Sukses

Aransemen adalah Penyesuaian Komposisi Musik, Kenali Elemen dan Jenisnya

Aransemen adalah bagian dari eksplorasi karya.

Liputan6.com, Jakarta Aransemen adalah bagian dari penyusunan sebuah karya musik. Aransemen adalah salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh komposer, produser musik, atau mixer. Beberapa musisi terhebat biasa mengaransemen sebagian karyanya menjadi karya lain.

Dalam musik, aransemen adalah bagian dari eksplorasi karya. Kamu mungkin pernah mendengar lagu jazz yang kemudian diubah menjadi lagu pop. Penggubahan ini bisa disebut sebagai proses aransemen. Arti aransemen adalah mengatur atau menyesuaikan.

Contoh aransemen adalah seperti menciptakan musik menggunakan potongan musik yang sudah ada sebelumnya. Aransemen adalah proses yang sudah sangat umum dilakukan untuk sebuah karya musik. Tujuan aransemen adalah menciptakan karya baru yang berbeda dari karya sebelumnya.

Berikut pengertian aransemen, elemen, dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(26/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Arti aransemen

Secara umum arti aransemen adalah pengaturan. Ketika mengatur sesuatu dengan cara yang teratur, hasilnya disebut pengaturan. Menurut KBBI, aransemen adalah penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.

Aransemen juga bisa berarti usaha yang dilakukan terhadap sebuah karya musik untuk suatu pergelaran yang pengerjaannya bukan sekadar perluasan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandungnya.

3 dari 7 halaman

Aransemen dalam musik

Dalam komposisi musik, aransemen adalah pengerjaan ulang sebuah karya musik sehingga dapat dimainkan oleh instrumen yang berbeda atau kombinasi instrumen dari aslinya. Misalnya, sebuah lagu yang ditulis untuk satu suara dengan iringan piano dapat diaransemen sedemikian rupa sehingga dapat dinyanyikan sebagian oleh paduan suara.

Orang yang melakukan aransemen mungkin adalah komposer itu sendiri, atau mungkin orang lain. Dalam sejarah musik, komposer sering menerbitkan komposisi mereka, mengatakan bahwa musik dapat dimainkan atau dinyanyikan oleh berbagai instrumen.

Aransemen dapat berarti setiap adaptasi dari komposisi agar sesuai media lain. Sementara pada saat yang sama mempertahankan karakter umum dari aslinya.

4 dari 7 halaman

Beda aransemen dan komposisi

Aransemen sering disamakan dengan komposisi. Padahal, keduanya merupakan karya yang berbeda. Perbedaan komposisi dan aransemen adalah terletak pada bentuk karyanya.

Komposisi adalah karya musik yang dipahami sebagai karya lengkap yang ditulis untuk instrumen atau kelompok instrumen tertentu. Umumnya, komposisi dimainkan seperti yang tertulis karena memang itulah yang dimaksudkan oleh komposer. Nuansa ekspresi ditanamkan ke dalam kerangka karya dan segala sesuatu mulai dari nada, ritme, dan semua aspek lainnya adalah seperti yang dimaksudkan oleh komposer.

Sementara aransemen adalah karya musik yang awalnya ditulis untuk satu instrumen atau kelompok instrumen dan kemudian ditranskripsikan untuk instrumen lain. Aransemen juga dapat berupa karya musik yang disederhanakan atau dibumbui dari bentuk aslinya tanpa mengubah instrumentasinya. Contoh yang bagus dari hal ini adalah jika sepotong musik yang awalnya ditulis untuk piano kemudian ditranskripsikan untuk seluruh orkestra.

5 dari 7 halaman

Elemen aransemen sebuah lagu

Pondasi

Pondasi biasanya berupa bass dan drum, tetapi juga dapat menyertakan gitar ritme dan/atau kunci jika mereka memainkan figur ritmis yang sama dengan bagian ritme. Kadang-kadang, seperti dalam kasus power trio, elemen Foundation hanya terdiri dari drum karena bass biasanya harus memainkan figur ritme yang berbeda untuk mengisi suara, sehingga menjadi elemen tersendiri.

Pad

Pad adalah not atau akor pendukung yang panjang. Pada hari-hari sebelum synthesizer, Hammond Organ menyediakan pad terbaik dan kemudian diikuti oleh piano elektrik Fender Rhodes. Synthesizer sekarang menyediakan sebagian besar pad tetapi bagian string yang sebenarnya atau power chord gitar juga bisa mencukupi.

Irama

Irama adalah instrumen apa pun yang dimainkan berlawanan dengan elemen Fondasi. Ini bisa berupa pengocok dua kali atau rebana, gitar ritme yang dipetik pada backbeat, atau congas memainkan nuansa Latin.

Lead

Vokal utama, instrumen utama atau solo.

Isi

Isi umumnya terjadi di ruang antara garis Lead

6 dari 7 halaman

Jenis aransemen

Secara umum, jenis aransemen terbagi menjadi tiga. Ini meliputi aransemen vokal, aransemen instrumen, dan aransemen campuran.

Aransemen vokal

Aransemen vokal dapat digambarkan sebagai cara penyanyi menyanyikan lagu. Ini bisa berupa sebuah baris yang menurut arranger terdengar lebih baik jika penyanyi menggunakan nada lurus dalam suara mereka, atau vibrato di ujung ekor.

Setiap lagu dapat dibuatkan aransemen khusus vokal, yaitu dalam dua suara, tiga suara, atau empat suara. Aransemen vokal dalam dua suara adalah aransemen lagu yang paling mudah. Setelah aransemen lagu selesai disusun, lagu tersebut dicoba untuk dinyanyikan secara bersama-sama. Jika masih kurang memuaskan, maka aransemen dapat disusun kembali hingga hasil akhir yang memuaskan.

7 dari 7 halaman

Jenis aransemen

Aransemen instrumen

Aransemen instrumen adalah penyesuaian instrumen untuk memainkan sebuah lagu. Penyusunan aransemen instrumen berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akord. Dalam aransemen instrumen, kebanyakan partitur dimainkan bergantian tugas, sedangkan dalam aransemen vokal pada umumnya semua partitur umumnya berbunyi bersamaan.

Aransemen campuran

Aransemen campuran adalah campuran aransemen vokal dan instrumen. Cara mengaransemen ini adalah dengan menggabungkan dua jenis aransemen yang telah ada. Pada aransemen campuran, umumnya ditonjolkan aspek vokalnya, sementara instrumen berfungsi sebagai pengiring sekaligus memeriahkan, sehingga pertunjukan yang disajikan bertambah sempurna

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.