Sukses

Pengertian Tangga Nada dan Jenisnya, Penting saat Belajar Musik

Tangga nada adalah urutan nada yang berurutan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian tangga nada penting diketahui saat mempelajari musik. Tangga nada adalah urutan nada yang berurutan. do, re, mi, fa, sol, la, si, do adalah contoh dari tangga nada.

Pengertian tangga nada menjadi dasar pengetahuan dalam musik. Memahami pengertian tangga nada memberi lebih banyak gagasan tentang nada apa yang benar-benar dimainkan pada urutan akord tertentu. Dalam teori musik, pengertian tangga nada adalah salah satu hal terpenting yang dipelajari.

Pengertian tangga nada mencakup jumlah nada, urutan, dan ciri khasnya. Pengertian tangga nada adalah satu set nada dari mana dapat membangun melodi dan harmoni. Tangga nada menciptakan berbagai suasana hati, atmosfer, dan rasa nada yang khas.

Berikut pengertian tangga nada dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (17/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian tangga nada

Pengertian tangga nada adalah setiap urutan dari notasi, nada atau interval yang membagi oktaf. Tangga nada adalah rangkaian notasi musik yang diurutkan berdasarkan pitch atau frekuensi dasar. Pengertian tangga nada secara dasar adalah seperangkat nada musik yang disusun secara berurutan.

Tangga nada mewakili pembagian ruang oktaf. Meskipun jumlah tangga nada berbeda yang dapat dirumuskan secara teoritis hampir tak terbatas, tangga nada tertentu cenderung menjadi konvensional dalam budaya atau tradisi musik tertentu.

Sebuah tangga nada adalah sekelompok notasi yang diatur oleh naik atau menurun dari pitch. Dalam tangga nada menaik, setiap nada lebih tinggi nadanya daripada nada terakhir, dan dalam tangga nada menurun, nada tiap nada lebih rendah daripada nada terakhir.

Tangga nada musik adalah kelompok nada (12 nada per tangga nada) yang terdengar menyenangkan ketika dimainkan di dalam atau di luar urutan, naik atau turun. Mempelajari tangga nada akan sangat meningkatkan penulisan lagu dan kemampuan untuk mempelajari musik baru.

3 dari 8 halaman

Jenis tangga nada

Ada banyak tangga nada yang sama banyaknya dengan budaya di seluruh dunia. Tangga nada sebuah karya musik dapat menjadi ciri khas dari sistem nada suatu budaya secara keseluruhan.

Secara umum, tangga nada paling sederhana dapat ditemukan dalam musik yang sangat tua dan dalam musik budaya yang tidak melek huruf. Sedangkan tangga nada yang paling kompleks terjadi pada budaya paling maju di dunia.

4 dari 8 halaman

Jenis tangga nada

Tangga nada kromatis

Tangga nada kromatis yaitu tangga nada yang menggunakan 12 macam nada dan semuanya berjarak 1/2. Tangga nada kromatis merupakan kumpulan dari semua nada dalam musik. Setiap nada dalam tangga nada kromatik adalah interval setengah langkah (semiton) terpisah dari nada lainnya.

Tangga nada Oktatonis

Tangga nada Oktatonis adalah tiap delapan notasi tangga nada musik. Pengertian tangga nada oktatonis berkaitan dengan atau menggunakan tangga nada delapan nada yang terdiri dari seminada dan nada keseluruhan yang bergantian. Tangga nada ini kadang-kadang digunakan dalam jazz.

5 dari 8 halaman

Jenis tangga nada

Tangga nada diatonis

Tangga nada diatonik memiliki tujuh not yang berbeda dalam satu oktaf. Untuk setiap oktaf ada lima langkah utuh dan dua setengah langkah. Dua setengah langkah dipisahkan oleh dua atau tiga langkah utuh. Not-not ini adalah not-not putih pada piano. Tujuh nada dari setiap tangga nada diatonis juga dapat diperoleh dengan menggunakan rantai enam perlima sempurna

Tangga nada Heksatonis

Tangga nada heksatonik, juga disebut tangga nada enam nada adalah tangga nada musik yang mengandung enam nada berbeda dalam satu oktaf. Tangga nada ini memberikan landasan teoretis dan praktis untuk pelatihan penyanyi selama akhir Abad Pertengahan dan Renaisans.

6 dari 8 halaman

Jenis tangga nada

Tangga nada hepatonik

Tangga nada hepatonik terdiri dari tujuh nada yang berbeda. Tangga nada heptatonik sangat menonjol dalam tradisi seni-musik dunia. Sistem nada India, Iran, dan Barat seluruhnya heptatonik. Tangga nada yang menyerupai mode abad pertengahan ditemukan di beberapa musik rakyat Eropa. Di Jawa, banyak bentuk tangga nada pelog termasuk hepatonik.

Tangga nada pentatonis

Skala pentatonik atau tangga nada pentatonik adalah suatu skala dalam musik dengan lima not per oktaf. Skala pentatonik biasanya digunakan sebagai dasar dalam memainkan jenis musik blues. Tangga nada pentatonis digunakan lebih luas daripada formasi tangga nada lainnya.

7 dari 8 halaman

Jenis tangga nada

Tangga nada Mayor

Salah satu jenis tangga nada yang lebih umum adalah tangga nada mayor. Tangga nada mayor ditentukan oleh kombinasi seminada dan nadanya. Tangga nada mayor adalah salah satu Tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not.

Tangga nada Minor

Dalam teori musik, tangga nada minor adalah tangga nada tujuh nada yang menampilkan tingkat skala ketiga minor (juga dikenal sebagai sepertiga datar). Bunyi tangga nada minor dapat membangkitkan kesedihan, kengerian, dan ketegangan. Akord minor dan musik kunci minor menggunakan nada dari tangga nada minor.

8 dari 8 halaman

Jenis tangga nada

Tangga nada modal

Tangga nada modal adalah aturan penamaan sebuah nada berdasarkan urutan dimana nada tersebut dimulai. Tangga nada modal terdiri dari Ionian, Dorian, Phrygian, Lydian, Mixolydian, Aeolian, dan Locrian.

Tangga nada penuh

Skala penuh merupakan tangga nada yang memiliki interval satu not penuh antar nada dalam komposisinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.