Sukses

Mengenal Stereotip adalah Konsepsi Prasangka Subjektif, Simak Menurut Para Ahli

Liputan6.com, Jakarta Mengenal stereotip adalah konsepsi sifat dari prasangka subjektif. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan stereotip adalah berbentuk tetap atau berbentuk klise. Lebih dalam, stereotip adalah konsepsi mengenai sifat suatu golongan berdasarkan prasangka yang subjektif dan tidak tetap.

Apabila disederhanakan, stereotip adalah pandangan tetap pada suatu kelompok atau golongan. Inilah yang menjadikan stereotip adalah bentuk penilaian yang tidak seimbang atau tidak objektif. Munculnya stereotip adalah dipengarui kecenderungan untuk melakukan generalisasi tanpa diferensiasi.

Jalan pintas pemikiran merupakan makna lain dari stereotip atau stereotype. Stereotip adalah memiliki arah pandang negatif dan positif, bergantung pada kecenderungan orang yang memandang sesuatu. Meski subjektif, stereotip adalah pada sebagian besar kasus ternyata memang sesuai fakta terukur.

Seorang humanis ahli bidang ini, Sander Gilman mengemukakan stereotip adalah secara definisi tidak pernah akurat, tetapi merupakan penonjolan ketakutan seseorang kepada orang lainnya, tanpa memedulikan kenyataan yang sebenarnya. Meski begitu, penelitian statistik menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus stereotip sesuai dengan fakta terukur.

Bagaimana para ahli memandang makna stereotip? Berikut Liputan6.com ulas stereotip adalah konsepsi berdasarkan prasangka subjektif lebih dalam, Jumat (26/11/2021).

2 dari 4 halaman

Mengenal Stereotip Menurut Para Ahli

1. Pengertian Stereotip Menurut Myers (dalam Hanurawan & Diponegoro)

Pengertian stereotip adalah suatu bentuk keyakinan yang dimiliki oleh seseorang atau suatu kelompok tentang atribut personal yang ada pada kelompok tertentu.

2. Pengertian Stereotip Menurut Samovar & Porter (dalam Mulyana, 2006)

Pengertian stereotip adalah persepsi atau kepercayaan yang dianut mengenai kelompok atau individu berdasarkan pendapat dan sikap yang lebih dulu terbentuk. 

3. Pengertian Stereotip Menurut Sherif & Sherif dalam Sobur

Pengertian stereotip adalah kesepakatan di antara anggota-anggota kelompok terhadap gambaran tentang kelompok lain berikut anggota-anggotanya. Kecenderungan dari seseorang atau kelompok untuk menampilkan gambar atau gagasan yang keliru (false idea).

4. Pengertian Stereotip Menurut Matsumoto (Liliweri, 2005)

Pengertian stereotip adalah generalisasi kesan yang kita miliki mengenai seseorang terutama karakter psikologis atau sifat kepribadian.

5. Pengertian Stereotip Menurut Narwoko & Suyanto

Pengertian stereotip adalah pelabelan terhadap pihak atau kelompok tertentu yang selalu berakibat merugikan pihak lain dan menimbulkan ketidakadilan.

6. Pengertian Stereotip Menurut Thoughtco

Pengertian stereotip adalah ciri-ciri yang dikenakan pada sekelompok orang karena ras, kebangsaan, dan orientasi seksualnya. Ciri-ciri ini cenderung merupakan penyederhanaan yang berlebihan dari kelompok yang terlibat dan, meskipun tampak "positif", stereotypenya berbahaya.

7. Pengertian Stereotip Menurut Merriam Webster

Pengertian stereotip adalah serangkaian gambaran mental terstandarisasi yang dimiliki contoh kelompok sosial tertentu dan yang mewakili pendapat yang disederhanakan, sikap berprasangka, atau penilaian yang tidak kritis terhadap individu lainnya.

8. Pengertian Stereotip Menurut Cardwell

Pengertian stereotip adalah keyakinan tetap yang masih terlalu umum tentang kelompok atau kelas orang tertentu. Keyakinan yang terlalu umum didasarkan atas sifat subyektifitas penilai. Mereka belum sepenuhnya mengetahui karakteristik asli kelompok lain.

9. Pengertian Stereotip Menurut Saul Mc Leod

Pengertian stereotip adalah cara utama untuk menyederhanakan duna sosial dengan mengurangi pemrosesan (berpikir) yang seharusnya dilakukan saat bertemu orang baru. Melalui stereotip adalah dapat disimpulkan bahwa seorang memiliki serangkaian karakteristik dan kemampuan yang dianggap dimiliki sama oleh semua anggota kelompok tersebut.

