Sukses

Sertifikat Vaksinasi Bermasalah, Kemenkes Luncurkan Chatbot WhatsApp PeduliLindungi

Sekarang ini, bagi kamu yang ingin menyampaikan aduan terkait sertifikat dan status vaksinasi bisa menggunakan chatbot WhatsApp ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang sering kali mengalami masalah terkait sertifikat vaksinasi, status vaksinasi, dan info diri yang kurang tepat di PeduliLindungi, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sekarang ini sudah tersedia chatbot WhatsApp PeduliLindungi.

Hal ini lebih memudahkan daripada menyampaikan aduan ke email ataupun call center PeduliLindungi. Seperti yang diketahui, sebelum adanya chatbot WhatsApp ini,  kamu hanya bisa mengirimkan aduan ke email sertifikat@pedulilindungi.id atau Call Center 119 ext. 9 saja.

Sekarang ini, bagi kamu yang ingin menyampaikan aduan terkait sertifikat dan status vaksinasi bisa menggunakan chatbot WhatsApp ini. Ada berbagai menu yang bisa kamu pilih pada chatbot ini yang mempermudah segala urusan yang berkaitan dengan masalah pada PeduliLindungi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/11/2021) tentang Chatbot WhatsApp PeduliLindungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp PeduliLindungi

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kembali meningkatkan kualitas pelayanan dari aplikasi PeduliLindungi. Kali ini terkait dengan kemudahan aduan atau keluhan terkait sertifikat vaksin yang tak kunjung muncul. Fitur dan layanan terbaru ini yaitu chatbot WhatsApp yang memungkinkan kamu bisa dengan cepat mendapatkan solusi permasalahan terkait sertifikat hingga status vaksinasi ini.

Untuk mengakses layanan chatbot WhatsApp PeduliLindungi, setiap orang bisa menghubungi WhatsApp Kemenkes RI di nomor 081110500567. Setelah itu, untuk keamanan data, kamu akan diminta terlebih dulu memasukkan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi beserta kode OTP.

Kemudian, akan ditampilkan menu Download Sertifikat, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Agar tidak salah, chatbot resmi dari Kemenkes RI yang bisa diakses selama 24 jam ini, memiliki tanda centang berwarna hijau di bagian namanya. 

3 dari 3 halaman

Layanan yang Aman dan Dapat Diakses 24 Jam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tiga menu utama Chatbot WhatsApp ini merupakan masalah yang sering dialami oleh masyarakat dalam mengakses PeduliLindungi. Ketiga menu tersebut adalah Download Sertifikat, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri.

Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat dan terkendala untuk mengaksesnya di aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat. Selain itu, pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi.

Sementara itu, menu Ubah Info Diri diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin agar sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.

Kelebihan fitur chatbot WhatsApp ini tentunya adalah respons yang lebih cepat terhadap aduan masyarakat. Apalagi jika dibandingkan dengan penggunaan email dan call center sebelumnya. Selain itu, kamu bisa mengakses layanan ini 24 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.