Sukses

PC adalah Singkatan dari Personal Computer, Ketahui Komponen dan Fungsinya

PC adalah istilah yang identik dengan komputer pribadi seperti komputer desktop.

Liputan6.com, Jakarta PC adalah singkatan dari Personal Computer. Namun, mungkin banyak orang yang mengenalnya dengan sebutan komputer saja. Memahami tentang komputer menjadi dasar dalam ilmu teknologi informasi dan komunikasi.

Komputer merupakan perangkat yang dirancang untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer dirancang untuk menjalankan aplikasi dan menyediakan berbagai solusi pekerjaan. Bahkan, saat ini komputer menjadi kebutuhan esensial sehari-hari. 

PC adalah istilah yang identik dengan komputer pribadi seperti komputer desktop. Mengetahui pengertian komputer bisa membantu mengenali fungsi perangkat ini. Pengertian komputer berkaitan dengan cara kerja, sejarah, hingga komponen-komponennya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/11/2021) tentang PC adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

PC adalah Personal Computer

Istilah "komputer" berasal dari kata latin "computare" yang artinya menghitung. Komputer sendiri merupakan perangkat elektronik yang dapat diprogram yang menerima data mentah sebagai input dan memprosesnya dengan sekumpulan instruksi (program) untuk menghasilkan hasil sebagai output. Sementara itu, istilah PC atau Personal Computer memiliki beberapa makna bisa kamu pahami.

Komputer pribadi atau PC adalah istilah umum yang merujuk pada komputer yang dapat digunakan dan diperoleh orang dengan mudah. Selain itu, PC adalah istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM. PC adalah komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer).

Komputer atau PC adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi, atau data. Ia memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data. Komputer dirancang untuk menjalankan aplikasi dan menyediakan berbagai solusi melalui komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi.

Komputer bekerja dengan bantuan program dan mewakili bilangan desimal melalui serangkaian digit biner. Ia juga memiliki memori yang menyimpan data, program, dan hasil pemrosesan.

3 dari 5 halaman

Komponen Komputer

Komputer atau PC adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. Komponen dari PC adalah Hardware dan Software. Berikut penjelasan komponen PC tersebut:

Hardware (Perangkat Keras)

Hardware adalah semua jenis komponen yang ada pada komputer atau laptop yang mana bagian fisiknya dapat terlihat secara kasat mata dan dapat dirasakan secara langsung. Jadi bisa dikatakan jika hardware adalah peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, proses, dan output.

Jenis Hardware

- Input Device (Perangkat Input atau masukan). Hardware jenis ini berguna untuk memasukkan informasi maupun data baik itu dalam bentuk video, teks, gambar, audio, dan yang lainnya ke dalam sebuah komputer. Ini ada beberapa contoh hardware tersebut yaitu Mouse, Keyboard, Scanner

- Process Device (Perangkat proses). Jenis perangkat keras yang satu ini dapat berguna dalam mengolah data sekaligus menjalankan proses yang ada pada sistem komputer. Contoh process device tersebut seperti CPU, RAM, VGA, dan masih banyak lagi.

- Output Device (Perangkat output atau keluaran). Hardware jenis ini berguna dalam menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang user lakukan. Data ataupun informasi tersebut berasal dari hardware input yang sudah melewati hardware process. Misalnya seperti monitor, proyektor, hingga printer.

- Storage Device (Perangkat untuk menyimpan). Jenis hardware selanjutnya adalah storage device atau yang lebih dikenal sebagai perangkat untuk menyimpan. Storage device merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi menyimpan data-data komputer. Contohnya seperti hard disk, flash disk, dan optical disk.

- Periferal (Perangkat tambahan). Perangkat tambahan berguna dalam membantu komputer menjalankan perintah user. Perangkat ini umumnya disebut dengan istilah periferal yang berguna dalam menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet. Salah satu contohnya adalah modem. Modem disini dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sinyal analog menjadi sinyal digital.

 

Software (Perangkat Lunak)

Software adalah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital, yang memiliki fungsi tertentu. Software atau perangkat lunak memang tidak memiliki bentuk fisik, namun perangkat lunak ini merupakan program yang berguna untuk menjalankan perintah atau intruksi pada komputer.

Jenis Software

- Sistem Operasi. Sistem operasi atau operating sistem (OS) adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Contoh sistem operasi adalah Windows, sebagai sistem operasi yang umum digunakan.

- Software Aplikasi. Software aplikasi adalah suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh program aplikasi yang sering digunakan pada komputer yaitu Microsoft Office hingga Adobe Photoshop.

- Software Pembantu. Software bantu adalah suatu program untuk membantu sistem operasi. Contoh dari jenis software satu ini adalah perangkat lunak keamanan, seperti AVAST Antivirus, Kaspersky, hingga Smadav. Fungsinya untuk melindungi komputer dari berbagai macam serangan program perusak seperti malware, spyware, adware, trojan dan lain sebagainya.

- Software atau Program Perusak. Software atau program perusak ini mungkin lebih terkenal dengan sebutan malware. Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi. Contohnya adalah virus, progam yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data, menginveksi, serta mengubah dan merusak progam lain.

4 dari 5 halaman

Fungsi Komputer

Fungsi komputer atau PC adalah sebagai berikut:

Data Input (Data Entry)

Fungsi ini yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Data yang diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse dari komputer lain atau peralatan lainnya.

Pengolahan data

Fungsi komputer yang paling utama adalah melakukan pemrosesan. Berbagai macam data dan informasi adalah data yang diproses oleh komputer. Data yang diproses akan menghasilkan output yaitu berupa informasi. Contohnya seperti teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

Penyimpanan data

Fungsi data storage adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Fungsi komputer ini memudahkan pengguna untuk menemukan data dan akan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

Keluaran data

Data yang telah diproses dalam komputer, hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya dengan berbagai tujuan. Contoh dari data output yaitu sebagai file audio, hard copy ke kertas, dicetak sebagai 3D model dan lain-lain.

5 dari 5 halaman

Manfaat Komputer

Manfaat komputer atau PC di antaranya adalah:

Memudahkan Pekerjaan

Dalam dunia kerja, komputer dirasa mampu membantu menyelesaikan segala urusan. Beberapa manfaat komputer yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan komputer ini adalah bisa mengolah data, mempercepat pekerjaan, berkirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga berkomunikasi dengan orang penting yang berhubungan dengan perusahaan.

Penunjang Pendidikan

Komputer dalam dunia pendidikan bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan materi pelajaran. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi, dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

Berbisnis

Untuk mendapatkan manfaat komputer dengan berbisnis ini, kamu bisa melakukannya dengan membuka rental komputer, warnet, kursus komputer, video editing, percetakan, programmer, dan lain sebagainya. Mengikuti perkembangan zaman seperti saat ini, bisa dilihat juga perkembangan usaha atau bisnis seperti jual beli online yang dimana juga menggunakan komputer.

Media Hiburan

Banyak sekali jenis hiburan yang bisa didapatkan dari komputer. Misalnya saja dengan menonton film, bermain game, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Ditambah semakin pesatnya perkembangan internet, membuat hadirnya banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.