Sukses

Fungsi Router, Jenis-Jenis, dan Cara Kerjanya yang Perlu Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Fungsi router berkaitan dengan jaringan dan penggunaan internet. Router sendiri merupakan perangkat keras yang bertugas menghubungkan jaringan. Router dapat menghubungkan jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda. 

Fungsi router secara sederhana adalah untuk mengarahkan atau membuat rute agar jaringan sampai pada tujuan. Sebuah router biasanya terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan IP yang berbeda.  Di mana routing adalah proses pengiriman paket data melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Fungsi router adalah melakukan pengarahan lalu lintas dalam sebuah jaringan, termasuk internet.

Dulunya, router identik dengan kabel LAN sebagai pengatur lalu lintas jaringan. Namun, untuk saat ini teknologi router sudah lebih canggih, bukan hanya dengan kabel LAN tetapi sekaligus dengan Wireless. Contoh populernya tentu penggunaan jaringan internet yang ada di rumah dengan WiFi. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021) tentang fungsi router.

2 dari 4 halaman

Fungsi Router

Fungsi router tentunya sangat penting dalam penggunaan internet. Fungsi router tidak hanya membuat kamu lebih lancar menggunakan internet, tetapi juga sebagai penghubung 2 jaringan atau lebih. Berikut fungsi router yang perlu kamu pahami:

- Menghubungkan jaringan ke DSL

Fungsi router yang pertama adalah sebagai penghubung jaringan ke DSL. Router menjadi penghubung suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini kamu tidak hanya dapat menggunakan sambungan kabel LAN, tapi juga bisa menggunakan teknologi wireless.

- Mengantarkan informasi

Fungsi router selanjutnya adalah sebagai pengantar informasi. Router dapat mengantarkan atau mentransmisikan data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain, di mana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan atau bridge.

- Menghubungkan jaringan

Seperti yang kamu ketahui, pada dasarnya fungsi router adalah sebagai penghubung jaringan. Fungsi router adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga kamu dapat mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya.

Perlu diketahui juga kalau setiap router memiliki beberapa fasilitas, yaitu fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) dan NAT (Network Address Translator). Fasilitas DHCP merupakan layanan yang dapat mendistribusikan IP Address lain kepada perangkat komputer. Sementara itu, NAT merupakan fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat dibagikan kepada alamat IP lain. Dengan mendapatkan alamat IP lain, suatu perangkat dapat terhubung ke perangkat lainnya.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Router

Ada dua jenis router yang perlu kamu ketahui, yaitu router nirkabel dan router kabel. Berikut penjelasan masing-masingnya:

- Router nirkabel

Router nggak selalu langsung terhubung dengan modem dengan kabel. Ada juga router dengan sistem nirkabel ke perangkat yang mendukung standar nirkabel yang sama. Router nirkabel dapat menerima informasi dan mengirim informasi ke internet.

- Router kabel

Seperti yang kamu tahu, router kabel biasanya terhubung langsung ke modem atau Wide Area Network (WAN) melalui kabel jaringan. Router ini biasanya terpasang dengan port yang terhubung ke modem agar terhubung dengan internet.

 

Jenis Router Berdasarkan Mekanismenya

Sementara itu, jenis router juga bisa dibedakan berdasarkan mekanismenya. Berikut penjelasannya:

- Router statis

Router statis adalah router yang mampu untuk melakukan proses routing dari suatu jaringan,  di mana prosesnya dilakukan secara manual oleh seorang administrator. Router statis memiliki ciri khusus seperti digunakan untuk jaringan kecil, jalur spesifik ditentukan oleh admin, dan pengisian tabel routing ditentukan secara manual.

- Router dinamis

Router dinamis adalah router yang dapat melakukan proses routing berjalan secara otomatis dan dinamis setelah melalui pengaturan oleh seorang administrator jaringan.

- Router wireless

Router wireless merupakan router yang dapat bekerja tanpa menggunakan kabel karena hanya mengandalkan media udara untuk mengirimkan paket data.

- Router software/aplikasi

Router ini merupakan sebuah program atau aplikasi yang memungkinkan sebuah PC dengan sistem operasi menjadi sebuah router. Router software ini merupakan sebuah software yang dapat diinstal pada sistem operasi komputer, seperti Windows, Linux, ataupun macOS.

- Router PC

Router yang satu ini merupakan sistem operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi IP Address. Bentuk dari router PC adalah komputer yang dibuat sedemikian rupa hingga bisa berfungsi sebagai router.

- Router hardware/fisik

Router ini adalah sistem perangkat yang bisa membagi, memancarkan, serta juga sharing IP Address. Router ini merupakan jenis router yang paling sering digunakan karena kemampuannya yang besar dalam melakukan proses routing.

4 dari 4 halaman

Cara Kerja Router

Rumah pada umumnya memiliki berbagai perangkat yang terhubung ke internet, seperti komputer pribadi, tablet, ponsel cerdas, printer, dan TV pintar. Dengan router, perangkat ini membentuk jaringan. Router mengarahkan lalu lintas internet masuk dan keluar di jaringan itu dengan cara paling cepat dan paling efisien.

Informasi yang berjalan di jaringan rumah kamu dapat berupa email, film, atau umpan langsung dari kamera, yang masing-masing memerlukan jumlah bandwidth yang berbeda-beda. Di saat menambahkan lebih banyak perangkat, berarti kamu meminta router untuk melakukan lebih banyak pekerjaan.

Sederhananya, router akan menghubungkan berbagai perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan.