Sukses

15 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli, Pahami Fungsi dan Manfaatnya

Para ahli dalam bidang ini sepakat, pengertian komputer adalah bentuk mesin serbaguna yang dapat diprogram sedemikian rupa.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian komputer secara umum adalah alat elektronik dengan banyak fungsi yang dapat memuaskan penggunanya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian komputer adalah dapat digunakan menghitung atau mengolah data menurut instruksi, memberikan hasil, dan menjalankan sistem multimedia.

Istilah "komputer" berasal dari bahasa Latin "computare" yang artinya menghitung. Hal ini menjadikan pengertian komputer adalah perangkat elektronik yang dapat diprogram yang menerima data mentah sebagai input dan memprosesnya dengan sekumpulan instruksi untuk menghasilkan output dalam bentuk hasil hitungan.

Para ahli dalam bidang ini sepakat, pengertian komputer adalah bentuk mesin serbaguna yang dapat diprogram sedemikian rupa. Secara otomatis, perangkat komputer dapat menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output sesuai perintah penggunanya. Perangkat komputer adalah ahlinya melakukan perhitungan dan melakukan manipulasi data yang tak biasa.

Berikut Liputan6.com ulas tentang pengertian komputer menurut para ahli, fungsi, dan manfaatnya, Rabu (17/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

1. Robert H. Blissmer

Pengertian komputer adalah bagian dari alat elektronik dengan kemampuan mampu menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. William M. Fuori

Pengertian komputer adalah alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan tidak ada campur tangan manusia.

3. Williams dan Sawyer

Pengertian komputer adalah salah satu bentuk mesin serbaguna yang dapat diprogram. Komputer adalah bisa menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasi data ke dalam informasi yang dapat digunakan.

4. Donald H. Sanderes

Pengertian komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan mampu memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis.

Komputer bisa menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di dalam penyimpannya (stored program).

5. V.C. Hamacher dkk.

Pengertian komputer adalah dijuluki sebagai mesin penghitung elektronik yang memiliki kemampuan menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi dengan cepat.

6. Elias M. Awad

Pengertian komputer adalah alat hitung yang dapat digunakan untuk memproses data dalam bentuk data digital serta data analog.

7. Larry Long & Nancy Long

Pengertian komputer adalah alat hitung elektronik yang memiliki kemampuan menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logic.

8. American Standart Institute

Pengertian komputer adalah pemroses data (data processor) yang bisa digunakan untuk perhitungan lebih besar dan bisa diselesaikan dalam waktu cepat.

Hal ini termasuk dalam perhitungan aritmatika yang besar maupun operasi logika tanpa ada campur tangan dari manusia dalam mengoperasikannya selama pemrosesan.

3 dari 4 halaman

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Selanjutnya

9. Jhon J. Longkutoy

Pengertian komputer adalah alat maupun mesin pemecah persoalan, serta sebuah mesin dan alat pengolah data yang bisa diandalkan untuk menghasilkan suatu informasi yang diinginkan bagi penggunanya.

10. Wimatra dkk (2008)

Pengertian komputer adalah sistem perangkat elektronik yang diciptakan dengan tujuan mampu melakukan proses pengolahan data, kemudian bisa menghasilkan suatu informasi yang berguna.

11. Oxford English Dictionary (OED2)

Pengertian komputer adalah suatu perangkat yang dapat dipakai untuk menghitung maupun untuk mengendalikan operasi-operasi dalam bentuk numerik atau logika.

12. Dinus

Pengertian komputer adalah sekelompok mesin elektronik yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komponen yang bisa saling bekerja sama, dan membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.

13. Arif Susanto (2009)

Pengertian komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri dari alat input, alat yang mengolah input (proccess), serta alat output dengan memberikan informasi dan bekerja secara otomatis.

14. Gordon B. Davis

Pengertian komputer adalah dalam Introduction to The Computer, Davis menyebutkan pengertian komputer sebagai suatu tipe khusus dari alat penghitung uang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

15. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut instruksi, dan memberikan hasil pengolahan, serta menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

4 dari 4 halaman

Fungsi, Manfaat, dan Jenis Komputer

1. Fungsi Perangkat Komputer

- Data Input (Data Entry)

Fungsi ini yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Data yang diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse dari komputer lain atau peralatan lainnya.

- Pengolahan Data

Fungsi komputer yang paling utama adalah melakukan pemrosesan. Berbagai macam data dan informasi adalah data yang diproses oleh komputer. Data yang diproses akan menghasilkan output yaitu berupa informasi. Contohnya seperti teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

- Penyimpanan Data

Fungsi data storage adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Fungsi komputer ini memudahkan pengguna untuk menemukan data dan akan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

- Keluaran Data

Data yang telah diproses dalam komputer, hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya dengan berbagai tujuan. Contoh dari data output yaitu sebagai file audio, hard copy ke kertas, dicetak sebagai 3D model dan lain-lain.

2. Manfaat Perangkat Komputer

- Memudahkan Pekerjaan

Dalam dunia kerja, komputer dirasa mampu membantu menyelesaikan segala urusan. Beberapa manfaat komputer yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan komputer ini adalah bisa mengolah data, mempercepat pekerjaan, berkirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga berkomunikasi dengan orang penting yang berhubungan dengan perusahaan.

- Penunjang Pendidikan

Komputer dalam dunia pendidikan bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan materi pelajaran. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi, dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

- Berbisnis

Untuk mendapatkan manfaat komputer dengan berbisnis ini, kamu bisa melakukannya dengan membuka rental komputer, warnet, kursus komputer, video editing, percetakan, programmer, dan lain sebagainya. Mengikuti perkembangan zaman seperti saat ini, bisa dilihat juga perkembangan usaha atau bisnis seperti jual beli online yang dimana juga menggunakan komputer.

- Media Hiburan

Banyak sekali jenis hiburan yang bisa didapatkan dari komputer. Misalnya saja dengan menonton film, bermain game, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Ditambah semakin pesatnya perkembangan internet, membuat hadirnya banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.

3. Jenis-Jenis Perangkat Komputer

- Komputer desktop

Banyak orang menggunakan komputer desktop di kantor, rumah, dan sekolah. Komputer desktop dirancang untuk diletakkan di atas meja, dan biasanya terdiri dari beberapa bagian yang berbeda, termasuk casing komputer, monitor, keyboard, dan mouse.

- Komputer laptop

Jenis komputer kedua yang mungkin kamu kenal adalah komputer laptop yang biasa disebut laptop. Laptop adalah komputer bertenaga baterai yang lebih portabel daripada desktop, memungkinkanmu menggunakannya hampir di mana saja.

- Komputer tablet

Komputer tablet —atau tablet —adalah komputer genggam yang bahkan lebih portabel daripada laptop. Alih-alih keyboard dan mouse, tablet menggunakan layar sensitif sentuhan untuk mengetik dan navigasi. The iPad adalah contoh dari sebuah tablet.

- Server

Sebuah Server adalah sebuah komputer yang menyajikan informasi ke komputer lain di jaringan. Misalnya, setiap kali kamu menggunakan Internet, kamu melihat sesuatu yang disimpan di server. Banyak bisnis juga menggunakan server file lokal untuk menyimpan dan berbagi file secara internal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.