Sukses

12 Ciri-Ciri Hamil 1 Minggu Tanpa Mual, Amati dari Flek

Ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual umumnya dialami oleh wanita yang tubuhnya bisa mengelola peningkatan hormon kehamilan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan muda bisa terjadi tanpa mual atau morning sickness. Ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual umumnya dialami oleh wanita yang tubuhnya bisa mengelola peningkatan hormon kehamilan seperti Human Chorionic Gonadotropin (HCG) dengan baik.

Hormon kehamilan seperti HCG umumnya akan meningkat di setiap minggu kehamilan dan membuat pencernaan ibu hamil bergejolak. Gejolak yang terjadi juga mungkin membuat ibu seperti sedang mengalami GERD atau asam lambung hingga Heartburn.

Nah, ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual yang patut diwaspadai adalah telat datang bulan, payudara bengkak, mood swing, sakit pinggang, perdarahan, flek, kelelahan, sembelit, sakit kepala, hingga keputihan. Bagaimana ciri khasnya?

Berikut Liputan6.com ulas ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual dan penjelasannya, Selasa (16/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Hamil 1 Minggu Tanpa Mual

1. Payudara Bengkak dan Sensitif

Ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual yang umum terjadi adalah payudara bengkak dan sensitif. Payudara tampak bengkak, sekaligus sensitif dan nyeri saat disentuh. Namun, gejala ini tidak selalu muncul sebagai ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual. Begitu pula perhatikan payudara bengkak dan sensitif bisa dipengaruhi masalah kesehatan lain.

2. Mood Swing

Ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual yang tidak banyak wanita sadari adalah mood swing. Mood ibu yang sedang hamil muda rentan tidak stabil dan mudah berubah-ubah.

Mengenai ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan ibu gelisah dan mudah marah. Paling sering terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil.

3. Sakit Pinggang Bagian Bawah

Mengalami sakit pinggang bagian bawah merupakan ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual. Ibu hamil mungkin ada yang tiba-tiba merasakan sakit pinggang bawah, lalu berlanjut selama kehamilan. Sakit yang dirasakan sebagai ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual terjadi karena penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh bayi dalam kandungan.

4. Perdarahan

Perdarahan yang menjadi ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual terjadi sebagai tanda embrio yang menempel di dinding rahim. Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika perdarahan berwarna merah terang atau merah mudah disertai munculnya keputihan yang menyerupai gumpalan darah. Apalagi jika disertai dengan rasa kram yang menyiksa, ini bisa tanda keguguran.

15. Telat Datang Bulan

Ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual selanjutnya, telat datang bulan. Ciri kehamilan ini sangat mudah dikenali. Wanita kemungkinan akan melewatkan menstuasinya empat minggu setelah pembuahan terjadi.

Setelah implantasi, biasanya tubuh akan memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan.

6. Kelelahan

Mengalami kelelahan setelah telat datang bulan, ini patut dicurigai sebagai ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual. Perubahan kadar hormon progesteronlah yang menjadi penyebab tubuh lelah dan mengantuk sepanjang waktu.

Lelah dan mengantuk adalah ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual yang akan bertahan selama trimester pertama. Tubuh biasanya mulai memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin, yang meningkatkan kelelahan.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Hamil 1 Minggu Tanpa Mual Selanjutnya

7. Pusing

Pusing atau sakit kepala adalah ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual yang dipengaruhi pembuluh darah membesar. Masalah pembuluh darah ini yang menjadi penyebab menurunnya tekanan darah dan menimbulkan rasa pusing. Ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual ini berlangsung selama trimester pertama dan secara bertahap menurun pada fase berikutnya.

8. Sembelit

Ibu hamil sangat berisiko mengalami pergerakan usus yang mengeras karena lonjakan hormon progesteron dan mengurangi kecepatan makanan melewati sistem pencernaan. Kondisi sembelit yang disertai telat datang bulan patut dicurigai sebagai ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual. Lakukan tes kehamilan untuk memastikan kondisi kehamilan 1 minggu tersebut.

9. Haus Berlebihan

Ibu hamil akan mengalami peningkatan volume darah. Kondisi ini yang menjadikannya merasa haus secara berlebihan. Ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual ini umumnya akan dibarengi dengan perasaan selalu merasa lapar karena ada peningkatan hormon selama kehamilan.

10. Muncul Jerawat

Kemunculan jerawat atau flek umumnya terjadi selama fase pramenstruasi dan karena meningkatnya kadar hormon setelah terjadinya pembuahan. Meski demikian, kemunculan jerawat juga patut dicurigai sebagai ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual karena pengaruh hormon kehamilan.

11. Keputihan

Keputihan merupakan ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual yang wajib diperhitungkan betul. Keputihan pada wanita berfungsi menjaga sistem reproduksi agar tetap bersih dan bebas infeksi. Meski demikian, waspadai jika keputihan berjumlah banyak, berwarna kuning atau hijau, berbau tidak sedap, dan disertai dengan rasa nyeri.

12. Muncul Flek

Adanya kemunculan flek patut diwaspadai sebagai ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual. Flek cokelat bisa menjadi ciri-ciri hamil 1 minggu tanpa mual setelah berhubungan. Umumnya di awal kehamilan, wanita mengalami flek karena ada perdarahan implantasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.