Sukses

Fungsi Manajemen Menurut G R. Terry, Pahami Pengertiannya

G R. Terry menjadi acuan para pelaku manajemen.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi manajemen menurut G R. Terry menjadi dasar dalam menjalankan kegiatan manajemen. G R. Terry merupakan sosok ahli manajemen yang pemikirannya digunakan secara luas. Salah satu yang paling terkenal adalah fungsi manajemen menurut G R. Terry.

Fungsi manajemen menurut G R. Terry tertuang dalam bukunya Principles of Management. Fungsi manajemen menurut G R. Terry terbagi menjadi empat fungsi dasar. Singkatan dari fungsi manajemen menurut G R. Terry ini adalah POAC atau planning, organizing, actuating, can controlling.

Fungsi manajemen menurut G R. Terry menjadi acuan para pelaku manajemen dalam menjalankan perannya. Berikut fungsi manajemen menurut G R. Terry, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (12/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal George R. Terry

George Robert Terry (1909 – 1979) adalah seorang penulis bidang manajemen asal Amerika. Terry merupakan rofesor Bisnis di Ball State University dan presiden Akademi Manajemen ke-14. Terry terkenal karena karya awalnya tentang manajemen.

Terry dianugerahi George A. Ball Distinguished Professor of Business pertama di Ball State University pada tahun 1969. Selain itu, Terry adalah dosen di Northwestern University School of Business Administration selama 25 tahun. Sebelumnya untuk karirnya di Ball State, Terry adalah direktur penelitian untuk Foote, Cone, dan Belding Inc., Chicago, dan adalah presiden American Products Company.

Bukunya yang saat ini masih dijadikan acuan manajemen adalah Prinsip Manajemen (1953). Empat fungsi manajemen menurut G R. Terry adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengendalian, dan upaya memimpin manusia.

Terry menggabungkan fungsi mengarahkan dan memimpin upaya manusia ke dalam fungsi "penggerak" dan berhenti memperlakukan koordinasi sebagai fungsi terpisah. Terry mendefinisikan fungsi sebagai ''pernyataan mendasar yang memberikan panduan untuk bertindak,''

 

3 dari 7 halaman

Pengertian manajemen menurut G R. Terry

Menurut G R. Terry, manajemen adalah suatu proses khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian untuk menentukan serta mencapai tujuan melalui pemanfaatan sumber daya.

Manajemen berarti mengarahkan dan mengendalikan sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan. Manajemen menurut Terry terdiri atas tindakan-tindakan fungsi manajemen. Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian, memimpin, memotivasi dan mengendalikan sumber daya manusia, keuangan, fisik, dan sumber daya informasi dari suatu organisasi untuk mencapai tujuannya secara efisien dan efektif.

Manajemen adalah proses membimbing pengembangan, pemeliharaan, dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer adalah orang-orang dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan proses manajemen ini.

4 dari 7 halaman

Fungsi manajemen menurut G R. Terry: Planning (Perencanaan)

Fungsi manajemen menurut G R. Terry dalam hal perencanaan adalah pemilihan fakta dan penghubungan fakta-fakta serta pembuatan dan penggunaan perkiraan-perkiraan atau asumsi-asumsi untuk masa yang akan datang dengan jalan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Perencanaan adalah proses memikirkan dan mengatur kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Perencanaan melibatkan penciptaan dan pemeliharaan operasi organisasi tertentu. Proses pemikiran ini penting untuk penyempurnaan tujuan dan integrasinya dengan rencana lain.

5 dari 7 halaman

Fungsi manajemen menurut G R. Terry: Organizing (Pengorganisasian)

Fungsi manajemen menurut G R. Terry selanjutnya adalah organizing. Pengorganisasian ialah penentuan, pengelompokkan, dan penyusunan macam - macam kegiatan yang dipeelukan untuk mencapai tujuan, penempatan orang - orang (pegawai), terhadap kegiatan - kegiatan ini, penyediaan factor - faktor physik yang cocok bagi keperluan kerja dan penunjukkan hubungan wewenang, yang dilimpahkan terhadap setiap orang dalam hubungannya dengan pelaksanaan setiap kegiatan yang diharapkan.

Pengorganisasian melibatkan menetapkan tugas, mengelompokkan tugas ke dalam departemen, mendelegasikan wewenang, dan mengalokasikan sumber daya di seluruh organisasi. Selama proses pengorganisasian, manajer mengoordinasikan karyawan, sumber daya, kebijakan, dan prosedur untuk memfasilitasi tujuan yang diidentifikasi dalam rencana. Pengorganisasian sangat kompleks dan sering melibatkan tinjauan sistematis sumber daya manusia, keuangan, dan prioritas.

6 dari 7 halaman

Fungsi manajemen menurut G R. Terry: Actuating (Pelaksanaan/Penggerakan)

Penggerakan adalah fungsi manajemen menurut G R. Terry untuk membangkitkan dan mendorong semua anggota kelompok agar supaya berkehendak dan berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan dengan ikhlas serta serasi dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian dari pihak pimpinan.

Penggerakan adalah salah satu fungsi dasar dalam proses manajemen. Penggerakan adalah penggunaan pengaruh untuk memotivasi anggota kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer harus mampu membuat karyawan mau berpartisipasi dalam mencapai tujuan organisasi.

7 dari 7 halaman

Fungsi manajemen menurut G R. Terry: Controlling (Pengawasan)

Pengawasan dalam fungsi manajemen menurut G R. Terry dapat dirumuskan sebagai proses penentuan apa yang harus dicapai yaitu standar, apa yang sedang dilakukan yaitu pelaksanaan, menilai pelaksanaan, dan bila mana perlu melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana, yaitu selaras dengan standar (ukuran).

Pengawasan atau pengendalian adalah pengukuran dan koreksi kinerja untuk memastikan bahwa tujuan perusahaan dan rencana yang dirancang untuk mencapainya tercapai. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan penyimpangan dari standar dan memastikan bahwa tujuan organisasi yang ditetapkan tercapai dengan cara yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.