Sukses

16 Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium yang Awet, Mudah Dipelihara

Ini rekomendasi jenis ikan hias air tawar akuarium yang wajib dipelihara.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keinginan untuk mulai memelihara ikan hias adalah pilihan yang tepat. Selain dapat mempercantik interior ruangan, hewan peliharaan satu ini dapat menenangkan pikiran, loh. Butuh rekomendasi jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet?

Jenis ikan hias air tawar akuarium yang tergolong kawanan yang mudah dipelihara adalah ikan zebra, molly, koki, koi, guppi, angelfish, dan masih banyak lagi. Selain tidak mudah mati atau awet, ikan-ikan ini dikenal “cinta damai”. Itu artinya bisa dicampur dengan jenis ikan hias air tawar akuarium lainnya.

Perkara menemukan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini tidaklah sulit. Di pasar ikan pasti tersedia stok jenis ikan hias air tawar ini. Bagaimana karakteristiknya? Berikut Liputan6.com ulas jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet, Kamis (11/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium yang Awet

1. Ikan Zebra

Danios Zebra atau yang biasa dikenal dengan nama ikan zebra ini merupakan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet. Memiliki warna yang menyerupai kulit zebra dan memiliki panjang maksimal 7 sentimeter.

Ikan ini hidup dengan habitat kawanan yang banyak. Apabila berkeinginan memelihara ikan ini disarankan membelinya paling sedikit 5 ekor.

Hal ini untuk mengantisipasi stres pada ikan yang mengakibatkan ikan ini mati. Ikan ini juga cukup mahir melompat. Jadi pastikan memasang penutup untuk menghalau ikan zebra keluar dari akuariumnya.

2. Ikan Lemon

Ikan Lemon diberi nama demikian karena memiliki warna kuning terang seperti buah lemon. Ikan lemon merupakan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet dan terlihat sangat cantik. Warna kuning yang mencolok tersebut dipadu dengan warna hitam pada ujung sirip atas.

Jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini banyak sekali diburu para pecinta ikan hias untuk dijadikan koleksi peliharaan di akuarium. Namun, perlu hati-hati jika mencampur ikan ini dengan jenis ikan hias air tawar akuarium lain, karena ikan lemon bersifat agresif.

3. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra berasal dari Amerika Latin, tepatnya di Sungai Amazon. Ikan ini memiliki variasi warna biru terang dan putih perak yang menghiasi tubuhnya yang kecil.

Jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini lebih menarik dipelihara dalam jumlah yang banyak karena sifatnya yang berkoloni atau membentuk gerombolan. Ikan neon tetra merupakan ikan yang bersifat omnivora.

4. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki merupakan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya.

Meskipun ikan mas koki menjadi ikan hias yang cukup populer, namun ikan ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga puluhan ribu per ekornya. Meski begitu, ada juga jenis ikan mas koki yang mencapai harga ratusan ribu, tergantung jenis dan usianya.

5. Ikan Koi

Ikan koi merupakan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet. Ikan ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1920-an. Ikan koi termasuk hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas dengan warna putih dan merah.

Jenis ikan hias ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias akuarium. Meski begitu, biasanya orang memelihara ikan koi ini di dalam kolam. Ikan koi bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dan biasanya memiliki warna-warna yang sangat cantik.

6. Ikan Guppy

Ikan Guppy adalah jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Ikan Guppy memiliki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena ikan ini memiliki ukuran yaitu kurang dari 2,5 cm jika diukur dari kepala ke ekor. Ikan Guppy adalah ikan yang mudah beradaptasi di berbagai lingkungan. Hal inilah yang membuat ikan Guppy bisa tersebar luas hingga ke seluruh dunia.

7. Ikan Molly

Ikan Molly sering disebut dengan ikan balon karena kebanyakan ikan molly memiliki perut yang buncit dan tubuh yang bundar. Jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini sifatnya yang adaptif dan 'cinta damai'. Ini membuat ikan molly aman jika dicampur dengan jenis ikan hias air tawar akuarium lainnya. Selain itu, harga ikan molly juga sangat ramah di kantong, yaitu tidak sampai Rp 5.000 per ekornya.

8. Ikan Platy

Ikan Platy memiliki bentuk tubuh yang mungil dan memiliki banyak sekali jenisnya. Jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini ukurannya kecil dan sifatnya 'cinta damai'. Hal ini membuat banyak orang memilih ikan ini menjadi pilihan untuk dipelihara di akuarium.

Selain itu jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga cukup kebal dari serangan penyakit. Harga ikan platy juga sangat murah, yaitu sekitar Rp 1.000 sampai Rp 2.000-an saja.

9. Ikan Komet

Ikan komet hampir mirip dengan ikan mas dan ikan mas koki. Jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini kerap disebut ikan slayer karena bentuk sirip dan ekor ikan ini seperti slayer. Ikan komet juga memiliki warna yang sangat cantik.

Ikan komet yang memiliki nama latin Carrassius Auratus. Memiliki tubuh yang ramping dengan warna perak mengkilap putih dan merah cerah serta ekor panjang yang melambai saat berenang membuat para pecinta ikan hias memburu ikan ini. Untuk harganya, ikan komet biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 60.000 per ekor.

