Sukses

Tinggalkan Dunia Musik, Ini 6 Potret Eca Sukma Vokalis Band Ecapede yang Kini Jadi Tabib

Eca Sukma sempat menjadi vokalis band Ecapede, dengan lagu hitsnya Jamilah Jamidong.

Liputan6.com, Jakarta Eca Sukma, sempat menjadi vokalis band Ecapede yang lagunya hits pada tahun 2008-2019, seperti Jamilah Jamidong, Cumi, Top Markotop, Pejuang Sejati, Pahlawan Hidupku, dan masih banyak lagi. Lama tak terdengar kabarnya, adik artis Peggy Melati Sukma ini rupanya sudah tidak aktif bermain musik. Ia kini banting setir dalam dunia kesehatan pengobatan alternatif. 

Eca Sukma memiliki balai pengobatan alternatif yang dinamakan Rumah Sehat Rauuf dimana Eca menjadi Tabib sekaligus ownernya, serta menjadi Master Guru untuk para praktisi kesehatan yang belajar ilmu totok telur. Awal mula dirinya tertarik menjadi Tabib justru karena almarhum sang ayah.

Melansir KapanLagi.com, Eca menceritakan saat almarhum ayahnya sakit terdiagnosa kanker ganas dan stroke, ia meninggalkan dunia seni dan juga entrepreneur untuk fokus menjaga sang ayah. Sampai suatu hari ayahnya mengatakan ingin diobati oleh Eca. Saat itu, ia sempat bingung karena tak memiliki kemampuan untuk mengobati.

Demi menuruti keinginan sang ayah, Eca kemudian mempelajari berbagai metode pengobatan alternatif. Hingga dirinya memiliki gelar non akademik hipnoterapi. Seperti apa potretnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @eca_ecapede, 6 potret seleb Eca Sukma vokalis band Ecapede yang kini beralih jadi Tabib, Minggu (14/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dalam pengobatan alternatifnya, Eca Sukma menggunakan telur ayam sebagai media terapi untuk mengobati segala penyakit.

3 dari 7 halaman

2. Pemilik nama asli Reza Novembri Pahlevi ini menegaskan jika pengobatannya bukan pengobatan klenik. Telur hanya sebagai media seperti halnya kayu yang digunakan untuk memijat.

4 dari 7 halaman

3. Saat Eca mempraktikkan apa yang telah ia pelajari kepada ayahnya, sang ayah bertahan hingga satu setengah tahun dari prediksi dokter yang memvonis umur sang ayah tinggal tiga bulan.

5 dari 7 halaman

4. Setelah membantu sang ayah, adik kandung Peggy Melati Sukma ini lalu mulai membuka praktik untuk membantu orang lain.

6 dari 7 halaman

5. Eca yang kini dijuluki Master Totok Telur itu merupakan lulusan S1 Kriminologi dan S2 Hubungan Internasional di Universitas Indonesia.

7 dari 7 halaman

6. Selain mengobati, Eca kini juga aktif mengajar dan sebagai pembicara seputar pengobatan alternatif serta kesehatan dari sisi penyakit medis maupun psikis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.