Sukses

20 Jenis Burung Lovebird yang Cantik dan Unik, Beserta Harganya

Jenis burung lovebird yang cantik dan unik tentunya selalu dicari para pencinta burung.

Liputan6.com, Jakarta Jenis burung lovebird yang cantik dan unik tentunya selalu dicari para pencinta burung ini. Biasanya harga lovebird ini bergantung pada keunikannya, seperti kicauan suara yang khas, hingga corak dan warna bulu yang indah.

Burung kicau ini memang dipelihara untuk mendengarkan suaranya yang merdu atau melihat keindahan bulunya. Lovebird dianggap bagus dan indah apabila warnanya langka dan sulit ditemukan. Warna lovebird yang langka justru semakin banyak peminatnya. 

Harga lovebird ditentukan dari keunikannya yang berbeda dari lovebird lain. Semakin langka seekor lovebird, maka akan semakin mahal pula harganya. Harga lovebird dengan warna yang langka bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk satu ekornya.

Hal terpenting adalah bagaimana kamu merawat lovebird agar tetap sehat dan cantik. Selalu perhatikan perawatan lovebird agar tetap cantik dan berkicau merdu setiap paginya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/11/2021) tentang jenis burung lovebird.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Burung Lovebird

Lovebird Biola Blue

Jenis burung lovebird yang pertama adalah Lovebird Biola Blue. Biola Blue merupakan salah satu jenis burung lovebird yang cukup mahal dibandingkan varian lovebird Biola lainnya. Harga lovebird ini cukup fantastis, yaitu sekitar Rp 40 jutaan.

Lovebird Biola Blue memiliki bulu yang cantik dan termasuk ke jajaran jenis lovebird yang termahal. Harganya biasanya berada di atas harga biola lainnya. Perpaduan warna biru sangat menyatu dengan burung ini.

Lovebird Topeng

Burung Lovebird Topeng mempunyai warna gelap di bagian wajahnya. Warna gelap inilah yang menjadi ciri khas burung ini. Burung Lovebird Topeng hanya ditemukan di Timur Laut Tanzania dan dibudidayakan pertama kali di Kenya.

Meski pada wajahnya ada warna hitam, tetapi warna dominannya hijau. Sementara pada bagian dadanya berwarna kuning. Warna yang dimiliki burung Lovebird jantan dan betina jenis ini sulit dibedakan karena mirip sekali. Harganya mulai dari Rp 300 ribu.

Lovebird Parblue

Lovebird Parblue memiliki nama lain Yellow Face karena pada bagian muka dan lehernya berwarna kuning keputihan. Warna Lovebird Parblue didominasi warna biru. Ada juga yang berwarna hitam.

Harga jenis burung lovebird ini berada di kisaran 10 juta. Menyilangkan Lovebird Parblue dengan Lovebird Biola akan menghasilkan Lovebird Biola Parblue dengan harga Rp 30 juta. Anakan burung ini dijual dikisaran harga Rp 2,5 juta-Rp 3,5 juta.

Lovebird Pastel

Burung satu ini sering menjadi incaran karena warnanya yang cantik. Warna Lovebird pastel lebih halus dan didominasi putih dibanding jenis lovebird lain. Lovebird Pastel yang paling umum dijumpai di Indonesia antara lain, Lovebird Pastel Kuning, Lovebird Pastel Ijo, Lovebird Pastel Putih, dan Lovebird Pastel Biru. Kisaran harga Lovebird pastel berada di kisaran Rp 350 ribu-Rp 550 ribu.

Lovebird Olive

Lovebird Olive termasuk jenis burung lovebird yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki warna paruh merah tua dan gradasi warna yang unik. Ciri khas burung ini adalah warna putih di atas paruhnya. Harga lovebird Olive berkisar pada Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta.

3 dari 5 halaman

Jenis Burung Lovebird

Lovebird Halfsider

Jenis burung lovebird berikutnya yang cukup mahal adalah Halfsider. Jenis lovebird ini tergolong langka. Hal ini dikarenakan jenis lovebird ini sulit untuk dibudidayakan. Perpaduan warna yang unik menjadi ciri khas dari jenis lovebird yang satu ini.

Ciri fisik dari lovebird Halfsider ini didominasi warna putih dengan warna kuning. Bahkan, bila dilihat dari samping, tampak seperti dua ekor burung dalam satu sangkar. Harga Lovebird Halfsider ini bisa mencapai 20 kali lipat dari harga lovebird biasanya.

Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan secara keseluruhan memiliki kemiripan dengan Lovebird Biola. Namun, yang membedakan adalah Dakocan memiliki warna hitam di bagian kepala dan bagian lainnya berwarna hijau olive.

Harga lovebird Dakocan ini berkisar mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per ekornya. Sedangkan untuk Dakocan hijau dan Dakocan biru mencapai harga Rp 400.000 hingga Rp 500.000.

Lovebird Euwing

Jenis burung lovebird ini memiliki warna sayap yang lebih gelap dari lovebird lain. Lovebird Euwing adalah akronim dari Eumelanin dan Wing. Eumelanin merupakan faktor gelap, sementara wing berarti sayap. Jadi lovebird Euwing merupakan lovebird yang memiliki faktor gelap. Harga lovebird jenis ini berkisar antara Rp 2,3 juta-Rp 5,5 juta. Harga lovebird ini juga terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Lovebird Kepala Elang

Lovebird kepala elang juga termasuk ke dalam jenis burung lovebird mahal yang langka dan sulit dibudidayakan. Lovebird ini merupakan hasil perkawinan dari lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih di bagian kepalanya.

