Sukses

30 Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cantik, Bikin Rumah Kian Nyaman

Jenis-jenis tanaman hias yang populer ini juga tidak begitu sulit dirawat.

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis tanaman hias yang cantik dapat membuat rumah makin nyaman. Apalagi, kamu bisa meletakkannya di dalam ataupun luar ruangan. Melihat dedaunan yang cantik dan menyegarkan ini tentunya membuat kamu ataupun tamu menjadi nyaman.

Beberapa tanaman seperti aglaonema, monstera, hingga keladi adalah beberapa tanaman hias yang populer dan banyak digemari. Kamu bisa memilih tanaman hias yang paling kamu suka dan paling cocok untuk ditanam di rumah.

Jenis-jenis tanaman hias yang populer ini juga tidak begitu sulit dirawat. Jadi, bagi kamu yang baru mencoba untuk menanam tanaman hias tidak perlu khawatir. Selain itu, juga sudah banyak beredar di internet cara merawat tanaman hias untuk pemula.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021) tentang jenis-jenis tanaman hias.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Populer

Keladi

Jenis-jenis tanaman hias yang banyak peminatnya salah satunya adalah keladi. Tanaman dengan genus Caladium dan Alocasia ini memiliki daun yang berwarna-warni dan berbentuk hati. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun.  

Aglaonema 

Aglaonema termasuk jenis-jenis tanaman hias yang tidak pernah surut penggemarnya. Aglaonema termasuk tanaman hias jenis talas-talasan. Ada banyak jenis aglaonema dengan beragam corak, warna, dan ukuran. Harga aglaonema pun beragam sesuai dengan jenisnya, mulai dari RP 30 ribu sampai jutaan rupiah.

Philodendron

Philodendron menjadi primadona sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan. Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas. Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh semak. Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Masing-masing jenis memiliki ciri khas fisik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya.

Monstera

Jenis-jenis tanaman hias Monstera juga tengah digemari banyak orang. Nama monstera diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal karena memang bentuk daunnya yang berlubang. Meski kebanyakan memiliki ciri khas berlubang, ada juga yang tidak berlubang. Tanaman dengan ukuran daun yang besar dan lebar ini, sering digunakan untuk dekorasi rumah atau bahkan properti foto karena tanaman ini memiliki nilai estetik. Diketahui tanaman jenis philodendron ini masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae).

Homalomena

Homalomena termasuk tanaman hias yang juga masih berkerabat dengan aglaonema dan keladi. Tanaman ini dikenal karena dedaunannya yang besar, berkilau dan perawatan yang relatif mudah. Daun Homalomena kebanyakan berbentuk hati atau mata panah. Inilah membuatnya mendapatkan julukan ratu hati atau tanaman perisai.

Dedaunan yang menarik dan rapi biasanya berwarna hijau tua, tetapi bisa beraneka ragam dan terkadang menampilkan corak merah di bagian bawah dan sepanjang batang. Homalomena bisa didapatkan mulai dari harga Rp 10 ribu sampai ratusan ribu tergantung pada jenisnya. Jenis Homalomena Variegata bahkan bisa dihargai hingga belasan juta rupiah.

3 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Populer

Alocasia 

Alocasia merupakan jenis-jenis tanaman hias tropis yang masih berkerabat dengan aglaonema, keladi, dan anthurium. Alocasia terkenal dengan bentuk yang unik. Ada lebih dari 70 jenia Alocasia. Jenis Alocasia yang kini sedang hits adalah Alocasia Baginda Silver Dragon. Jenis lainnya seperti Alocasia Melo, Alocasia Wentii, Alocasia Longiloba, Alocasia Micholtziana ‘Frydek’, dan Alocasia Amazonia ‘Polly’ juga banyak dicari para penggemar tanaman hias. Harga alocasia juga cukup terjangkau mulai dari Rp 25 ribu sampai ratusan ribu.

Calathea 

Calathea dikenal sebagai jenis-jenis tanaman hias dengan dengan daun lonjong yang ditandai dengan garis dalam rangkaian warna yang memesona. Karena garis-garis dan urat tanaman yang menarik perhatian, mereka sering dikenal dengan julukan seperti tanaman zebra, tanaman merak, atau tanaman ular berbisa. Harga tanaman Calathea beragam sesuai dengan jenisnya. Tanaman ini bisa ditemukan dengan garga mulai dari Rp 20 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Peperomia

Peperomia termasuk jenis tanaman hias yang dikenal sebagai tanaman abadi. Tanaman in memiliki daun tumpul tebal dengan tekstur seperti karet. Lebih dari 1.500 spesies, dengan jenis yang umum sering ditanam sebagai tanaman hias berkelompok. Harga Peperomia cukup terjangkau mulai dari Rp 20 ribu sampai ratusan ribu.

