Sukses

Uji Coba Terima Penonton, Ini Ketentuan Terbaru Pelaksanaan Kompetisi Basket DBL saat PPKM

Ketentuan pelaksanaan kompetisi basket DBL ini tercantum dalam Inmendagri No.60 Tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi dan event olahraga sudah kembali bergulir selama penerapan PPKM Level di Jawa-Bali. Selain kompetisi sepak bola BRI Liga 1, kompetisi Developmental Basketball League (DBL) juga telah dilaksanakan di dua kota, yaitu Jakarta dan Surabaya.

Setelah kompetisi basket Honda DBL tersebut berhasil dilaksanakan di dua kota tersebut, kompetisi pun akan dilaksanakan di beberapa kota lainnya. Hal ini tentunya disesuaikan dengan aturan yang berlaku selama PPKM Level 1-3 diterapkan di Jawa-Bali. Seperti yang diketahui, PPKM kembali diperpanjang mulai tanggal 16 sampai dengan 29 November 2021.

Ketentuan pelaksanaan kompetisi basket DBL ini tercantum dalam Inmendagri No.60 Tahun 2021. Selain akan dilaksanakan di 5 kota, pada aturan kali ini juga akan dilakukan uji coba penerimaan penonton langsung di stadion.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Inmendagri No.60 Tahun 2021, Rabu (17/11/2021) tentang ketentuan terbaru pelaksanaan kompetisi basket DBL saat PPKM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibuka di Jakarta pada Bulan Oktober

Kompetisi Honda DBL musim 2021-2022 dibuka di Jakarta, tepatnya di GOR Cempaka Putih pada tanggal 7 Oktober 2021. Kompetisi basket ini akan dilangsungkan 7 Oktober sampai 23 Oktober 2021. Pelaksanaan Honda DBL mengalami banyak perubahan menyesuaikan kondisi saat ini yang masih pandemi Covid-19.

Protokol kesehatan ketat diberlakukan. Seluruh pertandingan Honda DBL seri Jakarta akan berlangsung tanpa penonton. Semua pelajar yang menjadi peserta wajib sudah divaksin Covid-19 dua kali. Setiap dua hari peserta juga menjalani swab test. Jumlah tim peserta juga dibatasi. Honda DBL Jakarta biasanya diikuti ratusan sekolah dari enam wilayah di ibukota. Kini peserta dibatasi menjadi hanya 50 tim saja.

Setelah di Jakarta, Honda DBL 2021-2022 juga telah dilaksanakan di Surabaya. Hal ini membuat kompetisi basket antar pelajar SMA ini dilanjutkan ke daerah-daerah lainnya. Sementara ini, kompetisi basket DBL dapat dilaksanakan di Surabaya, Bandung, Denpasar, Yogyakarta dan Tangerang.

3 dari 3 halaman

Ketentuan Terbaru Pelaksanaan Kompetisi Basket DBL selama PPKM

Kompetisi Developmental Basketball League (DBL) dapat dilaksanakan di Surabaya, Bandung, Denpasar, Yogyakarta dan Tangerang dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan Latihan.

2. Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh supporter juga tidak diperbolehkan.

3. Akan dilakukan uji coba pertandingan dengan menerima penonton langsung di stadion yang bertempat di Bandung pada pelaksanaan semifinal dan final, dengan ketentuan sebagai berikut:

- Hanya penonton dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi dan yang mendapatkan undangan yang boleh masuk di stadion.

- Jumlah penonton maksimal 122 orang.

4. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua dan hasil negatif PCR H-2.

5. Pelaksanaan kompetisi wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.