Sukses

Studi Ungkap Taat Pakai Masker Efektif Tekan Kasus Covid-19 hingga 53%

Studi ini menegaskan manfaat protokol kesehatan dalam memerangi Covid-19 yang menular melalui kontak, droplet dan aerosol.

Liputan6.com, Jakarta Pentingnya menggunakan masker untuk menekan penyebaran Covid-19 tidak bisa diremehkan. Dalam sebuah studi baru-baru ini, terungkap bahwa memakai masker adalah satu-satunya tindakan kesehatan masyarakat yang paling efektif dalam mengatasi Covid-19 dan dapat mengurangi kejadian hingga 53%.

Menurut studi peer review di British Medical Journal 18 November 2021, memakai masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan adalah langkah-langkah efektif untuk membatasi kasus Covid-19. Di mana memakai masker merupakan cara yang paling efektif.

“Beberapa tindakan perlindungan pribadi dan sosial, termasuk mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak fisik dikaitkan dengan pengurangan kejadian Covid-19.” Seperti dikutip Liputan6.com dari World of Buzz, Sabtu (20/11/2021).

Dari penelitian tersebut ditemukan perlunya terus memakai masker, menjaga jarak sosial dan mencuci tangan di samping program vaksin.

Sementara itu, hasil dari lebih dari 30 penelitian juga menunjukkan pengurangan kasus mencapai 25% dengan physical distancing.

Di sisi lain, mencuci tangan menunjukkan penurunan kejadian Covid-19 hingga 53%. Meskipun para peneliti mengatakan bahwa ini tidak signifikan secara statistik karena sejumlah kecil studi mencuci tangan yang disertakan.

"Kemungkinan cuci tangan menjadi penanda beberapa perilaku protektif seperti menghindari keramaian, menjaga jarak, dan memakai masker. Temuan dari studi observasional mungkin lebih baik ditafsirkan sebagai dampak dari sekumpulan perilaku protektif yang berkorelasi,” kata Stella Talic, epidemiolog dari Monash University, Australia.

Studi meta-analisis ini menegaskan manfaat protokol kesehatan dalam memerangi Covid-19 yang menular melalui kontak, droplet dan aerosol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.