Sukses

10 Manfaat Daun Suruhan untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan

Daun suruhan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun suruhan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun suruhan termasuk jenis tanaman herbal yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Manfaat daun suruhan cukup beragam mulai dari anti-diabetes, anti jamur, pereda nyeri, sampai pencegah penyakit jantung. 

Cara mendapatkan manfaat daun suruah biasanya dengan meminum rebusan atau mengonsumsi ekstraknya. Manfaat daun suruhan juga sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Meski sudah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Manfaat daun suruhan masih cukup terbatas penelitiannya. Jadi penting untuk mengonsultasikan pada dokter jika ingin mendapat manfaat daun suruhan.

Berikut manfaat daun suruhan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(19/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal daun suruhan

Daun suruhan atau yang juga dikenal dengan Tumpang Air memiliki nama ilmiah Peperomia pelusida. Daun suruhan merupakan tanaman yang tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang.

Batang tanaman ini bersifat sukulen atau berair. Batangnya cerah dan berdaging. Daun suruhan berbentuk hati, mengkilap, dan juga berdaging. Tanaman suruhan memiliki biji seperti titik yang melekat pada beberapa paku berbuah. Daun suruhan berakar dangkal, biasanya tumbuh hingga ukuran sekitar 15 hingga 45 cm.

Daun suruhan termasuk dalam keluarga Piperaceae atau lada-ladaan. Piperaceae terdiri dari sekitar selusin genera dan sekitar 3000 spesies. Genus Peperomia mewakili hampir setengah dari Piperaceae dengan genus Piper membuat sisanya.

Berbunga sepanjang tahun, tanaman ini ditemukan di berbagai habitat yang teduh dan lembab di seluruh Asia dan Amerika. Tumbuh dalam rumpun, tumbuh subur di tanah yang gembur, lembab dan iklim tropis hingga subtropis.

3 dari 7 halaman

Manfaat daun suruhan

Aktivitas anti-inflamasi

Melansir Drugs, hasil penelitian menujukkan daun suruhan menunjukkan aktivitas anti-inflamasi. Dalam percobaan serupa, tikus yang diberikan ekstrak air P. pellucida secara oral 200 dan 400 mg/kg menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dalam uji karagenin. Penelitian pada manusia masih dibutuhkan untuk memastikan manfaat daun suruhan ini.

Aktivitas analgesik

Daun suruhan dikenal efeknya mengurangi rasa sakit, seperti pegal linu. Ini berkat sifat analgesik dari daun suruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek analgesik P. pellucida terkait dengan mekanisme aksi yang terkait dengan sintesis prostaglandin. Pada tikus yang menjalani uji menggeliat yang diinduksi asam asetat, ekstrak P. pellucida menunjukkan aktivitas analgesik pada 400 mg/kg, menghambat rasa sakit sebesar 50% dibandingkan dengan kontrol.

4 dari 7 halaman

Manfaat daun suruhan

Aktivitas antimikroba

Ekstrak metanol kasar daun suruhan memiliki aktivitas antimikroba spektrum luas dengan metode difusi cakram. Ini bisa membantu mencegah infeksi Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis , Pseudomonas aeruginosa , dan Escherichia coli. Ekstrak kloroform dari daun kering P. pellucida, terutama apiol dan pachypophyllin, memiliki aktivitas antijamur terhadap Trichophyton mentagrophytes.

Anti-diabetes

Sejumlah penelitian menunjukkan manfaat daun suruhan sebagai anti-diabetes. Ini berkat kandungan antioksidannya yang kuat. erdasarkan hasil review diperoleh bahwa tumbuhan Suruhan mengandung senyawa bioaktif seperti alkaloid, flavonoid, tanin yang dapat mengontrol gula darah.

Tanin dalam daun ini juga dapat menurunkan glukosa darah melalui penghambatan kerja enzim α-glukosidase yang dapat menunda penyerapan glukosa setelah makan, dengan cara memperpanjang waktu cerna karbohidrat, sehingga laju absorbsi glukosa menurun.

5 dari 7 halaman

Manfaat daun suruhan

Atasi pegal linu

Pegal linu bisa dialami siapa saja ketika merasa kurang sehat. Pegal linu adalah rekasi tubuh dimana rasa kaku, nyeri dan tidak nyaman terasa pada persendian dan otot. Berkat sifat analgesiknya, manfaat daun suruhan bisa membantu mengatasi pegal linu.

Cegah penyakit jantung

Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun suruhan dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

6 dari 7 halaman

Manfaat daun suruhan

Atasi sakit kepala

Manfaat daun suruhan bisa membantu meringankan sakit kepala. Mengonsumsi air rebusan daun suruhan dipercaya sebagai obat herbal sakit kepala atau migrain. Ini juga berkat efek analgesik yang dimilikinya.

Kuatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun suruhan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Secara tradisional daun suruhan direbus dan diminum sebagai penguat imun. Hal ini didukung karena kandungan antioksidan yang tinggi pada daun suruhan. Kandungan antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

 

7 dari 7 halaman

Manfaat daun suruhan

Cegah kanker

Antioksidan pada daun suruhan juga membantu mencegah kanker. Kandungan P. Pellucida yang ada di dalam daun suruhan berfungsi untuk memperlambat sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan bekerja dengan melacak radikal bebas dan menetralkan efek berbahayanya. Itu membantu menjaga lebih banyak sel-sel tubuh tetap sehat dan kurang rentan menjadi kanker.

Obat jerawat

Manfaat daun suruhan juga baik untuk obat jerawat. Sifat antibakteri dalam daun suruhan memiliki peran paling penting dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Ekstrak Peperomia pellucida bersifat anti bakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.