Sukses

Treatment adalah Perlakuan Terhadap Seseorang, Kenali Penggunaannya di Bidang Kecantikan

Istilah treatment mungkin sering kali terdengar dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Treatment adalah istilah dalam bahasa Inggris yang cukup sering dipakai orang Indonesia saat ini. Istilah ini memang memiliki beragam makna yang digunakan dalam berbagai bidang. Namun, inti dari maknanya tetap sama.

Treatment adalah istilah yang dipakai di berbagai bidang. Jadi, kamu perlu memaknai istilah treatment ini sesuai dengan konteksnya atau bidang yang sedang dibicarakan. Treatment merujuk pada perlakuan terhadap sesuatu.

Istilah treatment mungkin sering kali terdengar dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Hal ini merujuk pada kata perawatan, di mana seseorang melakukan tindakan perawatan terhadap tubuhnya atau penyakitnya. Hal ini juga dapat dibahas dalam pengembangan naskah dalam bidang tulis-menulis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/11/2021) tentang treatment adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Treatment adalah

Treatment adalah istilah bahasa Inggris yang memiliki arti perlakuan, pengobatan, perawatan, hingga pelayanan. Bila dilihat dari setiap artinya, treament adalah istilah yang berkaitan dengan suatu tindakan terhadap seseorang.

Treatment adalah perlakuan berarti perbuatan yang dikenakan terhadap sesuatu atau orang. Treatment adalah pengobatan biasanya digunakan dalam bidang medis, dikenal juga dengan medical treatment atau pengobatan medis. Treatment adalah perawatan biasanya digunakan dalam bidang kecantikan.

Makna treatment adalah suatu proses untuk menjadi lebih baik. Selain itu, definisi treatment adalah suatu proses untuk mengatasi masalah walaupun masalah tersebut kadang dapat diatasi dengan baik dan kadang juga tidak dapat diatasi.

Selain itu, dalam penulisan, pengertian treatment adalah sebuah naskah skenario yang sudah matang atau lengkap, yang berisi adegan-adegan dalam film dramatik.

3 dari 3 halaman

Istilah-Istilah Treatment di Klinik Kecantikan

Treatment atau perawatan di klinik kecantikan biasanya akan ditangani oleh dokter spesialis kulit. Pengunaan istilah treatment memang sering kali merujuk pada perawatan kecantikan di Indonesia. Ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui saat mengunjungi klinik kecantikan, hal ini berhubungan dengan treatment yang akan kamu lakukan terhadap masalahmu.

Dilansir dari Fimela, berikut beberapa istilah treatment atau perawatan di klinik kecantikan yang perlu kamu ketahui:

Chemical Peeling

Bagi kulit berjerawat, biasanya chemical peeling adalah treatment atau perawatan yang akan ditawarkan pertama kali. Chemical peeling ini hanya boleh dilakukan oleh dokter di klinik kecantikkan. Chemical peeling adalah perawatan dengan mengoleskan cairan obat, yang membantu menyembuhkan jerawat sampai kering.

Intense Pulse Light Acne

Intense Pulse Light Acne atau yang biasa disebut dengan IPL jerawat, merupakan perawatan wajah menggunakan cahaya lampu xenon. IPL ini memiliki fungsi untuk mengeringkan jerawat, membunuh bakteri sampai lapisan kulit terdalam, memperbaiki jaringan kulit, dan menghilangkan bekas jerawat.

Banyak orang beranggapan bahwa perawatan IPL ini sama dengan perawatan laser. Namun kedua perawatan itu sangatlah berbeda. Perawatan IPL jerawat ini menggunakan gelombang cahaya untuk menyembuhkan area kulit yang besar. Kalau laser, hanya fokus pada 1 titik saja.

Platelet Rich Plasma

Platelet Rich Plasma atau PRP Acne adalah perawatan wajah menggunakan darah. PRP ini sering disebut dengan Vampire Treatment. Darah pasien akan diambil dan dijadikan plasma. Plasma darah dipercaya dapat membantu menyembuhkan jerawat dan peremajaan kulit.

Perawatan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Dokter akan mengambil darah pasien, kemudian darah tersebut diolah secara steril, lalu plasma darah akan disuntikkan ke kulit wajah pasien. Selain membantu menyembuhkan jerawat, perawatan ini bisa membantu pertumbuhan rambut.

Mesotherapy Acne

Mesotherapy Acne adalah perawatan dengan cara memasukkan serum jerawat ke bagian kulit. Serum ini mengandung vitamin dan mineral alami, yang dimasukkan ke kulit dengan bantuan sinar LED. Perawatan mesotherapy acne tidak menimbulkan rasa sakit. Selain bisa menyembuhkan jerawat, perawatan ini juga bisa membantu menghambat penuaan dini pada kulit.

Oxy Facial Acne

Oxy Facial Acne merupakan perawatan kulit berjerawat dengan serum oksigen. Selain menyembuhkan jerawat, perawatan oxy facial ini mampu membersihkan pori-pori wajah dari kotoran. Hasil dari perawatan oxy facial akan membuat kulit lebih lembap, memperlancar sirkulasi darah di kulit wajah, dan mencegah radikal bebas.

Oxy facial acne hanya boleh dilakukan bagi Sahabat Fimela yang sudah berusia 18tahun ke atas. Biasanya dokter akan menyemprotkan oksigen dengan alat bernama jet spray. Alat ini akan menyemprotkan beberapa kandungan serum oksigen yaitu hyaluronic acid, antioksidan dan peptine.

Acne Injection

Acne injection adalah perawatan kulit berjerawat dengan melakukan penyuntikkan langsung di jerawat. Injeksi jerawat ini bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat papula, jerawat nodul, dan jerawat kista. Injeksi jerawat ini mengandung obat kortikosteroid. Kandungan ini akan membuat jerawat cepat kempes, namun tidak menimbulkan bekas jerawat. Injeksi jerawat hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit, karena memerlukan prosedur penyuntikan dengan penentuan dosis obat. Dosis obat yang diberikan harus sesuai dengan kondisi jerawat pasien.

Injeksi jerawat hanya boleh dilakukan pada pasien yang berumur 18 tahun ke atas, tidak boleh dilakukan pada wanita hamil, tidak boleh dilakukan pada orang yang alergi obat, dan tidak boleh dilakukan pada pasien yang memiliki sakit tertentu. Injeksi jerawat bukanlah cara untuk menghentikan jerawat pada kulit. Namun hanya untuk mengatasi peradangan pada kulit jerawat. Perawatan ini tidak dibolehkan dilakukan secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.