Sukses

Aturan dan Pantangan Bagi Penonton World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika

Ada aturan dan pantangan khusus yang perlu diperhatikan penonton saat menyaksikan World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika

Liputan6.com, Jakarta Ajang balap motor World Superbike atau WSBK di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB digelar hari ini sampai 21 November 2021. Supaya penonton dapat menikmati balapan tersebut dengan aman dan nyaman, ada sejumlah regulasi yang wajib dipatuhi penonton saat menyaksikan event di sirkuit. 

Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah mengatakan, penonton yang masuk ke sirkuit harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Jika belum terdaftar, maka penonton harus menunjukkan hasil swab antigen dengan kurun waktu 1x24 jam atau PCR dengan kurun waktu 3x24 jam dengan hasil negatif Covid-19 dari rumah sakit atau klinik, serta menunjukkan sertifikat dua kali vaksin.

"Persyaratan menonton yang paling utama adalah wajib memiliki tiket. Apabila penonton belum terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes swab antigen atau PCR dari rumah sakit atau klinik serta sertifikat vaksin dengan prosedur yang dikirim ke email terdaftar," tutur Ricky, Rabu (17/11/2021).

Bagi anda yang akan menonton World Superbike 2021 perlu memperhatikan aturan dan pantangan selama menyaksikan di sirkuit Mandalika, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (19/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Menonton World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika

Ada beberapa aturan atau syarat bagi penonton yang perlu diperhatikan selama menyaksikan World Superbike 2021 di sirkuit Mandalika, diantaranya:

  1. Syarat menonton World Superbike, wajib membeli tiket melalui jalur resmi yang sudah ditentukan.
  2. Khusus bagi penonton usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki area sirkuit.
  3. Syarat menonton World Superbike, wajib sudah mendapatkan 2 dosis vaksinasi COVID-19 sebelum memasuki area sirkuit.
  4. Diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR atau tes Antigen sebagai syarat menonton World Superbike. Tes PCR berlaku maksimal 2x24 jam dan tes Antigen berlaku maksimal 1x24 jam.
  5. Syarat menonton World Superbike, mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan melakukan registrasi untuk checkin.
  6. Checkin sebagai syarat menonton World Superbike akan dilakukan dengan scan QR code pada aplikasi PeduliLindungi ketika memasuki area sirkuit.
  7. Penonton yang belum melakukan registrasi di PeduliLindungi, syarat menonton World Superbike adalah wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau Antigen asli dari Rumah Sakit atau Klinik.
  8. Syarat menonton World Superbike bagi Warga Negara Asing (WNA) wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 dan hasil negatif tes PCR atau Antigen sesuai dengan prosedur yang dikirim melalui email terdaftar. 

Persyaratan berikutnya, penonton wajib duduk di kursi Grand Stand/tribun penonton yang sesuai dengan kategori tiket yang dibeli, tidak masuk ke area-area yang dibatasi atau dilarang aksesnya, serta menjaga kebersihan di area sirkuit dan sekitarnya. Guna mengantisipasi cuaca terik atau hujan, penonton disarankan untuk membawa kaca mata hitam, tabir surya , topi, dan jas hujan.

3 dari 4 halaman

Pantangan bagi Penonton World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika

Selain persyaratan menonton yang telah dijelaskan di atas, ada juga pantangan yang perlu diperhatikan oleh penonton saat menyaksikan World Superbike 2021 di sirkuit Mandalika, diantaranya:

  1. Dilarang membawa payung.
  2. Dilarang membawa senjata atau benda tajam.
  3. Dilarang membawa drone.
  4. Dilarang membawa wadah kaca.
  5. Dilarang membawa tongkat selfie atau benda besi lainnya.
  6. Dilarang membawa benda atau cairan yang mudah terbakar.
  7. Dilarang membawa ransel atau tas besar.
  8. Dilarang membawa laser.
  9. Dilarang membawa minuman beralkohol.
  10. Dilarang membawa poster bendera atau spanduk.
  11. Dilarang membawa terompet.
  12. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

Ketika penonton membutuhkan makanan atau minuman, ada booth penyedia makanan dan minuman yang tersedia di dekat masing-masing Grand Stand. Penonton juga tidak diizinkan untuk membuat film atau mengambil video, termasuk video langsung, dari segala penjuru atas area sirkuit dan trek balap, menggunakan kamera profesional maupun handphone.

Sementara itu, guna mengakomodir penonton bertiket yang datang menggunakan kendaraan pribadi, ITDC-MGPA menyediakan dua kantong parkir yakni Parkir Timur di area Batu Kotak dan Parkir Barat yang berada di seputar Bazaar Mandalika. Di area kedua ini akan tersedia ticket box sebagai lokasi penukaran tiket e-voucher dengan wrist band. Penonton yang menukarkan tiket, wajib membawa identitas diri sesuai dengan tiket yang akan ditukarkan dan tidak dapat diwakilkan.

Penonton dapat melakukan penukaran tiket harian pada hari yang sama. Sementara bagi penonton dengan tiket 3 days pass disarankan untuk menukarkan tiket pada hari Jumat, 19 November 2021. Semua persyaratan utama seperti tiket dan sertifikasi akan dicek di ticket box sebelum penonton dapat menaiki shuttle bus area sirkuit. Ticket box buka sejak pukul 07.00 WITA setiap hari.

4 dari 4 halaman

Jadwal World Superbike (WSBK) di Mandalika

Sesi latihan bebas pertama atau Free Practice 1 yang akan digelar mulai hari ini hingga latihan bebas ketiga atau Free Practice 3 yang akan digelar Sabtu mendatang menjadi sangat krusial. Sementara, balapan sendiri akan dimulai dengan sesi Superpole pada Sabtu pagi yang juga akan menjadi sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start pada balapan pertama yang digelar pada siang harinya. Balapan kedua akan digelar pada Minggu, 21 November 2021. Berikut jadwal lengkap WSBK di Mandalika dan siaran langsungnya, yaitu:

1. Pada hari Jumat, 19 November 2021

  1. Pukul 09.00 - 09.45 WIB - FP1 WSSP
  2. Pukul 10.00 - 10.45 WIB - FP1 WSBK
  3. Pukul 13.00 - 13.45 WIB - FP2 WSSP
  4. Pukul 14.00 - 14.45 WIB - FP2 WSBK

2. Pada hari Sabtu, 20 November 2021

  1. Pukul 08.00 - 08.30 WIB - FP3 WSBK
  2. Pukul 09.25 - 09.45 WIB - Superpole WSSP
  3. Pukul 10.00 - 10.25 WIB - Superpole WSBK
  4. Pukul 12.20 WIB - Race 1 WSSP - NET TV
  5. Pukul 14.00 WIB - Race 1 WSBK - NET TV

3. Pada hari Minggu, 21 November 2021

  1. Pukul 08.00 - 08.15 WIB - Warm Up Practice WSBK
  2. Pukul 08.25 - 08.40 WIB - Warm Up Practice WSSP
  3. Pukul 10.00 WIB - Superpole Race WSBK - NET TV
  4. Pukul 12.30 WIB - Race 2 WSPP - NET TV
  5. Pukul 14.00 WIB - Race 2 WSBK - NET TV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.