Sukses

SDM Adalah Kualitas Kerja Karyawan dalam Perusahaan, Ketahui Fungsi dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Sumber daya manusia atau SDM adalah kualitas usaha yang dilakukan seseorang atau karyawan dalam jangka waktu tertentu guna menghasilkan jasa atau barang. Mengelola SDM adalah faktor yang paling utama guna menunjang kesuksesan sebuah perusahaan di masa depan.

Sementara, secara umum pengertian SDM adalah salah satu yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Sedangkan secara menyeluruh, pengertian SDM adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai pengertian SDM menurut para ahli beserta fungsi, dan manfaatnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (25/11/2021).

2 dari 4 halaman

Pengertian SDM Menurut Para Ahli

Selain yang telah dijelaskan di atas, ada juga sejumlah pendapat lain mengenai pengertian SDM. Berikut ini pengertian SDM menurut para ahli, diantaranya:

Sonny Sumarsono

SDM adalah suatu usaha kerja atau jasa yang memang diberikan dengan tujuan dalam melakukan proses produksi.

M.T.E. Hariandja

SDM adalah salah satu faktor yang paling utama pada suatu perusahaan dilihat dari faktor-faktor lainnya selain modal usaha. Oleh karena itu, SDM sangat diperlukan untuk dikelola dengan baik agar efektivitas dan efisiensi perusahaan semakin meningkat.

Hasibuan

SDM adalah keahlian terpadu yang berasal dari daya pikir serta daya fisik yang dimiliki oleh setiap orang. Yang melakukan serta sifatnya dilakukan masih memiliki hubungan yang erat seperti keturunan dan lingkungannya, sedangkan untuk prestasi kerjanya dimotivasi oleh sebuah keinginan dalam memenuhi keinginannya.

Mathis dan Jackson

SDM adalah suatu rancangan dari berbagai sistem formal pada sebuah organisasi dengan tujuan memastikan penggunaan keahlian manusia secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan keinginan.

3 dari 4 halaman

Fungsi Sumber Daya Manusia

Berikut ada beberapa fungsi sumber daya manusia yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Sebagai Tenaga Kerja

Fungsi SDM yang utama adalah sebagai tenaga kerja. Sumber daya manusia berfungsi sebagai tenaga kerja sebab manusia memberikan jasa melalui kemampuan yang dimilikinya. Dari tenaga kerja manusia bisa menghasilkan sesuatu yang berguna baik untuk kemajuan perusahaan.

2. Sebagai Pemimpin

Sumber daya manusia memang memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan maupun organisasi. Sebab sudah sangat jelas bahwa manusia bisa dijadikan seorang pemimpin. Apalagi jika kemampuan yang dimiliki sangat mumpuni dan bisa memajukan perusahaan. Setiap manusia bisa saja menjadi pemimpin tapi belum tentu memiliki jiwa kepemimpinan, maka dari itu kualitas sumber daya manusia juga harus diperhatikan. Tidak mungkin perusahaan dipimpin oleh manusia yang kemampuannya kurang mumpuni. Sebab jika hal itu terjadi maka kerugian akan menghampiri perusahaan.

3. Berfungsi Sebagai Tenaga Ahli

Sumber daya manusia juga memiliki fungsi sebagai tenaga ahli dalam sebuah perusahaan. Kemampuan manusia dalam beberapa bidang khususnya teknologi dan pemasaran sangatlah penting untuk menunjang dan membangun perusahaan. Jika sumber daya manusia yang dimiliki sebuah perusahaan ahli dalam berbagai bidang dapat dipastikan perusahaan tersebut akan berkembang pesat.

4. Sebagai Evaluasi

Dengan adanya sumber daya manusia yang kompeten, maka setiap pegawai atau calon pegawai mendapat evaluasi dari SDM yang ada di perusahaan. Jika ada pegawai yang kinerjanya kurang mumpuni, maka SDM yang bergerak dalam bidangnya akan memberi pelatihan juga evaluasi.

5. Membangun Relasi

Membangun relasi dan melakukan negosiasi untuk menjalin kerjasama merupakan salah satu fungsi dari SDM. Untuk memajukan perusahaan maka semua SDM harus bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut. Semakin baik kinerja dari SDMnya maka tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan akan tercapai.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sumber Daya Manusia Bagi Perusahaan

SDM yang berkualitas akan membantu perusahaan berkembang dan mencapai tujuan perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika melakukan pengembangan SDM, antara lain:

  1. Meningkatkan produktivitas kinerja karyawan.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produksi.
  3. Meningkatkan efisiensi tenaga, waktu, bahan baku, dan mengurangi ausnya mesin-mesin produksi.
  4. Menekan biaya produksi sekaligus meningkatkan daya saing perusahaan.
  5. Mengurangi kerusakan barang, hasil produksi, dan mesin-mesin produksi.
  6. Mengurangi tingkat kecelakaan kerja.
  7. Meningkatkanmutu pelayanan dari karyawan kepada konsumen atau rekan perusahaan.
  8. Menjadikan moral karyawan menjadi lebih baik.
  9. Meningkatkankarir karyawan, karena dengan keahlian, keterampilan, dan produktivitas kerja karyawan yang lebih baik, maka lebih banyak kesempatan promosi untuk karyawan tersebut.
  10. Pemimpin akan semakin cakap dan cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik untuk perusahaan.
  11. Meningkatkan kepemimpinan dan cara berkomunikasi manager.
  12. Menjadikan motivasi lebih terarah.
  13. Meningkatkan balas jasa (gaji, upah insentif, dan benefits) karyawan.
  14. Memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat atau konsumen.