Sukses

Kasus Aktif di DIY Naik, Pemkot: Perkuat Prokes Cegah Penularan Covid-19

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Kota Yogyakarta diharapkan menjadi momentum memperkuat penerapan protokol kesehatan (prokes) masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyebut kasus aktif Covid-19 di Kota Yogyakarta per Kamis (11/11/2021) sekitar 40 orang yang dirawat di rumah sakit maupun isolasi. Jumlah itu sudah mendekati kasus pada Juni 2020 di Kota Yogyakarta sebelum ada lonjakan.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Kota Yogyakarta diharapkan menjadi momentum memperkuat penerapan protokol kesehatan (prokes) masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Menurut Heroe peringatan HKN saat pandemi Covid-19 dimaknai dengan mengajak masyarakat dapat terus menjaga dan mempertahankan kasus Covid-19 yang sudah mereda dan kondusif.

“Dengan HKN harapannya bisa terus menekan Covid-19. Maka ketika kasus sudah mereda, semoga ini menjadi kewajiban kita semua untuk mengkondisikan masyarakat agar protokol kesehatan menjadi andalan dalam menjalankan semua aktivitas,” kata Heroe saat Peringatan HKN-57 Kota Yogyakarta, di Hotel Pandanaran, Jumat (12/11/2021).

Pihaknya mengajak masyarakat agar tak lengah dalam mencegah penularan Covid-19. Upaya menekan penyebaran penularan di masyarakat dengan tracing tracking dan treatment terus dilakukan. Oleh karena itu Heroe berharap kontak erat diperkuat supaya cepat mengisolasi warga yang terpapar dan melakukan blocking wilayah.

Heroe menyatakan ada langkah yang harus dilakukan agar kondisi kasus bisa terkendali yakni dengan perluasan program dan masyarakat semakin sadar terhadap prokes.

“Gerakan masyarakat sehat harus menjadi bagian dari bagaimana kita betul-betul mengantisipasi dan memitigasi agar sebaran Covid-19 dan penyakit- penyakit lain seperti TB, DB dan stunting,” paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.