Sukses

Perbedaan Kopi di 9 Negara Dunia, Punya Rasa Khas dan Penyajian Unik

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara di dunia punya keunikan masing-masing. Tak hanya dari segi budaya dan wisata, makanan hingga minuman di beberapa negara pun mempunyai keunikannya tersendiri. Keunikan inilah yang membuat negara-negara tersebut mudah dikenal oleh wisatawan.

Kopi merupakan salah satu minuman yang hampir bisa ditemukan di berbagai negara di dunia. Bahkan di beberapa negara, kopi kerap dinikmati pada pagi sembari menikmati sejuknya udara pagi dan sebelum beraktivitas.

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan.

Sederet kopi di beberapa negara di dunia cara penyajiian yang berbeda-beda. Soal rasa, tentunya saja juga berbeda. Punya rasa dan keunikannya tersendiri, kopi merupakan salah satu pilihan wisatawan ketika berkunjung ke suatu negara.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang perbedaan kopi di berbagai negara dunia, Jumat (12/11/2021).

2 dari 10 halaman

1. Espresso merupakan kopi asal Italia. Resep klasik dari kopi espresso tersebut disajikan dengan tambahan irisan lemon. Lemon harus diratakan dengan sendok di sisi atau bagian bawah cangkir terlebih dahulu.

3 dari 10 halaman

2. Kopi Bonbon asal Spanyol adalah kopi espresso dengan tambahan susu kental. Cara penyajiannya yakni mencampur yang terakhir dengan susu biasa agar bisa menghasilkan sesuatu yang istimewa.

4 dari 10 halaman

3. Kopi rempah asal Maroko tentunya punya rasa yang khas. Cara pembuatannya yakni dengan menggiling campuran rempah-rempah seperti biji wijen, lada hitam dan pala dengan biji kopi biasa agar rasanya unik.

5 dari 10 halaman

4. Phariser adalah kopi yang ditemukan di Jerman untuk menyembunyikan kehadiran alkohol di pertemuan keluarga. Sebagian rum 'tersembunyi' di bawah krim kocok yang dinikmati bersama kopi.

6 dari 10 halaman

5. Kopi dengan bawang putih dan madu dari dari Turki adalah minuman populer di Turki, kadang-kadang disebut sebagai 'resep orang Moor tua'.

7 dari 10 halaman

6. Salah satu kopi terkenal di Jamaika adalah kopi dengan jeruk. Selain pakai irisan jeruk, kopi Jamaika juga menyertakan porsi rum tradisional untuk membuat minuman yang menarik dan lezat.

8 dari 10 halaman

7. Perpaduan kopi, es krim, susu kental, dan sedikit air es menghasilkan kenikmatan lezat yang dikenal sebagai kopi frappe asal Yunani.

9 dari 10 halaman

8. Cara penyajian kopi lagrima asal Argentina yakni dengan beberapa tetes kopi kental yang ditambahkan ke susu berbusa atau bisa digambarkan sebagai susu dengan kopi.

10 dari 10 halaman

9. Orang Hongkong suka dengan perpaduan kopi dan teh susu ini meninggalkan kesan yang kuat. Kopi tersebut dibuat menggunakan 4 porsi teh hitam, merica, susu kental dan dua gelas kopi.