Sukses

6 Fakta Ari Lasso Idap Kanker Langka, Kini Tengah Jalani Kemoterapi

Ari Lasso sudah jalani kemoterapi ketiga.

Liputan6.com, Jakarta Ari Lasso diketahui mengidap kanker limfoma langka. Kini, Ari Lasso tengah jalani kemoterapi ketiga dan sudah gundul karena efek kemoterapi.

“Memberanikan diri posting. Sudah chemo ke 3, sudah separuh jalan, bisa menjalani tentu karena penyertaan TUHAN dan doa serta suport kalian smua. ❤️ Ya, sy sudah gundul sperti @ahmaddhaniofficial @mastercorbuzier @duniamanji, tapi saya yakin msh bisa tumbuh n gondrong lagi.” Tulis Ari Lasso di laman Instagramnya (16/11/2021).

Kabar perihal Ari Lasso sakit bermula saat penyanyi berusia 48 tahun ini unggah potret dirinya duduk di atas ranjang di Rumah Sakit Ramsay Premier Bintaro pada Kamis (19/8/2021). Setelah itu, pelantun tembang Rahasia Ilahi ini unggah kondisi pasca operasi.

Melalui kanal YouTubenya dan lewat video podcast Deddy Corbuzier, Ari Lasso menjelaskan tentang penyakit yang kini diidapnya. Meski tengah sakit, semangat dan perjuangan Ari Lasso untuk sembuh banjir pujian dan doa dari warganet dan sederet rekan selebriti terus tercurahkan untuk Ari Lasso.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta Ari Lasso idap penyakit kanker langka, Rabu (17/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Cerita Ari Lasso

Setelah jalani operasi pengangatan tumor perut, Ari Lasso bagikan cerita perihal penyakit yang diidapnya lewat kanal YouTube pribadinya. Ari Lasso menceritakan bahwa penyakitnya diawali dari rasa sakit pada perut yang tidak biasa. Rasa sakit itu semakin menjadi pada 4 Agustus 2021 hingga dibawa ke rumah sakit.

"Akhirnya aku dianterin sama anak yang paling tua ke rumah sakit ke UGD di rumah sakit Bintaro dan diberi obat anti rasa sakit dengan diagnosis aku ngomongnya sih asam lambung. Setelah itu sakit berkurang, sorenya di USG, jadi syuting hari itu batal begitu saja," papar mantan vokalis Dewa 19 ini dalam video yang dunggah Senin (6/9/2021).

Setelah melakukan sejumlah pemeriksaan, hasil USG menunjukkan ada yang tidak beres dengan organ dalam tubuhnya. Dokter mencurigai ada tumor.

"Hasil USG inilah yang mengubah bulan Agustus ini menjadi bulan yang tidak terbayangkan selama seumur hidup sebagai manusia, Ari Lasso sebagai tubuh yang mempunyai organ yang harus sehat," tuturnya.

3 dari 7 halaman

2. Idap Kanker Langka

Lebih lanjut Ari Lasso menjelaskan tentang penyakit yang diidapnya. Penyanyi kelahiran 1973 ini pun detail menjelaskan secara rinci istilah medisnya.

"Ada sebuah massa padat atau tumor, sel yang tumbuh di luar kewajaran di dalam limpa. Esoknya dilakukan lagi CT Scan abdomen, jadi aku puasa, dimasukin obat-obatan kontras, kemudian minuman kontras juga," tuturnya.

"Secara kedokteran namanya primary spleen jadi limpa primer, tumor pada lipa primer. Ini cukup langka karena biasanya limpa itu benjol, atau tumor karena kelainan darah atau kelainan kelenjar getah bening di ketiak ya, orang sering pingsan," Lanjutnya.

Ari Lasso juga menjelaskan bahwa penyakit yang diidapnya merupakan penyakit yang cukup langka dan sangat jarang.

"Nah kalau aku langsung di limpanya, kasusnya cukup langka sangat jarang, dua di antara orang-orang yang bermasalah [sic] dengan kelenjar getah bening yang ngalami kayak aku cuma dua," ujarnya.

4 dari 7 halaman

3. Jalani Operasi

Penyanyi Ari Lasso (48) didiagnosis mengidap kanker limfoma langka. Dalam istilah medis ia mengalami penyakit diffuse large B-cell lymphoma (DLBCL). Ari Lasso pun dijadwalkan menjalani operasi pada 20 Agustus 2021. Dia menjelaskan teknik pembedahannya, apakah dengan laparoskopi (operasi dengan minim sayatan untuk memasukkan alat), atau dengan metode bedah terbuka.

"Sampai pada akhirnya diputuskan lakukan operasi pengambilan, ada beberapa skenario yaitu pakai, laparoskopi diambil tumornya saja, kemudian laparoskopi diambil sama limpanya. Atau apabila terjadi hal di luar kontrol terpaksa dilakukan pembedahan total," tuturnya.

5 dari 7 halaman

4. Jalani PET Scan Pasca Operasi

Melalui laman Instagramnya, Ari Lasso unggah kondisi dirinya pasca operasi yang pada saat itu sudah kian membaik. Setelah operasi, pada Senin (13/9/2021) pelantun tembang Bayang-Bayang ini kemudian menjalani PET scan atau Tomografi Emisi Positron (PET) scan. PET scan yaitu pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mendeteksi suatu penyakit tertentu di dalam tubuh dengan melihat fungsi jaringan atau organ.

“Kmaren PET Scan, dan Puji Tuhan hasilnya bagus. Makasih semua ya doa2 nya.. Thanks GOD 🙌🏼❤️.” Tulis Ari Lasso (14/9/2021).

6 dari 7 halaman

5. Semangat Untuk Sembuh

Setelah menjalani operasi, sang penyanyi memberanikan diri untuk menjelaskan perihal penyakitnya di vlog podcast Deddy Corbuzier. Melanjutkan klarifikasi soal penyakitnya, Ari Lasso langsung meminta agar Deddy Corbuzier dan semua masyarakat tak berbelas kasihan kepadanya atas kondisi kesehatannya.

"Jangan kasihani gue, tapi jangan menertawakan juga," tegas Ari Lasso.

"Jadi gua kena kanker sangat langka," sambungnya.

7 dari 7 halaman

6. Sudah Kemoterapi Ketiga

Pada (16/9/2021) Ari Lasso unggah potret terbaru dirinya yang kini sudah botak karena efek kemoterapi. Melalui laman Instagramnya, Ari Lasso menuliskan bahwa dirinya kini sudah jalani kemoterapi ketiga. Ari Lasso pun ungkapkan terima kasih atas doa dan dukungan dari sahabatnya.

“Memberanikan diri posting. Sudah chemo ke 3, sudah separuh jalan, bisa menjalani tentu karena penyertaan TUHAN dan doa serta suport kalian smua. ❤️ Ya, sy sudah gundul sperti @ahmaddhaniofficial @mastercorbuzier @duniamanji, tapi saya yakin msh bisa tumbuh n gondrong lagi. Trimakasih doanya teman2 love u full !!! Tuhan membalas ❤️🙏🏼.” Tulis Ari Lasso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.