getah tersebut mampu mempersingkat waktu penyembuhan pada jaringan kulit yang mengalami luka bakar.

Itu karena, sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan kuat yang melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif untuk mengobati luka bakar. Pada kondisi luka bakar derajat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya akan berisiko sembuh lebih besar rata-rata sembilan hari lebih cepat dibandingkan dengan luka bakar yang tidak diobati.

6. Mengatasi Mata Panda

Aloe vera juga bisa efektif mengurangi lingkaran hitam mata secara alami. Aloe vera membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit. Ini juga dapat melembapkan kulit di sekitar mata yang membuatnya tampak lebih cerah. Cukup oleskan gel lidah buaya sebelum tidur dan biarkan semalaman.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Sunburn dan Menenangkan Kulit Setelah Bercukur

7. Mengatasi Sunburn

Aloe vera punya sifat menenangkan kulit. Manfaat aloe vera untuk wajah bisa memberi sensasi dingin pada kulit yang terkena sengatan matahari. Ini membantu mencegah peradangan dan iritasi akibat sunburn. Antioksidan dalam aloe vera juga melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

8. Menenangkan Kulit Setelah Bercukur

Manfaat aloe vera untuk wajah yang lainnya yaitu sering digunakan sebagai pemulihan kulit setelah bercukur. Sifat menenangkannya menjadi pelembap yang kuat, meregenerasi dan menyejukkan kulit. Mengoleskan aloe vera setelah bercukur bisa mencegah kulit kering dan iritasi.

6 dari 7 halaman

Membersihkan Makeup dan Melembapkan Kulit

9. Membersihkan Makeup

Setiap orang yang mengenakan makeup, pasti sudah mengetahui seberapa pentingnya membersihkan riasan wajah. Membersihkan riasan wajah atau makeup sebelum tidur sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan kulit wajah di sekitar mata sangatlah halus, apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi. Maka tidak heran, jika lidah buaya dapat menjadi penghapus makeup yang cukup baik untuk wajah, karena dapat membersihkan dengan lembut dan alami.

10. Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Aloe vera mengandung zat polisakardia dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Cara ini cocok bagi Anda yang menghabiskan waktu di dalam ruangan dingin ber-AC. Sebab, kulit akan kering apabila terlalu lama di dalam ruangan ber-AC.

Selain itu, lidah buaya ini juga mampu menghaluskan permukaan kulit. Aloe vera juga akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan digantikan dengan sel kulit baru yang sehat dan kuat. Caranya, Anda bisa membeli produk berbahan aloe vera berupa spray atau lotion. Anda bisa menyemprot cairan aloe vera atau mengoleskan gelnya saat kulit terasa lebih kering.

7 dari 7 halaman

Mengatasi Kulit Belang dan Obati Luka Lecet

11. Mengatasi Kulit Belang

Aloe vera mengandung zat aloesin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Sehingga, aloe vera dapat mengatasi kulit belang. Metode ini dikarenakan aloe vera akan meregenerasi kulit dan membuat warna kulit sama atau tidak belang. Berikut adalah cara untuk mengatasi kulit belang dengan aloe vera gel, yaitu:

  1. Ambil lidah biaya dan potong menjadi beberapa bagian.
  2. Kupas kulitnya.
  3. Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, haluskan terlebih dahulu.
  4. Lalu oleskan pada kulit yang belang.
  5. Diamkan selama 20 menit.
  6. Bilas dengan menggunakan air hangat.

12. Mengobati luka lecet

Manfaat aloe vera untuk wajah yang lainnya yaitu dapat menyembuhkan luka lecet ringan di bagian dahi atau dagu. Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada area yang luka setidaknya seminggu tiga kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.