Sukses

10 Pengertian Database Menurut Para Ahli, Kenali Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Memahami pengertian database adalah data dalam sebuah sistem komputer dengan susunan sistematis. Para ahli setuju, pengertian database adalah sistem yang dapat mempermudah penyimpanan dan pengelolaan data dengan lebih efisien. Fungsi utama dari database adalah mengumpulkan informasi, data, file secara terintegrasi.

Pengertian database menurut ahli dalam bidang ini, Fabbri dan Schwab sebagai sistem berkas terpadu yang dirancang untuk dapat meminimalkan pengulangan atau redundancy data. Ditegaskan pula oleh S. Atte, pengertian database adalah koleksi data-data yang saling berinteraksi dalam suatu organisasi.

Suatu pengelolaan sistem dari pengertian database menurut para ahli terutama dalam dunia IT sering disebut dengan database Management System (DBMS). Apabila disederhanakan, pengertian database adalah kumpulan tabel-tabel yang menyimpan data serta informasi.

Berikut Liputan6.com ulas tentang pengertian database menurut para ahli dan macam-macamnya, Kamis (25/11/2021).

2 dari 4 halaman

Pengertian Database Menurut Para Ahli

1. Pengertian Database Menurut Toni Fabbri

Pengertian database adalah menurut Toni sebuah sistem file-file dan data yang terintegrasi di mana file dan data tersebut yang mempunyai sebuah primary key untuk melakukan pengulangan data.

2. Pengertian Database Menurut Date

Pengertian database adalah menurut Date sebagai tempat sekumpulan berkas dan juga terkomputerisasi. Sistem database adalah sistem terkomputerisasi yang mempunyai tujuan utamanya untuk melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.

3. Pengertian Database Menurut S. Atte

Pengertian database adalah menurut Atte sebuah koleksi data-data yang saling berinteraksi yang ada dalam suatu organisasi atau enerprise dengan macam-macam penggunaan.

4. Pengertian Database Menurut Fabbri dan Schwab

Pengertian database adalah menurut Fabbri dan Schwab sebuah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan atau redundancy data.

5. Pengertian Database Menurut Chou

Pengertian database adalah menurut Chou kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan dalam tatacara yang khusus sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan suatu organisasi.

6. Pengertian Database Menurut C.J. Date

Pengertian database adalah C.J. Date kolek data operasional yang sengaja di simpan dan juga dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.

7. Pengertian Database Menurut Gordon C. Everest

Pengertian database adalah menurut Gordon suatu koleksi atau kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi atau shared, terdefinisi secara formal dan juga terkontrol. Pengontrolan tersebut terpusat pada suatu organisasi.

8. Pengertian Database Menurut Jogiyanto

Pengertian database adalah menurut Jogiyanto kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya.

9. Pengertian Database Menurut Connolly dan Begg (2010: 65)

Pengertian database adalah menurut Connolly dan Begg sebuah kumpulan data yang secara logis terkait dan dirancang untuk memenuhi suatu kebutuhan informasi dari sebuah organisasi.

10. Pengertian Database Menurut Indrajani (2015: 70)

Pengertian database adalah menurut Indrajati kumpulan data yang saling berhubungan secara logis dan didesain untuk mendapatkan data yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Database

1. Database Grafik

Jenis database grafik adalah digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk entitas dan hubungan antar entitas.

2. Database OLTP

Jenis database OLTP adalah digunakan untuk analitik cepat yang dirancang guna transaksi dalam jumlah besar yang dilakukan oleh banyak pengguna.

Selain jenis database tersebut, perubahan dalam pengembangan teknologi dan kemajuan dramatis seperti cloud dan otomatisasi, juga mendorong kemajuan database.

3. Database Multimodel

Jenis database multimodel adalah untuk menggabungkan berbagai jenis model database menjadi satu back end yang terintegrasi. Database multimodel ini bisa menampung berbagai tipe data.

4. Database dokumen atau JSON

Jenis database ini digunakan untuk menyimpan, mengambil, dan mengelola informasi berorientasi dokumen, database dokumen adalah cara modern untuk menyimpan data dalam format JSON daripada dalam bentuk baris dan kolom.

5. Database Self-Driving

Jenis database terbaru dan paling inovatif, database self-driving (juga dikenal sebagai database otonom) berbasis cloud. Selain itu menggunakan pembelajaran mesin untuk mengotomatiskan penyetelan database, keamanan, backup, update, dan tugas manajemen rutin lainnya yang biasanya dilakukan oleh administrator database.

6. Database Relasional

Jenis database relasional umumnya dominan dipakai pada 1980-an. Item dalam database relasional diatur sebagai sekumpulan tabel dengan kolom dan baris. Teknologi database relasional digunakan untuk menyediakan cara yang paling efisien dan fleksibel untuk mengakses informasi terstruktur.

7. Database Berorientasi Objek

Jenis database ini memuat informasi yang lebih berorientasi pada objek direpresentasikan dalam bentuk objek, seperti dalam pemrograman berorientasi objek.

8. Database Terdistribusi

Jenis database terdistribusi terdiri dari dua atau lebih file yang terletak di situs berbeda. Database dapat disimpan di beberapa komputer, yang terletak di lokasi fisik yang sama, atau tersebar di jaringan yang berbeda.

9. Gudang Data

Gudang pusat untuk data, gudang data adalah jenis database yang dirancang khusus untuk kueri dan analisis cepat.

10. Database NoSQL

NoSQL, atau database nonrelasional, adalah jenis yang memungkinkan data tidak terstruktur dan semistruktur untuk disimpan dan dimanipulasi. Database NoSQL menjadi populer karena aplikasi web menjadi lebih umum dan lebih kompleks.

11. Open Source Database

Sistem database open source adalah jenis sistem yang kode sumbernya adalah open source; database jenis ini dapat berupa database SQL atau NoSQL.

12. Database Cloud

Jenis database cloud adalah kumpulan data, baik terstruktur atau tidak terstruktur, yang berada pada platform komputasi cloud pribadi, publik, atau hybrid. Ada dua jenis model database cloud: tradisional dan database sebagai layanan (DBaaS).

4 dari 4 halaman

Fungsi Database yang Umum

1. Fungsi database adalah menghindari data ganda yang tersimpan. Suatu software DBMS bisa di-setting agar mampu mengenali duplikasi data yang terjadi saat diinput. Hal ini karena sifat database dapat diakses oleh lebih dari satu pengguna.

2. Fungsi database adalah mempermudah identifikasi data. Pengelompokkan data dapat dilakukan dengan beragam cara seperti membuat tabel yaitu dengan field yang berbeda-beda.

3. Fungsi database adalah mempermudah penggunaan hampir di semua sisi seperti memasukkan data baru, mengupdate, atau bahkan menghapus data yang sudah tidak digunakan lagi.

4. Fungsi database adalah menjadi alternatif lain terkait masalah penyimpanan ruang dalam suatu aplikasi. Hal ini karena keterbatasan dari media penyimpanan oleh kebanyakan aplikasi komputer.

5. Fungsi database adalah keterbatasan dari media penyimpanan oleh kebanyakan aplikasi komputer, database dapat menjadi alternatif lain terkait masalah penyimpanan ruang dalam suatu aplikasi.