Sukses

4 Upaya Pemerintah Merealisasikan Target Menuju Endemi, Butuh Kerja Sama Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Penanganan kasus COVID-19 di Indonesia cukup terkendali menjelang akhir tahun. Mempertahankan kondisi ini sekaligus meningkatkannya pada tahapan selanjutnya tentu diperlukan. Untuk itu, pemerintah mulai menyusun rencana menuju tahapan perkembangan kasus yang lebih terkendali, yaitu status endemi. 

Namun, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menegaskan bahwa transisi menuju endemi dapat sewaktu-waktu terhambat akibat lonjakan kasus yang kembali terjadi. Jadi, persiapan dalam menghindari lonjakan kasus pada libur Natal dan Tahun Baru sangatlah penting diperhatikan.

Upaya pemerintah merealisasikan target menuju endemi tentunya memerlukan kerjasama berbagai elemen masyarakat. Salah satu hal yang perlu dipahami adalah edukasi masyarakat tentang perbedaan status endemi, pandemi, hingga epidemi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari covid19.go.id, Kamis (25/11/2021) tentang upaya pemerintah merealisasikan target menuju endemi.

2 dari 3 halaman

Mengenal Endemi, Pandemi, dan Epidemi

Berdasarkan luas penularannya, kondisi penularan suatu penyakit dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Epidemi

Epidemi berarti kondisi di mana peningkatan kasus yang cepat di wilayah tertentu. Contohnya COVID-19 yang awalnya ditemukan pada bulan Desember 2019 di Kota Wuhan, China dan terus menyebar sampai seluruh penjuru Negeri tersebut.

2. Pandemi

Tahapan pandemi yaitu kondisi di mana peningkatan jumlah kasus COVID-19 secara cepat dan bersamaan di banyak negara bahkan di seluruh dunia. Contohnya penetapan pandemi COVID-19 pada tanggal 11 Maret 2020 hingga kini.

Kondisi kasus masih tergolong tinggi di beberapa negara bahkan merupakan lonjakan berulang setelah pelandaian. Seperti contohnya di negara Amerika Serikat, Rusia, Inggris, dan Jerman.

3. Endemi

Endemi merupakan kondisi di mana kasus masih tetap ada di beberapa wilayah dengan jumlah kasus yang rendah dengan laju penularan yang stagnan.

3 dari 3 halaman

Upaya Pemerintah Merealisasikan Target Menuju Endemi

Untuk mencapai tahapan endemi COVID-19, pemerintah melakukan berbagai upaya yang tentunya memerlukan kerjasama berbagai elemen masyarakat. Dengan kerjasama semua pihak, target Indonesia menuju endemi  tentunya dapat terealisasi.

Berikut beberapa upaya pemerintah merelisasikan target menuju endemi:

1. Penetapan indikator endemi secara luas atau percakupan daerah dilakukan oleh pemerintah dan berkonsultasi dengan pakar.

2. Pemantauan kasus melalui surveilans kasus dan genomik COVID-19 secara konsisten.

3. Terus menekan angka kasus berat dan kematian menjadi angka kesembuhan yang tinggi melalui upaya vaksinasi, perawatan, serta pengobatan kasus yang berkualitas.   

4. Menjaga laju penularan tetap dalam kondisi rendah dan terkendali melalui upaya testing dan tracing, penyesuaian aktivitas masyarakat yang aman dan produktif, serta mobilitasnya.

Salah satu tantangan Indonesia dalam merealisasikan target endemi ini datang di akhir tahun, yaitu pada hari libur Natal dan Tahun Baru. Berbagai strategi telah direncanakan dan diputuskan untuk menghindari lonjakan ketiga kasus COVID-19 di Indonesia.