10. Pengertian Stereotip Menurut Barker (2004: 415)

Pengertian stereotip adalah representasi terang- terangan namun sederhana yang mereduksi orang menjadi serangkaian ciri karakter yang dibesar-besarkan, dan biasanya bersifat negatif.

11. Pengertian Stereotip Menurut Steele dan Aronson

Pengertian stereotip adalah karakteriasasi yang logis dari dirinya sendiri dan orang lain. Sehingga, setiap orang harus memahami ancaman stereotip sekalipun tidak percaya dengan topik stereotip tersebut. Ancaman stereotip adalah bisa menimbulkan kecemasan yang menyebabkan tekanan emosional dan kekhawatiran yang merusak kinerja.

12. Pengertian Stereotip Menurut Judd dan Park

Pengertian stereotip adalah seperangkat bentuk keyakinan individu tentang karakteristik dan atribut suatu kelompok sosial. Atribut stereotip semacam itu mencakup dan akan senantiasa diparktekan dalam perilaku yang dianggap tipikal dari anggota kategori sosial.

13. Pengertian Stereotip Menurut Oakes

Pengertian stereotip adalah sifat yang dianggap sebagai stereotip dari kelompok tertentu hanya dianggap jika terdapat pembanding yang relevan. Stereotip adalah sangat tergantung pada konteks. Seringkali kelompok referensi akan menjadi kelompok sendiri sehingga stereotip kelompok luar adalah cerminan gambar sendiri.

3 dari 4 halaman

Mengenal Jenis-Jenis Stereotip

Stereotip adalah dibagi menjadi dua jenis, yakni heterostereotype dan autostereotype. Heterostereotype merujuk pada stereotip yang dimiliki yang terkait dengan kelompok lain, sementara autostereotype adalah stereotip yang terkait dengan dirinya sendiri.

Stereotip ini tidak selalu negatif, namun juga kadang mengandung gambaran-gambaran positif. Menurut Johnson & Johnson, stereotip dilestarikan dan di kukuhkan dalam empat cara:

1. Stereotip adalah mempengaruhi apa yang kita rasakan dan kita ingat berkenaan dengan tindakan orang-orang dari kelompok lain.

2. Stereotip adalah membentuk penyederhanaan gambaran secara berlebihan pada anggota kelompok lain. Individu cenderung untuk begitu saja menyamakan perilaku individu-individu kelompok lain sebagai tipikal sama.

3. Stereotip adalah dapat menimbulkan pengkambinghitaman.

4. Stereotip adalah kadangkala memang memiliki derajat kebenaran yang cukup tinggi, namun sering tidak berdasar sama sekali. Mendasarkan pada stereotip adalah bisa menyesatkan.

Lagi pula stereotip adalah biasanya muncul pada orang-orang yang tidak mengenal sungguh-sungguh etnik lain. Apabila kita menjadi akrab dengan etnis bersangkutan maka stereotype terhadap etnik itu biasanya akan menghilang.

4 dari 4 halaman

Mengenal Contoh Stereotip di Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari pasti ada stereotip yang jarang disadari. Apa saja? Berikut contoh stereotip:

1. Banyaknya kasus korupsi menjerat wakil-wakil rakyat di lembaga pemerintahan, ini membuat stereotip masyarakat menyamakan semua tabiat para pemimpinnya pada masa sekarang.

2. Penyanyi club malam selalu mendapatkan stereotip buruk dari masyarakat umum, termasuk orang-orang yang selama ini bekerja dengan shift malam.

3. Pegawai kantor adalah pekerjaan/profesi yang paling mapan, nyatanya setiap orang memiliki hak memilih pekerjaan yang membuatnya tidak hanya mapan, tapi juga bahagia lahir batin.

4. Stereotip tentang orang asli Bali yang memiliki kesan sangat ramah, sangat baik hati kepada pendatang, begitu pula stereotip yang dipandang wisatawan dunia. Nyatanya, etnis Bali sendiri sangat fasih dengan ilmu-ilmu sakral yang sebenarnya berisiko membahayakan orang lain.

5. Stereotip tentang masyarakat pedalaman yang kurang berpendidikan padahal hal ini tidak menutup kemungkinan orang pedalaman, memiliki tekad dan daya juang sama dengan orang-orang di kota hingga bisa lebih dari mendapatkan pendidikan layak dan mampu.