Sukses

Viral Video Ayah Gantikan Wisuda Anak yang Meninggal Dunia Ini Bikin Haru

Sang ayah menerima ijazah dari rektor menggantikan anak yang telah berpulang beberapa pekan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Dapat meraih gelar sarjana usai menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentu saja menjadi momen yang membahagiakan bagi setiap mahasiswa. Pasalnya, usai berjuang di bangku kuliah hingga menyelesaikan skripsi, momen wisuda dapat disebut pula sebagai momen akhir dari perjuangan yang telah dilakukan.

Dalam momen bahagia tersebut, tak sedikit pula para wisudawan yang mengajak orang tua serta keluarga untuk bisa menghadiri acara tersebut. Namun, tak semua orang beruntung bisa menghadiri acara wisuda. Bahkan, dalam momen wisuda yang gelar oleh IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara justru terdapat momen haru yang membuat banyak wisudawan lainnya menangis.

Pasalnya, dalam momen wisuda yang digelar IAIN Kendari pada Selasa (23/11/2021) bersama ratusan wisudawan dan wisudawati terdapat seorang ayah yang menggantikan posisi anak ketika wisuda. Momen tersebut bahkan menjadi viral di media sosial bahkan membuat banyak netizen ikut merasa haru.

Pasalnya, diketahui jika ayah tersebut menggantikan wisuda anak karena calon wisudawan IAIN Kendari meninggal dunia satu bulan sebelumnya. Calon Wisudawan yang meninggal dunia tersebut diketahui bernama Muhammad Jamaluddin, S.E.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Digantikan ayah karena meninggal dunia usai berjuang melawan penyakit

Dalam video wisuda yang diunggah melalui channel YouTube IAIN Kendari, Selasa (23/11/2021) pihak kampus juga mengunggah berbagai momen kenangan almarhum ketika kuliah hingga menjalani sidang skripsi. Dalam keterangannya, almarhum merupakan mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Jamaluddin pun diketahui berpulang pada 24 Oktober 2021 lalu usai dirawat di sebuah rumah sakit. Hal ini pula yang membuat ayah Jamaluddin, Hasanudin Daeng Gassing menggantikan anaknya untuk mengikuti proses wisuda dan mendapatkan gelar sarjana.

Saat nama Muhammad Jamaludding dipanggil untuk menerima ijazah, terlihat pula ayah dari almarhum yang naik ke panggung dan menerima tanda ijazah kelulusan. Bahkan, beberapa dosen, dekan hingga Rektor IAIN Kendari terlihat ikut berdiri hingga memberikan salam kepada ayah almarhum. Tak sampai disitu saja, para wisudawan dan wisudawati juga memberikan tepuk tangan untuk menyemangati ayah dan ibu dari almarhum yang turut hadir.

3 dari 3 halaman

Videonya viral

@permataa01_

Wisudawan IAIN Kendari yg mninggal sbelum diwisudakan diwakilkan oleh ayahnya, alfatihan kak alm.muhmmad Jamaluddin S.E😇🙏🏻

♬ suara asli - permataa - permataa

Video yang memperlihatkan ayah dari almarhum datang ke acara wisuda ini pun viral di media sosial. Bahkan, sang ayah yang menggantikan wisuda anaknya terlihat ikut duduk di deretan para wisudawan lainnya.

Tak hanya itu saja, saat video kenangan almarhum diputarkan dalam prosesi wisuda tersebut, salah satu teman almarhum terlihat mendatangi ayah dari Jamaluddin dan memberikan pelukan. Tak sedikit wisudawan dan para netizen yang ikut merasakan haru.

"Wisudawan IAIN Kendari yg meninggal sbelum diwisudakan diwakilkan oleh ayahnya, alfatihah kak alm. muhammad Jamaluddin, S.E." tulis keterangan dalm video.

"Respek sama abangnya, langsung meluk si bapak buat ngasih semangat" tulis akun @leogirl1509.

"sangat mengandung bawang...smua story anak lain penuh sm video ini" tulis akun @israyantilubis.

"Pasti yang peluk bapaknya, temannya yang meninggal" tulis akun @user2412099581616.

"yg bikin lgsg netes air mata di wakilin pke baju wisuda" tulis akun @wulanmaulida.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.