Sukses

Phising adalah Pencurian Data Pribadi, Kenali Cara Menghindarinya

Liputan6.com, Jakarta Phising adalah salah satu ancaman dunia maya yang perlu diwaspadai. Phising adalah praktik yang bisa menimbulkan kerugian. Biasanya phising dikaitkan dengan pencurian data pribadi yang sensitif.

Kejahatan phising adalah praktik yang cukup ditakuti di dunia siber. Dalam sejarahnya, phising adalah bentuk serangan siber tertua. Namun, phising adalah kerugian yang bisa dicegah. 

Mengenali apa itu phising adalah bagian dari mencegah tindakan ini. Phishing adalah jenis serangan cyber umum yang harus dipelajari setiap orang untuk melindungi data sensitifnya. Berikut pengertian tentang phising, cara kerja, dan cara mencegahnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(25/11/2021).

2 dari 7 halaman

Mengenal phising

Phising adalah kejahatan berbentuk komunikasi palsu yang tampaknya berasal dari sumber dipercaya. Tapi sebenarnya ia dapat membahayakan semua jenis sumber data. Phising bisa mengambil akses ke akun online dan data pribadi seperti NIK, nomor kartu kredit, ATM, atau data penting lainnya.

Terkadang korban phising tidak sadar bahwa ia adalah sasaran kejahatan. Korban phising akan memberikan data sensitif seperti informasi identitas pribadi, detail kartu kredit dan perbankan, dan kata sandi. Informasi tersebut kemudian digunakan untuk mengakses akun penting dan dapat mengakibatkan pencurian identitas dan kerugian finansial.

3 dari 7 halaman

Cara kerja phising

Phishing dimulai dengan email penipuan atau komunikasi lain yang dirancang untuk memikat korban. Pesan dibuat agar terlihat seolah-olah ia berasal dari pengirim tepercaya. Penjahat dunia maya biasanya mulai dengan mengidentifikasi sekelompok individu yang ingin mereka targetkan.

Kemudian mereka membuat email dan pesan teks yang tampak sah tetapi sebenarnya berisi tautan, lampiran, atau umpan berbahaya yang mengelabui target mereka agar mengambil tindakan yang tidak diketahui dan berisiko. Tindakan ini seperti mengklik link, mengunduh file, atau memasukkan data pribadi.

Jika hal ini mengecoh korban, ia akan dibujuk untuk memberikan informasi rahasia. Terkadang malware juga terunduh ke komputer target ketika korban mengklik link phising tertentu.

4 dari 7 halaman

Ciri email atau pesan phising

Penawaran menggiurkan

Ciri email atau pesan phising adalah berisi penawaran yang menggiurkan. Misalnya berisi penawaran promo pembelian ponsel yang sangat murah, menang lotre, menang undian, atau hadiah mewah lainnya.

Rasa urgensi

Taktik phising lainnya adalah meminta korban bertindak cepat karena penawaran super hanya untuk waktu yang terbatas. Saat menemukan email semacam ini, sebaiknya abaikan saja.

Hyperlink

Hyperlink yang menjadi phising bisa menyerupai link terpercaya tapi dengan salah eja. Misalnya, www.pegadaiian.co.id atau www.pertamini.xyz. Link ini bisa mengarahkan korban ke situs yang tidak sebenarnya.

Lampiran

Jika melihat lampiran dalam email yang tidak tidak masuk akal, jangan dibuka. Mereka sering mengandung muatan seperti ransomware atau virus lainnya.

Pengirim tidak biasa

Apakah itu terlihat seperti dari seseorang yang tidak dikenal atau seseorang yang dikenal, jika ada sesuatu yang tampak tidak biasa, tidak terduga, di luar karakter atau hanya mencurigakan secara umum, jangan langsung diklik.

5 dari 7 halaman

Cara menghindari phising

Kenali teknik phising terbaru

Penipuan phishing baru sedang dikembangkan setiap saat. Pantau terus berita tentang penipuan phishing baru. Dengan mencari tahu tentang mereka sedini mungkin, seseorang akan memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk terjerat olehnya.

Gunakan filter spam

Untuk melindungi dari email spam, filter spam dapat digunakan. Umumnya, filter menilai asal pesan, perangkat lunak yang digunakan untuk mengirim pesan, dan tampilan pesan untuk menentukan apakah itu spam.

Atur browser

Pengaturan browser harus diubah untuk mencegah pembukaan situs web palsu. Ada peramban yang bisa menyimpan daftar situs web palsu dan ketika mencoba mengakses situs web tersebut, alamatnya diblokir atau pesan peringatan ditampilkan.

6 dari 7 halaman

Cara menghindari phising

Ubah kata sandi berkala

Banyak situs web mengharuskan pengguna untuk memasukkan informasi login. Jenis sistem ini mungkin terbuka untuk serangan keamanan. Salah satu cara untuk memastikan keamanan adalah dengan mengubah kata sandi secara teratur. Hindari menggunakan kata sandi yang sama pada banyak akun.

Hindari memasukkan informasi pribadi

Jangan memberikan informasi pribadi ke situs yang tidak aman. Sebagai aturan umum, Anda tidak boleh membagikan informasi pribadi atau yang sensitif secara finansial melalui Internet.

Verifikasi keamanan situs

Sebelum mengirimkan informasi apa pun, pastikan URL situs dimulai dengan "https" dan harus ada ikon kunci tertutup di dekat bilah alamat. Periksa juga sertifikat keamanan situs. Jika URL dimulai dengan http://, bukan https://, jangan masukkan informasi sensitif atau unduh file apa pun.

7 dari 7 halaman

Cara menghindari phising

Instal firewall

Firewall bertindak sebagai perisai antara komputer dan penyerang dan akan mengurangi kemungkinan penyerang menyusup ke lingkungan.

Jangan asal klik

Hindari mengklik tautan yang muncul di email acak dan pesan instan yang mencurigakan. Jika ragu, buka langsung sumbernya daripada mengklik tautan yang berpotensi berbahaya.

Jangan klik pop-up

Pop-up sering dikaitkan dengan malware. Sebagian besar browser memungkinkan penggunanya untuk menginstal perangkat lunak pemblokir iklan gratis yang secara otomatis akan memblokir pop-up berbahaya.

Periksa akun secara teratur

Bahkan jika secara teknis tidak perlu, periksa dengan setiap akun online secara teratur. Biasakan juga mengganti kata sandi secara teratur. Untuk mencegah phishing bank dan penipuan phishing kartu kredit, pengguna harus secara pribadi memeriksa laporan secara teratur.