Sukses

Santer Kabar Hak Asuh Gala Sky Jatuh ke Tangan Keluarga Bibi Ardiansyah, Ini 3 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kepergian artis FTV Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah tentu masih menyisakan duka bagi keluarga. Setelah 2 minggu dari kecelakaan nahas di Tol Jombang, Jawa Timur yang menimpa pasangan tersebut, keluarga mulai fokus mengasuh Gala Sky Andriansyah.

Anak semata wayang dari Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah ini diketahui dirawat oleh keluarga Bibi sejak kecelakaan yang menimpanya. Bahkan kedekatannya dengan Fuji, adik Bibi, kerap dibagikan di media sosial. Namun tak jarang pula Gala diasuh bergantian dengan keluarga sang aktris.

Kini Gala Sky tinggal tanpa orang tua dan tak ingin terjadi kebimbangan, Doddy Sudrajat ayah Vanessa mengajukan hak asuh ke Pengadilan. Ia mengajukan permohonan itu bersama dengan ayah Bibi Andriansyah, Faisal.

Usai sama-sama ajukan ke pengadilan, berhembus kabar pihak Pengadilan Agama sudah memutuskan hak asuh balita berusia 1 tahun tersebut. Berikut faktanya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/11/2021).

2 dari 4 halaman

1. Putusan Hak Asuh Gala Sky Belum Keluar

Hak asuh Gala Sky Andriansyah, anak semata wayang Bibi Ardiansyah dan Vanessa Angel santer dikabarkan telah diputuskan pihak Pengadilan Agama Jakarta Barat. Menurut kabar tersebut, pengadilan memutuskan Faisal selaku ayah mendiang Bibi Ardiansyah sebagai wali dari cucunya, Gala Sky Andriansyah. 

Dikabarkan keputusan tersebut tertuang dalam putusan Pengadilan Agama Jakarta Barat dengan nomor perkara 482/Pdt.P/2021/PA.JB, tertanggal 15 November 2021. 

"Menetapkan PEMOHON (H Faisal bin H Bakar) adalah sebagai wali dari seorang anak yang bernama : Gala Sky Andriansyah bin Febri Andriansyah, lahir di Jakarta 14 Juli 2020,"

"Dan berhak melakukan perbuatan hukum bagi anak tersebut baik di dalam atau di luar Pengadilan."  keterangan tertulis isi putusan Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Namun, rupanya kabar ini hoaks. Pihak Pengadilan Agama Jakarta Barat menangkis hoaks ini. Permohonan keluarga Bibi belum rupanya diputuskan.

“Jadi belum ada keputusan karena tanggal 15 November, Haji Faisal, yaitu orangtua Bibi mengajukan permohonan perwalian atau hak asuh anak,” kata Humas Pengadilan Agama Jakarta Barat, Drs. H. Soleman, M.H.

“Nomor perkaranya 482 dan sidangnya nanti, sidang pertamanya tanggal 30 November, hari Selasa. Jadi belum ada putusan,” imbuhnya, kami lansir dari video interviu di kanal YouTube Cumicumi, Rabu (24/11/2021).

Artinya, proses permohonan perwalian atas Gala Sky Andriansyah yang bergulir di meja hijau baru dimulai.

“(Dalam surat itu, Faisal) mohon hak asuh anak yang bernama Gala ditetapkan kepada Faisal. Itu saja. Jadi belum ada putusan. Kita lihat nanti,” Soleman meluruskan.

3 dari 4 halaman

2. Sudah Berkomunikasi dengan Keluarga Vanessa Angel

Selain orangtua mendiang Bibi, ayah mendiang Vanessa Angel yakni Doddy Sudrajat juga sempat mengajukan hal yang sama. Hak asuh Gala kini sudah jelas, Faisal menegaskan tak akan pernah mengurangi peran keluarga Vanessa Angel untuk sama-sama mengurus balita yang lahir 14 Juli 2020 tersebut.

"Kalau diskusi sih ada dengan keluarga Bibi. Tapi kan memang yang namanya keluarga juga ingin merawat Gala, dari keluarga Bibi juga begitu," tuturnya.

4 dari 4 halaman

3. Domisili yang Berbeda

Sebelumnya kedua keluarga mendiang sama-sama mengajukan hak asuh Gala lantaran domisili yang berbeda. Keduanya juga bahkan mengajukan permohonan hak asuh di pengadilan yang berbeda.

"Tempatnya aja berbeda, Pak Faisal Jakarta Barat, daddy (mengajukan) ke Jakarta Pusat. Sama-sama mengajukan, ini kan terpisah, kesannya merebut. Tidak ada yang merebutkan, ini supaya ada kepastian hukum," tutur Doddy Sudrajat, dikutip dari KapanLagi oleh Liputan6.com, Jumat (19/11/2021).