Jenggot Musa

Jenggot Musa atau Spanish moss juga menjadi tanaman yang cukup tren di 2020. Jenggot Musa adalah tanaman unik dari keluarga bromeliads (Bromeliaceae) yang pada habitatnya tumbuh menggantung pada dahan-dahan pohon. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman gantung yang indah. Harga Jenggot Musa juga cukup terjangkau mulai dari RP 20 ribu sampai Rp 70 ribu.

Pilea

Pilea atau Chinese Money Plant dikenal dengan daun bulat pipih dengan warna hijau mengkilap. Jenis tanaman hias ini termasuk tanaman yang bisa dengan mudah tumbuh di air. Harga pilea cukup beragam mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 300 ribu.

4 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Populer

Sirih Belanda

Selain meletakkan tanaman dalam pot di atas meja maupun di sudut rumah, salah satu cara menarik adalah dengan pot gantung. Tanaman Sirih Belanda ini termasuk yang cocok ditanam dalam pot gantung. Peralatannya sangat praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan tanah dan air saja sebagai media tanamnya.

Janda Bolong

Jenis-jenis tanaman hias satu ini begitu populer di masa pandemi ini. Masih masuk dalam keluarga Monstera, Janda Bolong memiliki nama lain Monstera adansonii yang memiliki bentuk daun yang unik, yakni dihiasi lubang-lubang pada permukaan tengah daunnya. Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun. Dilihat dari ukuran daunnya pun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda.

Suplir

Adiantum cuneantum atau biasa disebut dengan tanaman suplir merupakan jenis tanaman hias yang memiliki ukuran daun kecil, majemuk dan berwarna hijau segar. Tanaman ini menyukai tempat yang lembap, udara bersih, dan sedikit sinar matahari.

Sri Rejeki

Jenis tanaman hias ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang memeliharanya. Terdapat banyak jenis tanaman hias Sri Rejeki yang bisa kamu pilih untuk dijadikan hiasan rumah. Tidak usah khawatir dalam merawatnya, karena tanaman ini tidak perlu perawatan yang sulit dan ribet. Ada beberapa jenis tanaman Sri Rejeki yang bisa dipilih seperti sinar bulan, bidadari, legacy, pride of Sumatra, lipstik, red kochin, dud anjamani, dan lady valentine.

Kuping Gajah

Anthurium crystallinum atau kuping gajah, memiliki bentuk daun sesuai namanya yang membentuk seperti kuping seekor gajah. Sekilas jenis tanaman hias ini tampak seperti tanaman keladi. Bedanya, tanaman ini memiliki daun lebar berbentuk jantung warnanya hijau tua dengan urat hijau muda keputih-putihan. Pada daun terdapat guratan uratnya yang menonjol berwarna putih seperti kristal maka dinamai crystallinum.

Oxalis

Oxalis atau calincing merupakan jenis tanaman hias dengan bentuk dan warna unik. Oxalis memiliki daun mirip dengan sayap kupu-kupu. Tanaman ini juga kerap disebut bunga kupu-kupu. Salah satu jenis oxalis, yaitu Oxalis triangularis memiliki daun berwarna ungu yang indah. Oxalis biasa dibanderol mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 100 ribu.

5 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Mudah Perawatannya

Sansevieria/ Lidah Mertua

Jenis tanaman hias dengan tampilan yang unik dan juga mudah perawatannya yang adalah lidah mertua. Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria trifasciata. Lidah mertua yang banyak dijumpai yakni lidah mertua yang memiliki bentuk daun memanjang, tekstur keras, dan corak garis vertikal pada daunnya.

Tak hanya cantik, tanaman hias daun yang satu ini juga memiliki manfaat bagi lingkungan dan kesehatan manusia seperti menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia. Kamu bisa menanamnya di dalam pot dan meletakkannya di sudut ruangan.

Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman hias yang mudah ditanam. Selain sangat baik untuk kulit, lidah buaya juga baik untuk obat. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang rumit. Kamu juga bisa menanamnya di kebun atau di balkon.

Tanaman Laba-laba (Chlorophytum comosum)

Chlorophytum comosum adalah tanaman hias yang cukup populer di masyarakat. Tanaman ini memiliki daun melengkung panjang dengan bunga berwarna putih yang mungkin hampir tidak terlihat. Hal ini terjadi karena adanya garis putih di tengah daun. Tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan. Bahkan, ia bisa tumbuh di mana saja, baik di bawah sinar matahari ataupun teduh.

