Sukses

Mengenal Ciri-Ciri Teks Deskripsi, Pengertian, Jenis-Jenis, dan Strukturnya

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri teks deskripsi dapat terlihat dari isi dan tujuannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci ataupun uraian.

Teks deskripsi merupakan format teks yang biasanya digunakan penulis untuk menjelaskan suatu benda atau objek secara terperinci. Tujuan dibuatnya teks deskripsi adalah untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. 

Isi dalam teks deskripsi menggambarkan objek secara konkret. Adapun objek yang dibicarakan pada teks deskripsi lebih bersifat khusus. Kemudian objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Sebelum membuat sebuat teks deskripsi, penulis harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri teks deskripsi.

Berikut ini penjelasan mengenai pengertian teks deskripsi menurut para ahli, ciri-ciri teks deskripsi, jenis-jenis, dan strukturnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (27/11/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Sebelum mengetahui ciri-ciri teks deskripsi, alangkah baiknya memahami pengertian teks deskripsi menurut para ahli. Secara umum, deskripsi atau teks deskripsi adalah suatu teks yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Jenis teks atau paragraf satu ini bertujuan untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat. Selain itu ada sejumlah pendapat lain mengenai pengertian teks deskripsi menurut para ahli, diantaranya:

Henry Guntur Tarigan

Teks deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya.

Felicia Nuradi Utorodewo

Pengertian deskripsi adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan panca indera dalam proses penguraiannya.

Gorys Keraf

Arti deskripsi adalah suatu wacana yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek pembicaraan sehingga para pembaca seperti melihat sendiri objek tersebut secara langsung. Di dalam deskripsi penulis memindahkan kesan-kesannya, hasil pengamatan, perasaan, penyampaian sifat, dan rincian wujud yang ditemukan pada objek.

3 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Sebelum mengetahui ciri-ciri teks deskripsi , berikut ini ada beberapa jenis-jenis teks deskripsi antara lain adalah:

1. Teks Deskriptif Spasial

Teks deskriptif spasial adalah teks yang melukiskan tentang ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa.

2. Teks Deskriptif Objektif

Teks deskriptif objektif merupakan teks yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitas hal atau orang tersebut.

3. Teks Deskriptif Subjektif

Teks deskriptif subjektif adalah teks yang menggambarkan objek seperti penafsiran atau kesan perasaan penulis (tafsiran penulis).

 

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri teks deskiripsi adalah menggambarkan suatu benda, orang, makhluk, tempat, atau suasana tertentu. Berikut ciri-ciri teks deskripsi, yaitu:

1. Ciri-Ciri  Secara Umum

  1. Berisikan mengenai penjelasan atau penggambaran suatu objek.
  2. Dalam menggambarkan atau menjelaskan suatu objek, penulis harus memberikan detail dan terperinci sehingga tidak menimbulkan makna ganda bagi pembacanya. Dengan memberikan penjelasan yang terperinci, diharapkan pula pembaca bisa lebih mudah memahami penjelasan tersebut.
  3. Dalam teks tersebut, pemaparan harus membuat pembaca seolah-olah ikut melihat, mendengarkan, mengalami langsung, atau merasakan apa yang telah disajikan dalam teks.
  4. Penjelasan mengenai ukuran, warna, bentuk, hingga ciri fisik dari obyek tersebut harus dicantumkan. Sehingga pembaca memiliki bayangan terhadap objek yang dideskripsikan tanpa melihatnya terlebih dahulu. Cantumkan data berupa angka agar pembaca memiliki gambaran jelas.

2. Ciri-Ciri Teks Deskripsi dari Segi Penggunaan Bahasa

  1. Menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat.
  2. Menggunakan kalimat rinci untuk menggambarkan objek.
  3. Menggunakan kata-kata khusus untuk menggambarkan objek (warna dirinci merah, kuning, hijau).
  4. Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang.
  5. Menggunakan majas untuk memberikan gambaran lebih konkret.
5 dari 6 halaman

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi juga memiliki struktur penulisan, diantaranya:

1. Judul

Adanya judul digunakan untuk mengetahui isi dari teks deskripsi tersebut.

2. Identifikasi

Kalimat pengantar yang nantinya akan mengantarkan mengenai topik yang akan dibahas dalam teks deskripsi.

3. Klarifikasi

Penggolongan atau urutan topik yang sedang dibahas.

4. Deskripsi

Berisi penjelasan yang memang detail dari topik yang sedang dibahas. Hal itu untuk memberikan efek emosional pada pembaca sehingga apa yang digambarkan dalam teks seolah-olah bisa dilihat, didengar, maupun dirasakan sendiri oleh pembaca.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Deskripsi

Tak hanya mengetahui ciri-ciri teks deskripsi, namun anda juga dapat mengenali contohnya, yaitu:

Judul: Kucing Imut

1. Identifikasi

Kucing merupakan hewan sekaligus sahabat terbaik bagi manusia. Ia hewan peliharaan yang lucu, imut, dan nurut. Namun, tak sedikit pula kucing yang ditelantarkan oleh majikannya. Membuatnya susah cari makanan di sembarang jalan.

2. Klarifikasi

Beberapa minggu yang lalu, aku mulai mengadopsi seekor kucing yang aku temukan di pinggiran jalan raya. Jalanan yang ramai penuh transportasi yang bersimpangan. Menurutku, nyawa kucing bisa terancam bila tak diselamatkan. Untuk itu aku menggedongnya untuk kubawa ke rumah.

3. Deskripsi

Kucing tersebut masuk jenis kucing semi anggora usia muda, hasil silangan dari induk anggora dan kucing lokal. Kucing tersebut memiliki warna yang terbilang unik. Tiga warna dalam satu makhluk, yakni putih, hitam, dan cokelat. Di bagian kepala dipenuhi warna putih dan di sebagian perut berkombinasi bercak hitam dan cokelat. Tubuhnya yang masih kecil membuatnya terlihat seperti boneka. Terlebih dengan matanya yang berwarna semi biru, membuatnya terlihat langka. Ketika aku menemukannya minggu kemarin, ia dalam keadaan kotor dan sekarang lebih terlihat cantik dan imut. Sekarang kuberi kucing tersebut dengan nama Cuties.