Lovebird ini lebih populer dipanggil dengan sebutan Sable yang memiliki arti lovebird dengan kepala warna cerah dan bersih. Harga lovebird kepala elang ini lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird Violet. Harga lovebird kepala elang berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Lovebird Pipi Hitam

Jenis burung lovebird yang satu ini hampir mirip dengan Lovebird Topeng, yaitu adanya warna hitam pada bagian muka. Perbedaan lovebird Pipi Hitam dengan macam lovebird Topeng terletak pada bagian lehernya. Jika diperhatikan, terdapat warna jingga yang samar pada bagian leher lovebird Pipi Hitam. Sedangkan pada Lovebird Topeng, bagian lehernya terdapat warna kuning.

4 dari 5 halaman

Jenis Burung Lovebird

Lovebird Madagaskar

Burung lovebird madagaskar dikenal memiliki ukuran yang sangat kecil. Bahkan ukurannya termasuk yang paling kecil dibandingkan jenis burung lovebird lainnya. Bobot burung lovebird madagaskar ini sekitar 30 gram. Warna khas yang dimilikinya adalah hijau dan abu-abu. Jika ingin memilikinya, mungkin di Indonesia masih langka. Keberadaanya atau habitat aslinya berada di pulau Madagaskar, Afrika. Harganya bisa mencapai Rp 1,5 Juta.

Lovebird Lutino

Lovebird Lutino memiliki warna yang sangat cerah dan mencolok. Pada bagian kepala dihiasi oleh bulu berwarna oranye kemerahan yang sangat cantik.  Sementara dari leher hingga keseluruhan badannya berwarna kuning terang dengan sedikit sentuhan putih dibagian sayap. Harga lovebird Lutino ini biasanya berkisar pada Rp 400.000 hingga Rp 600.000.

Lovebird Batman

Lovebird Batman merupakan jenis burung lovebird mahal yang cukup diminati. Lovebird Batman ini termasuk yang sangat sulit untuk dibudidayakan, maka tak heran kalau cukup sulit menemukannya. Lovebird Batman sangat sulit diternak kalau induknya tidak ada yang berwarna hitam Batman. Warna lovebird Batman ini juga tergolong mutasi warna baru, sehingga harganya pun lumayan mahal. Untuk jenis dan harga lovebird Batman yang sudah dewasa biasanya bisa mencapai Rp 900 ribu hingga Rp 1,3 juta.

Lovebird Violet

Lovebird Violet merupakan jenis burung lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Ciri-ciri lovebird Violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut dengan violet. Warna bulu tersebut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan di bagian perut jenis lovebird ini berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh putih pucat atau otanye tua.  

Tidak hanya itu, lovebird Violet mempunyai varian warna lain yang dinamakan lovebird Pastel Violet. Warna bulu jenis burung lovebird ini didominasi putih, tapi ada warna pastel violet di bagian punggung dan sayapnya. Harga lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu. Harga ini juga tergantung dari daerah dan usianya.

Lovebird Abisinia

Jika dilihat sekilas, jenis lovebird ini mungkin tidak seindah lovebird lainnya, karena warna pada tubuhnya yang banyak didominasi warna hijau dengan tambahan warna hitam pada beberapa bagian. Namun, yang menjadikan lovebird abisinia menarik adalah dahinya yang berwarna oranye kemerahan. Ukuran dari lovebird ini juga berbeda, karena lebih besar dari jenis lovebird yang lain.

5 dari 5 halaman

Jenis Burung Lovebird

Lovebird Albino

Berbeda dengan jenis burung lovebird mahal lainnya, lovebird Albino memiliki keunikan tersendiri karena tidak memiliki variasi warna lain alias hanya ada warna putih saja. Beberapa orang kerap menyukai burung jenis ini karena terlihat bersih.

Lovebird jenis ini juga sangat langka ditemukan di Indonesia. Lovebird albino terbagi menjadi dua, yakni lovebird albino mata hitam dan lovebird albino mata merah. Harga lovebird Albino dengan mata hitam biasanya dibanderol seharga Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu. Sementara lovebird Albino mata merah dihargai sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt merupakan salah satu jenis burung lovebird yang paling dikenal oleh orang Indonesia, dibandingkan dengan jenis lovebird lainnya karena memiliki varian warna yang banyak.

Ciri utama jenis burung lovebird Cobalt ini hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru, kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung lovebird lain yang mirip dengan cobalt, yaitu lovebird biru violet. Untuk harga lovebird Cobalt ini berkisar Rp 450 ribu hingga Rp 750 ribu.

Lovebird Blorok

Lovebord Blorok memiliki perpaduan warna bulu yang cantik, seperti oranye dan hijau olive. Namun, ada beberapa jenis warna lovebird Blorok dengan warna pasblue, warna biola, dan lain sebagainya.

Untuk bagian warna sayap, punggung, dan ekor lovebird Blorok seakan memiliki warna campuran di antara beberapa warna seperti kuning dan hijau. Untuk harga lovebird Blorok berkisar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per ekornya.

Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem memiliki ciri khas muka yang kemerah-merahan. Lovebird ini bisa ditemukan di padang pasir Afrika barat daya, khususnya Gurun Namib. Jenis lovebird ini sebagian besar berwarna hijau, dengan wajah merah muda merah dan pantat biru. Harga lovebird muka salem bisa berkisar Rp 400 ribu sampai jutaan rupiah.

Lovebird Nyasa

Jenis burung lovebird yang satu ini juga dikenal sebagai Lovebird Lilian. Macam lovebird Nyasa memiliki warna tubuh yang didominasi dengan warna hijau. Burung lovebird bisa ditemui di daerah Tanzania, Malawi, Mozambik, Zambia, dan Zimbabwe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.