Sukses

Arti Nama Maulana dalam Islam, Asal Usul dan Karakteristik

Maulana banyak digunakan sebagai nama anak laki-laki.

Liputan6.com, Jakarta Arti nama Maulana banyak digunakan sebagai nama anak laki-laki di Indonesia. Arti nama Maulana termasuk nama Islami yang memiliki makna baik. Arti nama Maulana pastinya menjadi doa dan harapan orangtua pada anaknya.

Nama Maulana juga digunakan di sejumlah negara seperti India, Malaysia, Arab, dan Negara Timur Tengah lainnya. Dalam Islam, disarankan untuk memberi nama anak dengan nama apa pun yang memiliki arti baik. Arti nama Maulana menjadi salah satu inspirasi nama baik untuk anak. 

Arti nama Maulana merupakan harapan orangtua agar anaknya tumbuh sebagaimana makna baik dari nama itu sendiri. Ada sejumlah arti nama Maulana dengan beragam penafsiran.

Berikut arti nama Maulana, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(24/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Asal usul nama Maulana

Sebelum mengetahui arti nama Maulana, penting mengetahui asal usul nama ini. Dalam bahasa Arab, Maulana ditulis dengan مولانا (dibaca: Mawlana). Nama ini berakar dari Mawlā dalam bahasa Arab. Maulana kemudian dieja sebagai Maulana atau Molana. Nama Maulana banyak disebutkan dalam bahasa Urdu.

Kata mawla berasal dari akar kata lawly yang berarti "mendekati", "berteman dengan", atau "memiliki kekuasaan". Dalam Quran dan hadits kata ini digunakan dalam beberapa pengertian, termasuk 'Tuhan', 'penjaga', 'wali', dan 'penolong'.

Mawla dapat memiliki arti timbal balik, tergantung pada apakah itu digunakan dalam suara aktif atau pasif: "tuan" atau "budak/orang yang dibebaskan", "pelindung" atau "klien", "paman" atau "keponakan", atau sekadar teman. Awalnya, mawāli adalah klien dari suku Arab, tetapi dengan munculnya Islam, istilah tersebut merujuk pada Muslim non-Arab dan sekutu klien komunitas Muslim lainnya.

3 dari 7 halaman

Arti nama Maulana di berbagai negara

Di India, arti nama Maulana adalah seorang cendekiawan Muslim terpelajar. Dalam konteks anak benua Asia Tengah dan Asia Selatan/India, Maulana sering menjadi kata pilihan untuk menyebut atau merujuk pada ulama Muslim yang dihormati. Maulana lebih sering dikaitkan dengan kualifikasi formal setelah belajar di madrasah atau darul uloom dan Maulvi biasanya lebih merupakan gelar umum untuk tokoh agama.

Dalam bahasa Swahili, arti nama Maulana digunakan sebagai gelar penghormatan kepada anggota masyarakat yang dihormati, religius atau sekuler, kira-kira setara dengan bahasa Inggris "Tuan". Di sebagian besar wilayah Muslim di Afrika Barat, akar kata Maulana bersumber dari kata Mallam (bahasa Hausa) dan Maame (bahasa Wolof), yang digunakan untuk menunjukkan cendekiawan Islam.

4 dari 7 halaman

Arti nama Maulana secara umum

Secara umum, arti nama Maulana adalah seorang pria Muslim dihormati karena pembelajaran agamanya atau kesalehannya. Nama Maulana mencerminkan cinta untuk membantu orang lain.

Arti nama Maulana sangat percaya pada kemanusiaan dan karenanya selalu dicintai oleh teman dan keluarga. Maulana cerdas, suka bersenang-senang, cerdas, dan murah hati. Maulana suka mencari kehidupan yang penuh petualangan dan selalu ingin menemukan hal-hal baru.

5 dari 7 halaman

Arti nama Maulana menurut Numerologi

Dalam ilmu Numerologi, Maulana memiliki nilai angka 9. Angka 9 adalah sosok manusiawi dan tidak mementingkan diri sendiri. Kasih sayang, toleransi, idealisme, dan kepekaan adalah ciri-ciri orang nomor 9. Orang nomor 9 sering memberi tanpa pamrih kepada orang lain.

Arti nama Maulana sangat termotivasi untuk memberikan persahabatan, kasih sayang dan cinta. Mereka memiliki dorongan yang sangat besar untuk berbagi. Mereka memiliki sifat sensitif dan penyayang.

Numerologi 9 membuat Maulana mampu membangun suasana santai, membuat orang di sekitar tertawa dan merasa terpacu.

6 dari 7 halaman

Karakteristik positif dan negatif

Karakteristik positif

Karakteristik positif menurut Numerologi dari nama Maulana adalah membantu, penyayang, aristokrat, canggih, dermawan, murah hati, kemanusiaan, kooperatif, kreatif, mandiri, bangga dan rela berkorban. Mereka mampu melihat kehidupan dalam istilah yang sangat luas dan intuitif. Mereka sering mengungkapkan cita-cita yang tinggi dan pendekatan kehidupan yang inspiratif.

Karakteristik negatif

Numerologi 9 dapat berakhir menjadi egosentris, arogan, mengasihani diri sendiri, sentimental, tidak puas, berubah-ubah, dingin atau tidak stabil secara mental. Mereka terlalu sensitif. Mereka kecewa dengan kurangnya kesempurnaan dalam diri mereka sendiri dan orang lain.

7 dari 7 halaman

Tokoh bernama Maulana

Maulana Hasanuddin

Maulana Hasanuddin merupakan endiri Kesultanan Banten. Ia juga bergelar Pangeran Sabakingking dan berkuasa di Banten dalam rentang waktu 1552 - 1570. Maulana Hasanuddin merupakan putra dari Sunan Gunung Jati. Bersama Kesultanan Demak, Ia turut serta dalam penaklukan Pelabuhan Sunda Kelapa sekitar tahun 1527 yang waktu itu masih merupakan pelabuhan utama dari Kerajaan Sunda.

Maulana Malik Ibrahim

Maulana Malik Ibrahim merupakan nama dari Sunan Gresik. Ia merupakan Walisongo yang dianggap pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Maulana Malik Ibrahim merupakan wali senior di antara para Walisongo lainnya.

Muhammad Nur Maulana

Muhammad Nur Maulana atau yang lebih akrab disapa Ustaz Maulana merupakan seorang pandakwah yang aktif berdakwah hingga saat ini. Ia adalah lulusan dari Pondok Pesantren An-Nahdlah Ujung Pandang tahun 1994, selain sebagai penceramah ia merupakan Guru Agama Islam di sebuah sekolah dasar Islam Athirah dan Pondok Pesantren An-Nahdah. Ustaz Maulana dikenal dengan cara menyapa jamaahnya, dengan "Jamaah oh Jamaah".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.