3 dari 4 halaman

Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium yang Awet Selanjutnya

10. Ikan Manfish

Ikan Manfish adalah jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet dan termasuk dalam keluarga Chiclidae. Ikan ini memiliki warna yang cantik namun elegan. Ikan ini biasanya makan makanan seperti larva nyamuk, cacing tubifeks atau chironomous.

11. Ikan Discus

Ikan discus adalah jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet. Ikan ini identik dengan badan yang lebar dan bewarna atraktif. Untuk memelihara jenis ikan hias ini hanya perlu memperhatikan suhu akuarium di sekitar 28-31 celcius, supaya kondisinya agak hangat dan kadar oksigennya stabil.

12. Ikan Cupang

Ikan Cupang adalah jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet dan paling populer di Indonesia. Ikan ini mudah sekali untuk ditemukan karena banyak penjual ikan yang menjual ikan cupang.

Ikan Cupang adalah ikan yang berasal dari jenis ikan berukuran kecil dengan ukuran sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 12,5 cm. Ikan ini sangat unik karena dapat menghirup udara yang tidak berada di dalam air yaitu dengan menggunakan organ tubuhnya yang disebut dengan labirin.

13. Ikan Sapu-Sapu

Ikan sapu-sapu atau ikan plecostumus adalah jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet dan unik. Mereka memiliki pelat lapis baja yang berat di tubuhnya, dan mulut berbentuk pengisap untuk memakan alga yang tumbuh dalam akuarium. Hal itulah yang membuat ikan ini disebut ikan sapu-sapu karena dianggap dapat membersihkan akuarium.

Berbeda dengan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet sebelumnya, perkembangbiakan ikan ini justru sangat sulit. Hanya ada sedikit orang yang berhasil membiakkannya. Salah satu keunikannya lagi, ikan plecos ini juga dapat hidup selama 20 tahun atau bisa lebih lama jika dirawat dengan benar.

14. Ikan Rainbow Fish

Rainbow fish berasal dari Australia dan Asia Tenggara. Jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini kawanan yang jinak dan bisa tumbuh hingga 6 inci. Ikan hias ini baru mulai muncul warnanya ketika memasuki usia dewasa. Namun, jika diberikan perawatan yang tepat, hanya dalam beberapa tahun bisa menampilkan warna-warna yang memukau dan cerah.

15. Ikan Angel Fish

Angelfish adalah anggota keluarga cichlid, yang juga termasuk ikan discus, oscar dan parrot. Jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini bisa tumbuh hingga 6 inci panjangnya, tinggi 8 inci, dan terbagi dalam berbagai warna serta pola.

Saat mereka dewasa, mereka bisa menjadi agresif, terutama jika tangki akuariummu terlalu penuh. Namun secara umum, mereka adalah ikan komunitas yang baik, hanya saja jangan memeliharanya dengan ikan yang sangat kecil atau spesies penggigit sirip. Karena dapat merusak sirip angelfish.

16. Ikan Gold Fish

Ikan goldfish merupakan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet dan sekilas memiliki bentuk yang sama dengan koi. Namun goldfish memiliki ukuran lebih kecil. Untuk memeliharanya, kamu perlu menyediakan filter air dan melakukan penggantian air mingguan 10-15%.

4 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Ikan Hias

1. Menstabilkan Tekanan Darah dan Menurunkan Kecemasan

Dari berbagai studi di seluruh dunia membuktikan, bahwa memandangi akuarium berisi ikan hias mampu menstabilkan tekanan darah yang tentunya akan memberi manfaat kesehatan sangat besar bagi seseorang yang memang memiliki riwayat gangguan kardiovaskular.

Memperhatikan ikan berenang di akuarium dengan warna yang beragam, juga dapat menimbulkan kondisi tubuh semakin rileks. Hal ini akan sangat berguna untuk menurunkan tingkat kecemasan dan mampu membuat pikiran lebih jernih.

2. Bermanfaat bagi Pasien Alzheimer atau Demensia

Penyakit Alzheimer merupakan gangguan otak yang secara bertahap akan menghancurkan memori, kemampuan berpikir, hingga akhirnya menghancurkan kemampuan untuk melakukan berbagai tugas-tugas rutin.

Akuarium berisi ikan hias akan berguna dalam menginduksi stimulasi sensorik umum yang membantu meningkatkan nafsu makan penderita Alzheimer, yang tentunya akan berdampak pada meningkatnya berat badan, dan tetap aktif secara mental.

3. Menimbulkan Rasa Bahagia

Memelihara ikan hias dapat memberi rasa segar dan membuat Anda lupa sejenak dengan dunia luar. Dan, dengan memandangi ikan hias dalam akuarium, maka produksi Neurokimia seperti Endocannabinoid, yang merupakan senyawa pembuat rasa tenang semakin meningkat.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat dari adanya warna hijau pada akuarium ini sudah dibuktikan oleh para spesialis mata, yang berpendapat bahwa memandangi akuarium berisi ikan hias warna-warni dan tanaman hijau setiap hari selama setidaknya 1 jam dapat secara signifikan meningkatkan penglihatan seseorang.

5. Mempercantik Interior Rumah

Manfaat memelihara ikan hias dalam akuarium di rumah, tentunya dapat meningkatkan estetika dan mempercantik interior atau tampilan dari bagian dalam rumah Anda. Anda bisa menempatkan sebuah akuarium berukuran besar yang terdapat tanaman hidup, kayu apung, serta berbagai ikan tropis kecil atau ikan hias lainnya, lalu letakkan pada tempat yang menurut Anda cocok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.