Croton

Croton merupakan genus tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga spurge, Euphorbiaceae. Tanaman dari genus ini diperkenalkan di Eropa oleh Georg Eberhard Rumphius. Tanaman ini sebaiknya ditanam di luar ruangan atau langsung di bawah sinar matahari. Croton adalah tanaman rendah air dan mudah perawatan.

Hoya

Hoya merupakan tanaman hias dengan daun lilin dan bunga aromatiknya yang indah. Meskipun mereka membutuhkan cukup banyak cahaya untuk tumbuh subur, hoya adalah tanaman kuat yang tak memerlukan banyak perawatan. Sebagian besar spesies hoya dikenal tahan kekeringan. Jenis tanaman hias ini bisa ditemukan dengan harga mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 100 ribu.

6 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Cepat Tumbuh di Luar Ruangan

Jenis-jenis tanaman hias selanjutnya adalah yang cepat tumbuh di luar ruangan. Kamu bisa menanam tanaman hias berikut bila ingin melihat hasil kerjamu dengan cepat. Berbagai tanaman ini bahkan bisa tumbuh sangat tinggi.

Marigold (Tagetes)

Bunga marigold cepat tumbuh dengan mudah. Warnanya yang oranye pun bisa membuat kebun semakin cerah. Kamu tidak perlu memikirkan tanah tertentu untuk marigold. Sebab tanaman ini bisa tumbuh di berbagai jenis dataran dan hanya butuh pengairan teratur.

Royal palm

Ingin memiliki tanaman yang cukup tinggi di kebun? Royal palm adalah jawabannya. Tanaman yang satu ini mudah dan cepat tumbuh di berbagai jenis tanah. Pastikan juga royal palm Kamu terkena sinar matahari yang cukup.

Calendula

Bunga calendula yang berwarna kuning adalah salah satu pilihan tanaman untuk dipelihara. Pasalnya calendula cepat tumbuh dan mudah perawatannya. Calendula juga disebut sebagai bahan produk kecantikan untuk mencerahkan kulit.

Tanaman bambu

Bambu bisa ditanam di luar maupun dalam ruangan. Beberapa orang percaya bambu adalah tanaman keberuntungan. Kalau Kamu tertarik, jangan khawatir akan perawatannya. Sebab bambu cukup mudah dan cepat tumbuh.

7 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Tanaman Hias Kaktus

Jenis-jenis tanaman hias selanjutnya adalah jenis kaktus. Tanaman kaktus menjadi sangat digandrungi karena bentuknya yang indah walaupun berduri. Apalagi perawatannya juga tidak merepotkan, membuat tanaman hias ini semakin diidolakan.

Gymnocalycium

Gymnocalycium adalah salah satu jenis kaktus yang berbunga indah. Kamu dapat menanam mereka dalam pot kecil. Gymnocalycium atau sering disebut kaktus dagu, merupakan genus kaktus dari Amerika Selatan. Kata gymnocalycium sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti kelopak telanjang. Hal tersebut mengacu pada bantalan kuncup bunga yang tidak ditumbuhi duri sama sekali.

Pincushion cactus

Jenis kaktus ini memiliki duri yang halus. Mereka umumnya tumbuh dalam kelompok dan sangat minim perawatan. Pincushion cactus sendiri adalah nama umum yang diberikan kepada berbagai jenis kaktus kecil, yang memiliki bentuk menarik dan beragam. Kamu dapat menemukan lebih dari 175 spesies kaktus kecil di seluruh dunia.

Ball cactus

Spesies ini memiliki bentuk seperti bola berduri. Ia tumbuh berkelompok dan bagus untuk digunakan sebagai tanaman hias. Kaktus ini tidak suka terkena sinar matahari secara langsung, sehingga Kamu harus menaruhnya di tempat yang teduh.

Cereus tetragonus

Kaktus ini memiliki bentuk yang mirip dengan kastil dari negeri dongeng. Ada bagian yang tinggi dan pendek. Cereus tetragonus bisa digunakan sebagai tanaman pagar atau juga tanaman pot. Cereus tetragonus sendiri merupakan kaktus asli Amerika yang tingginya bisa mencapai 6 kaki atau hampir 2 meter.

Haworthia attenuata atau tanaman zebra

Ini mungkin adalah kaktus terbaik yang dapat tumbuh di dalam ruangan karena memiliki toleransi yang tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah. Haworthia adalah genus tanaman sukulen kecil yang endemik di Afrika Selatan. Jenis tanaman ini umumnya menyerupai miniatur lidah buaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.