Sukses

Pengertian Dinamis, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian dinamis adalah energi dan tekad yang terus mengalir pada seseorang dan membuatnya tetap bergerak dalam hidup.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian dinamis adalah  istilah umum yang merujuk kepada segala sesuatu atau kondisi yang terus-menerus berubah, bergerak secara aktif dan mengalami perkembangan yang berarti. Secara etimologi, kata ini diserap dari bahasa Perancis dynamque, yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti kekuatan atau tenaga. 

Sementara, dalam sosiologi pengertian dinamis adalah energi dan tekad yang terus mengalir pada seseorang dan membuatnya tetap bergerak dalam hidup. Namun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian dinamis adalah sebagai tindakan yang penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dan sebagainya.

Hidup seseorang dikatakan dinamis apabila mengalami berbagai keadaan, pasang-surut, semangat, dan antusias. Dinamis sering dianggap suatu sikap yang patut dimiliki semua manusia. Beragamnya kondisi yang terjadi pada sesuatu atau sesorang disebut dinamika.

Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dinamis beserta ciri-ciri, fungsi, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Dinamis

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai pengertian dinamis, yaitu:

Pendidikan Kewarganegaraan

Pengertian dinamis adalah selalu bergerak mengikuti perkembangan zaman.

Antropologi

Pengertian dinamis adalah sesuatu yang memiliki sifat aktif bergerak dan berubah.

Linguistik

Pengertian dinamis adalah penuh gerakan, penuh semangat, mudah berubah sesuai dengan keadaan.

Merriam Webster

Pengertian dinamis merupakan sesuatu yang terus aktif dan bergerak. Pengertian tersebut bersifat umum, sehingga dapat digunakan untuk semua subjek, dari manusia sampai dengan hewan dan benda.

Pakar Perancis

Pengertian dinamis adalah aktivitas yang terus bergerak karena terdapat tenaga dan kekuatan yang mengiringi suatu objek.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Dinamis dalam Kehidupan

Berikut ini ciri-ciri dinamis dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Semangat untuk Maju

Mereka yang memiliki sifat dinamis selalu memiliki semangat untuk maju, bergerak, dan berkembang secara signifikan. Berbeda dengan mereka yang memiliki sifat statis, dinamis membuat seseorang mampu melangkah maju dengan optimis dan menerima segala perubahan yang terjadi kemudian.

2. Kemampuan Belajar Positif

Setiap orang yang memiliki sifat dinamis tentunya juga sering menghadapi masalah. Akan tetapi, mereka mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap peristiwa dan langkah yang sudah mereka alami. Dengan begitu, mereka tidak takut melangkah maju dan terus berpikir positif walaupun terjadi kekacauan dan halangan di setiap langkahnya.

3. Menekuni Materi

Dinamis adalah sifat yang positif dan sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Hal ini karena mereka yang dinamis mampu menekuni materi yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang statis. Metode belajar yang digunakan adalah mereka menerima banyak perubahan dan menyeleksinya, sehingga mendapatkan materi yang relevan dan sesuai dengan apa yang dicari.

4. Memikirkan Peluang

Sifat dinamis membuat seseorang selalu berpikir positif dan memikirkan peluang di setiap masalah yang muncul. Dengan begitu berbagai kemungkinan dapat dikalkulasikan dan setiap kemungkinan yang kurang menguntungkan bisa dieliminasi. Ini kemudian akan menghasilkan dorongan untuk melakukan perubahan dan tanggap terhadap adaptasi.

5. Keyakinan yang Kuat

Seseorang yang memiliki sifat dinamis percaya bahwa dia mampu mendapatkan apa yang dia inginkan, terutama yang berkaitan dengan masa depan. Pasalnya mereka tidak takut dengan adanya perubahan dan melakukan adaptasi agar bisa masuk dan berkembang di dalamnya. Dengan begitu mereka tidak akan kesulitan untuk meraih masa depan yang mereka inginkan.

4 dari 5 halaman

Fungsi Dinamis dalam Kehidupan

Berikut penjelasan mengenai fungsi dinamis dalam kehidupan bermasyarakat, diantaranya:

  1. Membuat masyarakat lebih mudah beradaptasi dalam setiap perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut tidak diterima begitu saja, melainkan dipikirkan terlebih dahulu sehingga tidak membuat dampak negatif ke dalam lingkungan masyarakat.
  2. Masyarakat yang memiliki sifat dinamis umumnya maju dan mau melakukan perubahan. Perubahan tersebut merupakan hasil dari proses adaptasi yang sebelumnya dilakukan ketika terjadi stagnasi atau perlambatan pada pola pikir di lingkungan masyarakat.
  3. Mereka yang memiliki sifat dinamis merupakan individu yang ulet dan pantang menyerah. Masyarakat dapat mengikuti setiap perubahan yang terjadi karena dinamis adalah kondisi yang tidak bisa diprediksi begitu saja. Masyarakat yang dulunya merupakan komunitas sosial yang statis dapat melakukan berbagai inovasi yang membuat mereka menjadi masyarakat yang lebih maju.
5 dari 5 halaman

Contoh Penerapan Dinamis dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini beberapa contoh sifat dinamis yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah:

  1. Jika Anda memilik sifat yang dinamis, salah satu sifat lain yang akan Anda munculkan adalah sifat percaya diri. Karena dinamis adalah sifat yang mudah bergerak dan beradaptasi, Anda akan memiliki kepercayaan diri di tiap langkah yang diambil, karena setiap langkah tersebut terdapat peluang yang bisa dimanfaatkan.
  2. Seseorang yang memiliki sifat dinamis adalah orang yang spesial dan unik, ini karena tidak semua orang mampu menerima perubahan dengan lapang dada. Keunikan inilah yang akan menjadi sumbu penyemangatnya untuk tetap melakukan perubahan dan bisa memanfaatkannya untuk kehidupan di masa depan.
  3. Mereka yang memiliki jenis dinamis yang positif akan memberikan vibes yang sama positifnya pada lingkungan dan komunitas sosial di sekitarnya. Peluang dan alternatif yang didapatkan oleh seseorang dinamis didapatkan karena dia mampu membaca peluang yang ada dalam setiap peristiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.